Home / Liga Inggris / Van Persie 2 Gol, Manchester United Kalahkan Southampton

Van Persie 2 Gol, Manchester United Kalahkan Southampton

Berita Sepak Bola – Manchester United (MU) naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Premier League setelah berhasil mengalahkan Southampton 2-1 di St Mary Stadium, Senin atau Selasa (9/12/2014).

MU menempati posisi ketiga dengan perolehan poin 28 dari 15 laga, kalah lima angka dari Manchester City di posisi kedua. Sementara itu, Southampton turun ke peringkat kelima dengan perolehan poin 26.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim memainkan tempo lambat sejak menit-menit awal pertandingan. Southampton terlihat lebih banyak mencoba menekan MU dengan beberapa kali melakukan serangan dari sayap kanan pertahanan MU.

Meski begitu, MU mampu unggul lebih dulu saat laga memasuki menit ke-12 berkat gol Robin van Persie. Gol tersebut berawal dari kesalahan bek Southampton, Fonte saat ini memberikan backpass ke kiper Fraser Forster.

Van Persie kemudian dengan cepat mencuri bola tersebut. Dengan tenang, bomber asal Belanda itu menceploskan bola ke pojok kiri gawang Southampton untuk membuat timnya unggul lebih dulu.

Tertinggal, Southampton berusaha membalas. Sepanjang babak pertama, skuad asuhan Ronald Koeman itu mampu menekan karena koordinasi para pemain di barisan pertahanan MU terlihat kurang baik.

Upaya mereka pun akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-31. Adalah Graziano Pelle yang sukses mencatatkan namanya di papan skor untuk mengubah skor menjadi 1-1. Skor itu pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, MU masih kesulitan menembus rapatnya barisan pertahanan Southampton. Beberapa kali serangan Wayne Rooney dan kawan-kawan selalu dapat dengan mudah dipatahkan oleh para bek Soton.

Sementara itu, tim tuan rumah mampu menciptakan beberapa peluang emas untuk berbalik unggul. Beruntung bagi MU, kiper David De Gea mampu tampil gemilang dengan menahan sejumlah tembakan tim lawan.

Pada menit ke-71, MU akhirnya berhasil kembali unggul menjadi 2-1 berkat gol kedua Van Persie di pertandingan ini. Gol tersebut diciptakan Van Persie setelah menerima umpan tendangan bebas Rooney.

Kembali tertinggal, Southampton berusaha membalas. Pada menit ke-77, mereka hampir saja menyamakan kedudukan jika bola tendangan Sadio Mane tidak dapat ditepis dengan baik oleh De Gea.

Terus mencoba menyamakan kedudukan, sejumlah peluang Southampton tidak dapat dikonversikan menjadi gol. Skor 2-1 untuk MU pun akhirnya tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Menurut catatan ESPN, sepanjang laga, MU menguasai bola sebanyak 48 persen dan menciptakan dua peluang emas dari tiga usaha. Adapun tim tuan rumah melepaskan empat tembakan akurat dari 15 percobaan.

Susunan pemain:
Southampton: 23-Fraser Forster; 2-Nathaniel Clyne, 3-Maya Yoshida, 6-Jose Fonte, 21-Ryan Bertrand, 8-Steven Davis, 10-Sadio Mane, 12-Victor Wanyama, 7-Shane Long (24-Emmanuel Mayuka 79), 11-Dusan Tadic (42-Jake Hesketh 70), 19-Graziano Pelle
Manajer: Ronald Koeman

Manchester United: 1-David De Gea; 5-Marcos Rojo, 12-Chris Smalling (6-Jonathan Evans 18), 33-Patrick McNair (21-Ander Herrera 40), 8-Juan Mata (24-Darren Fletcher 89), 16-Michael Carrick, 18-Ashley Young, 25-Antonio Valencia, 31-Marouane Fellaini, 10-Wayne Rooney, 20-Robin van Persie
Manajer: Louis van Gaal

Wasit: Kevin Friend