Home / Liga Champions / Arsenal Gilas Galatasaray di Istanbul

Arsenal Gilas Galatasaray di Istanbul

Berita Sepak Bola – Galatasaray luluh lantak. Menjamu Arsenal di laga terakhir Grup D Liga Champions, wakil Turki itu malah dibantai 1-4 di kandang sendiri. Tapi meski menang besar, Arsenal gagal lolos ke fase knock-out dengan status juara grup.

Jalannya Pertandingan

Türk Telekom Arena sudah dibikin terdiam oleh Arsenal di menit ketiga. Tim tamu langsung unggul, 1-0 ketika through-pass Aaron Ramsey diteruskan tembakan keras Lukas Podolski di kotak penalti Galatasaray!

Tersengat gol cepat, Aslan atau Singa Istanbul – julukan Galatasaray, coba memberi perlawanan. Lima menit berselang, timbul kemelut dari sepak pojok, tapi sayangnya konversi Hakan Balta melenceng dari gawang Wojciech Szczesny.

Bukannya menyamakan skor, tuan rumah malah menelan gol kedua The Gunners. Ramsey kembali jadi bintangnya dan kali ini mencatatkan namanya sendiri di papan skor di menit ke-11. Diawali umpan pendek Alex Oxlade-Chamberlain, Ramsey menyontek bola masuk dari sudut sempit.

Lagi, Ramsey jadi momok untuk Galatasaray. Menit ke-29, Gol keduanya sekaligus menambah skor 3-0, lahir dari gol indah lewat tembakan voli yang gagal dibendung Sinan Bolat di bawah mistar Galatasaray.

Tekanan terhadap tuan rumah tak berhenti sampai di situ. Kali ini Joel Campbell aktornya. Di menit ke-42, Campbell menerobos barisan bek Galatasaray dan coba mendorong bola datar. Tapi sialnya, finishing Campbell itu mentah dengan blocking Bolat. Skor 3-0 untuk Arsenal bertahan sampai jeda.

Di interval kedua tuan rumah masih punya daya untuk setidaknya berusaha memperkecil kedudukan. Di menit ke-54, Wesley Sneijder berakselerasi dari lini tengah dan melepaskan tembakan jarak jauh. Sial! Arah bola hanya sedikit menyamping dari gawang tim Meriam London.

Lagi, Galatasaray menyengat di menit ke-75 dari usaha Hamit Altintop. Dilahirkan dari passing Yasin Öztekin, Altιntop dari tiang jauh coba mengonversi dengan sepakan first-time. Tapi kembali gagal ketika bola bergulir melenceng.

Tuan rumah akhirnya bisa memperkecil skor, 1-3 di menit ke-88 lewat gol Wesley Sneijder. Mantan gelandang Inter Milan itu menempatkan bola deras ke sudut kiri gawang dari tendangan bebas, yang gagal dibendung Szczesny.

Tapi Arsenal kembali bikin perih duka publik Istanbul, dengan gol keempat mereka. Di penghujung laga, tepatnya di menit ke-90+2, Prinz Poldi mengemas gol keduanya usai kerja sama “satu-dua” dengan Yaya Sanogo, sebelum mengirim bola datar melewati Bolat di bawah mistar Galatasaray.

Tak lama kemudian, peluit panjang berbunyi dan walau Arsenal perkasa dengan skor 4-1, tapi mereka gagal juara grup lantaran kalah selisih gol (sama-sama 13 poin) dari Borussia Dortmund, yang di laga lainnya ditahan imbang RSC Anderlecht, 1-1.

Susunan Pemain

Galatasaray: Sinan Bolat, Hakan Balta, Semih Kaya, Alex Telles, Wesley Sneijder, Felipe Melo, Tarik Çamdal/Hamit Altιntop (46’), Emre Çolak, Burak Yιlmaz/Yasin Öztekin (46’), Umut Bulut, Armindo Bruma/Olcan Adιn (77’).

Arsenal: Wojciech Szczesny, Per Mertesacker, Mathieu Debuchy/Stefan O’Connor (77’), Calum Chambers, Héctor Bellerín, Mathieu Flamini/Gedion Zelalem (46’), Aaron Ramsey/Ainsley Maitland-Niles (46’), Lukas Podolski, Joel Campbell, Yaya Sanogo, Alex Oxlade-Chamberlain.