Home / Liga Inggris / Chelsea Takluk di Kandang Newcastle United

Chelsea Takluk di Kandang Newcastle United

Berita Sepak Bola – Chelsea mendatangi markas Newcastle dengan misi tetap menjaga rekor mereka yang belum terkalahkan di Liga Inggris musim ini. Namun tekanan-tekanan yang diberikan pasukan Mourinho belum mampu menjebol gawang tuan rumah. Hasil imbang 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak kedua pertandingan berjalan lebih seru, tuan rumah mampu membuka keunggulan melalui Papiss Cisse di menit ke 57. Pemain yang baru masuk di babak kedua ini kembali membobol gawang Chelsea di menit ke 78 untuk membawa Newcastle unggul 2-0.

Chelsea mampu menipiskan ketinggalan menjadi 2-1 berkat gol dari Didier Drogba di menit ke 83 setelah menerima umpan tendangan bebas. Sayangnya Chelsea gagal mengejar gol, Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Newcastle

Jalannya pertandingan babak pertama

Kick off babak pertama! Sampai enam menit, pertandingan berjalan relatif pelan. Chelsea belum terlalu agresif dan Newcastle juga tidak terlalu berani mengambil inisiatif menyerang meski bertindak sebagai tuan rumah.

Memasuki periode 15 menit pertandingan, Chelsea mulai mengoptimalkan sisi sayap dan umpan-umpan zona dari lini tengah. Barisan belakang Newcastle yang masih disiplin dan rapat masih sulit ditembus pasukan The Blues.

Hazard menggocek bek Newcastle dari sisi kanan pertahanan lawan dan melepaskan umpan akurat yang disambut tendangan first time melengkung oleh Willian. Sayang, bola hanya melebar satu sentimeter di sisi kanan tiang gawang Elliot.

Melewati 22 menit laga, Chelsea terus berupaya membobol gawang The Magpies. Kerja keras barisan pertahanan Newcastle layak diapresiasi karena mereka bisa bermain tenang memblok tendangan Diego Costa dan Fabregas hasil dari kemelut singkat di kotak penalti.

Peluang untuk Newcastle di menit 31 dimiliki oleh Jack Colback, Chelsea beruntung memiliki Courtois yang bisa memblok tendangan gelandang The Magpies itu. Padahal situasinya sudah satu lawan satu.

Skor 0-0 di 45 menit pertama.

Kick off babak kedua! Newcastle masih bisa mengimbangi permainan Chelsea. Pressing ketat dan penjagaan zona menjadi andalan pasukan Alan Pardew untuk mempersempit pergerakan pemain The Blues yang terkenal mobile.

Gol! Newcastle memimpin lewat gol Papiss Demba Cisse di menit 57. Proses gol bermula dari umpan silang dari sisi kanan pertahanan The Blues. Gary Cahill yang memotong arus bola tidak dengan sempurna dan terlambatnya John Terry membuang si kulit bundar mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Cisse. 1-0 untuk tuan rumah.

Memasuki menit 67, manajer Jose Mourinho melakukan perubahan dengan memasukan Drogba dan Filipe Luis. Luis sepertinya diminta untuk mengoptimalkan serangan dari sayap kiri yang sebelumnya ditempati César Azpilicueta .

Sejak menit 69, Chelsea mengurung pertahanan Newcastle. Mourinho terlihat memerintahkan pemainnya untuk meningkatkan serangan ke kotak penalti The Magpies. Kebanyakan pemain The Blues melepaskan umpan silang yang masih bisa diantisipasi dengan bagus oleh bek Newcastle.

Gol! 2-0 untuk Newcastle. Lewat sebuah serangan balik yang cepat, Papiss Demba Cisse menjebol gawang Courtois setelah memanfaatkan bola hasil assist Moussa Sissoko. Tiga bek Chelsea yang berada di kotak penalti terlihat lebih fokus ke Amoebi daripada pergerakan Cisse. Newcastle unggul dua gol di menit 78.

Kartu kuning kedua untuk Steven Taylor di menit 80 membuat Newcastle harus bermain dengan 10 orang di sisa 10 menit waktu normal.

Gol! Chelsea memperkecil kedudukan lewat sundulan Drogba di menit 83 memanfaatkan tendangan bebas yang diambil oleh Fabregas. Skor 2-1 sampai menit 83.

Peluang emas dimiliki John Terry di menit 93, tapi tandukannya malah melebar.

Wasit meniup peluit panjang. Chelsea kalah untuk pertama kalinya di pekan ke-15 Premier League.

Susunan pemain:

Newcastle: Robert Elliot (Jak Alnwick 45′); Fabricio Coloccini, Paul Dummett, Steven Taylor, Daryl Janmaat; Cheick Tioté, Moussa Sissoko, Jack Colback, Rémy Cabella (Papiss Demba Cissé 53′); Sammy Ameobi (Williamson 83′), Ayoze Pérez

Chelsea: Thibaut Courtois; Gary Cahill, Branislav Ivanovic, César Azpilicueta (Filipe Luis 67′), John Terry; Cesc Fàbregas, John Obi Mikel, Eden Hazard, Willian (Drogba 67′), Oscar (André Schürrle 61′); Diego Costa