Home / Liga Inggris / Hasil Liga Inggris : Sterling Bawa Liverpool Raih Kemenangan

Hasil Liga Inggris : Sterling Bawa Liverpool Raih Kemenangan

Berita Sepak Bola – Liverpool mengakhiri nestapa mereka di Premier League setelah memenangi laga Boxing Day melawan Burnley di Turf Moor Stadium, Jumat (26/12/2014). Raheem Sterling menjadi pahlawan kemenangan The Reds, usai mencetak satu-satunya gol pada matchday ke-18 ini.

Kemenangan ini menjadi raihan pertama di ajang Premier League bagi Liverpool, setelah dalam tiga pertandingan terakhir, skuad Brendan Rodgers mengalami dua kali imbang dan sekali kalah.

Jalannya pertandingan:

Babak pertama

Pelatih Brendan Rodgers menempatkan tiga penyerang dan tiga bek pada laga ini, Strategi yang sama saat bersua Arsenal akhir pekan lalu. Trio Philippe Coutinho, Raheem Sterling, serta Adam Lallana memaksa Mario Balotelli kembali menghangatkan bangku cadangan.

Sedangkan Burnley dibayang-bayangi kekalahan dua pertemuan pada musim 2009-10, di mana pada kedua laga itu, mereka takluk dengan skor yang sama, yaitu 4-0.

Burnley sebagai tuan rumah, coba melakukan serangan ke area pertahanan Liverpool. Meski belum ada yang membahayakan. Sementara The Reds berupaya untuk terlepas dari tekanan tuan rumah.

Khusus untuk Steven Gerrard, masuknya ia ke starting eleven pada laga Burnley ini menempatkan dirinya sebagai pemain dengan caps terbanyak ketiga di Premier League untuk The Kop. Gerrard di belakang Liddel, Carragher, dan Callaghan.

Menit ke-15 Brad Jones terpaksa harus keluar, lantaran mengalami cedera. Posisinya digantikan oleh Simon Mignolet. Ini adalah laga pertama Mignolet setelah berada di bangku cadangan sejak 6 Desember, karena Rodgers lebih memilih Jones.

Namun Mignolet nyaris saja melakukan blunder, ketika tendangannya mampu diblok striker Burnley, Danny Ings pada menit ke-20. Beruntung bola benturan tersebut hanya melambung di samping gawangnya.

Jelang setengah jam pertandingan berjalan, meski Burnley lebih banyak memegang bola dan memiliki kesempatan, namun untuk urusan on target The Reds lebih mendominasi. Tercatat tim tamu telah melakukan tembakan ke gawang sebanyak dua kali, sementara usaha Burnley belum ada yang tepat sasaran.

Enam menit jelang paruh pertama berakhir, George Boyd melepaskan tendangan keras. Sayangnya masih melayang di atas mistar gawang Mignolet. Sementara Liverpool masih kesulitan membuat gol dan hanya sibuk menahan gempuran pasukan Sean Dyche. Babak pertama pun harus diakhiri tanpa gol.

Babak kedua

Tempo permainan di babak kedua terlihat menurun ketika Burnley mengenderkan serangan. Di satu sisi, The Reds coba mengambil alih pertandingan dengan melakukan beberapa serangan ke jantung pertahanan tuan rumah.

Upaya ini akhirnya berbuah manis, ketika Sterling membuka gol untuk Liverpool pada menit ke-62. Umpan matang dari Coutinho, mampu dimanfaatkan dengan baik oleh pemain kelahiran Jamaika itu setelah melewati hadangan kiper Tom Heaton. 1-0 untuk Liverpool.

Burnley merespon dengan beberapa peluang, salah satunya hadir pada menit ke-68 hasil dari sundulan Michael Keane. Apes, sundulan dari bek berusia 21 tahun itu masih membentur tiang gawang.

Menit ke-72, kesempatan untuk menambah gol untuk Liverpool kembali terjadi. Ketika Coutinho melihat ada ruang kosong untuk melepaskan tendangan spekulasi. Namun kali ini hanya berbuah tendangan pojok, ketika sepakan kerasnya ditepis oleh Heaton.

Pemain pengganti, Rickie Lambert nyaris menggandakan keunggulan The Reds menit ke-75, ketika sepakannya menerima umpan Gerrad. Sayangnya, gol pun dianulir, lantaran posisi mantan striker Southampton tersebut sudah terjebak offside.

Menjelang menit krusial, permainan kembali dikuasai Burnley. Beberapa peluang pun dihasilkan, namun lantaran penyelesaian yang buruk, Burnley pun harus puas memberikan poin penuh kepada The Reds.

Bagi Liverpool, kemenangan atas The Clarets (julukan Burnley), mengangkat mereka ke posisi Sembilan klasemen sementara dengan koleksi 25 poin. Menggeser Newcastle United yang di saat yang bersamaan takluk atas Manchester United dengan skor 1-3.

Susunan Pemain

Burnley: 1. T. Heaton, 5. J. Shackell, 2. K.Trippier, 6. B. Mee (Jutkiewicz 90+3), 25. M. Keane, 14. D. Jones (Wallace 83’), 8. D. Marney, 37. S. Arfield, 30. A. Barnes (Vokes 80’), 21. G. Boyd, 10. D. Ings

Liverpool: 1. B. Jones (Mignolet 15’), 4. K. Toure (Emre Can 46’), 37. M. Skrtel, 17. M. Sakho, 8. S. Gerrard, 21. Lucas Leiva, 20. A. Lallana, 14. J. Henderson, 10. Philippe Coutinho (Lambert 73’), 31. R. Sterling, 50. L. Marković