Home / Liga Inggris / Kalahkan Derby 3 – 1, Chelsea Lolos ke Semifinal Piala Liga

Kalahkan Derby 3 – 1, Chelsea Lolos ke Semifinal Piala Liga

Berita Sepak Bola – Pimpinan klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea menang 3-1 atas wakil dari divisi Championship Derby County di babak perempatfinal Piala Liga, pada Rabu (17/12) dinihari WIB. Ketiga gol dicetak oleh Eden Hazard, Filipe Luis, dan Andre Schurrle. Sedangkan gol balasan dicetak dari kaki Craig Bryson.

Sejak peluit kick-off dibunyikan, Chelsea langsung tampil menyerang. Di menit-menit awal Didier Drogba yang dipasang sebagai striker tunggal membahayakan gawang Lee Grant di dalam kotak penalti Derby. Sayang, sundulan pemain Pantai Gading tersebut masih melenceng di sisi kanan mistar gawang.

Di Piala Liga ini, manajer Jose Mourinho kembali mempercayakan bek belia Kurt Zouma untuk menjaga jantung pertahanan The Blues bersama John Terry. Pemain berusia 20 tahun tersebut sebelumnya telah dua kali dipasang sebagai starter untuk turnamen ini, sejak kembali dari masa peminjamannya bersama Saint-Etienne.

Laga baru berjalan 3 menit, gelandang Chelsea Andre Schurrle sudah mendapat hadiah kartu kuning. Kedua tim tampak saling jual beli serangan, namun kedudukan 1-0 baru berubah pada menit ke-23 lewat gol Eden Hazard.

Awalnya pemain asal Belgia tersebut memberikan umpan kepada Cesc Fabregas, namun oleh Cesc bola tersebut dikembalikan. Akhirnya, gol tercipta setelah Hazard melewati beberapa pemain Derby.

Pada menit ke-30, Drogba mendapat peluang lagi usai serangan balik yang dibangun oleh Schurrle, namun sayang umpan dari Schurrle kepada Drogba berhasil dipatahkan oleh bek Derby.

Peluang nyata untuk tuan rumah tercipta di menit-menit akhir pertandingan. Serangan Derby memaksa kiper Petr Cech meninju bola keluar kotak. Alih-alih menghalau bola ke luar, Cech malah berbenturan dengan rekannya Zouma. Zouma yang kesakitan ditinju penjaga gawang gaek tersebut langsung mendapat perawatan dari tim medis.

Hingga peluit dibunyikan tanda turun minum, tak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim. Babak pertama laga Derby vs Chelsea ini berakhir dimenit ke-52. Gol Hazard ke gawang Derby juga merupakan gol pertamanya di laga tandang.

Tertinggal 1-0 pada babak pertama membuat tuan rumah Derby County makin gencar menyerang. Pada menit ke-51, Johnny Russel membuat pergerakan berbahaya dengan mengirim umpan ke dalam kotak penalti kepada Will Hughes, tetapi refleks bagus dari kaki kiper Peter Cech berhasil mematahkan tembakan Hughes.

Namun, tim tamu malah lebih dulu menambah gol lewat free-kick Filipe Luis dari jarak 30 yard pada menit ke-56. Tendangan bebas cantik dari pemain Brasil itu mengarah ke sudut kiri atas gawang Grant dan tak mampu di jangkau sang kiper.

Craig Bryson memperkecil ketertinggalan tuan rumah lewat kerja sama ciamik dengan beberapa pemain Derby di area pertahanan The Blues. Awalnya serangan di bangun dari sisi kiri gawang Cech, namun masih dapat dihalau bek Chelsea.

Bola hasil buangan bek Chelsea disambar oleh Bryson yang berada persis di depan kotak 16. Alih-alih melakukan tembakan ke arah gawang, Bryson tetap tak egois dengan mengumpan ke Johnny Russell yang berada di sisi kiri pertahanan Chelsea. Russel mengembalikan bola kepada Bryson dan langsung ditembak oleh sang pemain. Skor berubah menjadi 2-1 pada menit ke-70.

Sebelumnya, striker Didier Drogba harus ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh Loic Remy, karena cedera saat mengejar bola.

Pada menit ke 78 Derby mesti bermain dengan 10 orang karena Jake Buxton tertangkap mata wasit mencoba menarik Remy. Selang semenit kemudian, giliran striker Derby Christopher Martin yang diganjar kartu kuning.

The Blues tak butuh waktu lama untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-1. Memanfaatkan bola rebound, Andre Schurrle menyambar bola yang sempat dihalau penjaga gawang Lee Grant hasil tendangan lemah Remy.

Memasuki menit-menit akhir laga, tensi permainan tak mengendur. The Rams masih ngotot menyerang hingga wasit membunyikan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Skor 3-1 untuk kemenangan Chelsea dan mereka berhak melangkah ke semifinal Piala Liga, bertemu Shieffeld United yang menang tipis 1-0 atas Southampton.

Susunan Pemain Derby vs Chelsea:

Derby XI: Grant; Christie, Buxton, Keogh, Forsyth; Hughes (Hendrick 76′), Mascarell (Best 84′), Bryson, Russell; Martin, Dawkins (Jordon Ibe 57′)

Chelsea XI : Cech; Azpilicueta, Zouma (Ivanovic 49′) , Terry, Filipe Luis; Matic, Mikel; Schurrle, Fabregas, Hazard (Ramires 84′); Drogba (Remy 63′)