Home / Liga Inggris / The Potters Bungkam Arsenal

The Potters Bungkam Arsenal

Berita Sepak Bola – Arsenal mesti kembali tertunduk usai bertandang ke markas Stoke City. Kutukan tak pernah menang sejak November 2011 silam berlanjut, setelah gagal comeback dan menyerah 2-3 pada matchday ke-15 Premier League.

Jalannya Pertandingan

Syok! Kubu Arsenal sudah dibikin mati kutu sejak menit pertama. Diawali tandukan clearance Calum Chambers yang jatuh ke kaki Peter Crouch, bomber jangkung itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang Arsenal yang kosong. Arsenal tertinggal gol cepat, 0-1!

The Gunners berusaha keras mengejar ketertinggalan dan di menit ke-10, tiba kesempatan Olivier Giroud meski akhirnya kandas. Dibidani crossing Héctor Bellerín, Giroud menyambar bola dengan sundulannya tapi sialnya melenceng.

Kesempatan lain datang enam menit berselang. Umpan silang Alex Oxlade-Chamberlain berusaha dikonversi Aaron Ramsey dengan tendangan akrobatik. Sial! Masih ada Ryan Shawcross yang mencegah bola masuk ke sarang Stoke.

Arsenal justru menelan nestapa kedua. Tuan rumah mengubah papan Skor Britannia Stadium, 2-0 di menit ke-35! Adalah Bojan Krkic yang bikin bench Arsenal menundukkan kepala ketika sontekannya menyambut umpan Jonathan Walters menaklukkan Damián Martínez.

Seolah tak puas, The Potters menambah derita tim tamu dengan gol ketiganya. Tepat di menit ke-45, Walters menutup paruh pertama dengan keunggulan timnya, 3-0 dengan mencocor bola ketika terjadi kemelut di muka gawang Arsenal.

Di interval kedua, Stoke masih kecanduan menekan tim Meriam London. Menit ke-51, scrimmage kembali terjadi ketika bola liar tepisan Martínez, membentur betis Bojan. Beruntung buat Arsenal, bola pantulan Bojan itu menyamping dari tiang gawang.

Enam menit kemudian baru Arsenal bisa kembali balik mengancam. Berakselerasi dari sisi kanan pertahanan Stoke, Alexis Sánchez menggulirkan bola keras mendatar yang nahasnya, terpental usai membentur tiang gawang!

Arsenal kembali dipaksa menahan nafas. Di menit ke-65, Bojan lagi-lagi menggetarkan jala gawang Arsenal. Lewat aksi individunya melewati beberapa bek Arsenal di kotak penalti, mantan pilar Barcelona itu menyarangkan bola ke jala gawang.

Tapi skor tak berubah! Ternyata bola sedianya mengalir dari sisi luar dan entah bagaimana bisa masuk lewat sela-sela jaring gawang.

Tim asal London Utara akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan, 1-3 lewat titik putih. Akibat Mathieu Flamini dijatuhkan di kotak terlarang, wasit menunjuk titik dua belas pas. Santiago Cazorla yang jadi eksekutor, tak membuang peluangnya untuk berusaha mengejar skor di menit ke-68.

Comeback Arsenal kian niscaya! Aaron Ramsey terus memperkecil defisit skor, 2-3 di menit ke-70. Via umpan tendangan pojok Alexis, Ramsey yang berdiri tak terkawal, dengna mudah melancarkan tembakan first-time mendatar yang gagal diselamatkan Asmir Begovic.

Tapi nasib sial belum berhenti buat skuad asuhan Arsène Wenger. Mereka dipaksa bermain dengan 10 orang, pasca-Chambers diganjar kartu kuning kedua akibat menarik baju Bojan.

Kubu tamu belum menyerah untuk setidaknya mencari gol ketiga demi menyamakan kedudukan. Dari sebuah ruang terbuka di luar kotak penalti di menit ke-85, Cazorla melayangkan tembakan keras yang sayangnya, kandas di-block Begovic.

Hingga laga bubar, Arsenal yang kekurangan kekuatan setelah salah satu pemainya diusir wasit, tak mampu membalikkan kedudukan atau minimal menyeimbangkan ketertinggalan skor 2-3 dari Stoke.

Dengan hasil ini, Arsenal tertahan di posisi enam dan Stoke naik satu tangga menggusur Aston Villa dengan 18 poin di peringkat 12 klasemen Premier League sementara ini.

Susunan Pemain

Stoke City: Asmir Begovic, Erik Pieters, Phillip Bardsley, Ryan Shawcross, Geoff Cameron, Marc Muniesa/Glenn Whelan (63’), Steven N’Zonzi, Peter Crouch, Jonathan Walters, Bojan Krkic/Robert Huth (87’), Mame Diouf/Charlie Adam (69’).

Arsenal: Damián Martínez, Per Mertesacker, Kieran Gibbs, Calum Chambers, Héctor Bellerín/Danny Welbeck (46’), Mathieu Flamini, Santiago Cazorla, Aaron Ramsey, Alexis Sánchez, Olivier Giroud/Lukas Podolski (63’), Alex Oxlade-Chamberlain/Joel Campbell (90+2′).