Home / Liga Inggris / Tanpa Costa, Chelsea Bungkam Hotspur

Tanpa Costa, Chelsea Bungkam Hotspur

Soccergo.net – 14 laga Premier League telah dilalui Chelsea tanpa pernah menuai kekalahan, terbaru pada ajang bertajuk derby London. The Blues menang 3-0 atas Tottenham Hotspur di Stamford Bridge tanpa kehadiran bomber haus gol tim, Diego Costa.

Ia absen akibat telah mengoleksi lima kartu kuning dan digantikan oleh Didier Drogba yang mencetak satu dari tiga gol Chelsea. Sisa gol lainnya, diciptakan oleh Eden Hazard dan Loic Remy.

Babak Pertama

Tanpa Diego Costa yang terkena akumulasi kartu kuning, Jose Mourinho memainkan Didier Drogba sebagai penyerang tunggal di depan. Ia ditopang oleh Willian, Oscar dan Eden Hazard.

Sementara Tottenham Hotspur yang tengah berada di tren positif menurunkan Harry Kane di depan. Sejak laga dimulai, Tottenham sejatinya tampil percaya diri bahkan di 11 menit pertama mengancam gawang Chelsea.

Pada menit ketiga, Vlad Chiriches berhasil menanduk bola dari bola mati. Namun sundulannya masih melebar di atas mistar gawang, pun begitu tiga menit berselang. Kane tak terkawal menanduk bola crossing Aaron Lennon, sial bagi Tottenham. Bola tersebut hanya menerpa mistar gawang.

Kegagalan tersebut pun dimanfaatkan tim tuan rumah untuk unggul terlebih dahulu di menit 19. Adalah Hazard yang mencetak gol, menerima umpan diagonal Branislav Ivanovic.

Ia bermain operan satu-dua dengan Drogba dan mencetak gol. 1-0 untuk Chelsea, sisi kanan pertahanan Tottenham pun terlihat kosong dan Hazard dengan leluasa mengeksploitasi sisi tersebut

Drogba! Dalam hitungan dua menit, Chelsea sudah unggul 2-0. Kali ini gol berasal dari kesalahan Hugo Lloris yang menendang bola tendangan gawang ke Hazard yang langsung memberikannya ke Oscar dan meneruskannya ke Drogba.

Penyerang idola publik Stamford Bridge itu menahan bola dari sergapan Jan Vertonghen dan mencetak gol. Chelsea sudah unggul dua gol di menit 21.

Chelsea terus menekan pertahanan Tottenham, memanfaatkan momentum tim. Namun Tottenham solid dalam bertahan setelah kebobolan dua kali menghadapi serangan cepat para pemain Chelsea. Skor 2-0 pun menutup babak pertama ini

Babak Kedua

Paruh kedua dimulai, Mourinho terpaksa melakukan pergantian dengan menukar Gary Cahill dengan Kurt Zouma akibat mengalami cedera.

Tottenham langsung tancap gas sejak awal babak kedua, namun pertahanan Chelsea tetap solid meski ditinggal Cahill. John Terry mengawal lini pertahanan dengan teratur.

Tak berkembang hingga menit 58, Mauricio Pocchetino mengganti dua pemainnya sekaligus. Ryan Mason dan Lennon digantikan dengan Paulinho serta Nacer Chadli, untuk mengubah gaya permainan The Lilywhites.

Pun begitu Mourinho yang mengganti bomber gaek mereka, Drogba di menit 67. Ia digantikan dengan mantan penyerang Queens Park Ranger, Loic Remy.

Dan tak butuh waktu lama baginya membuat fan Chelsea menyanyikan namanya. Tepat di menit 73 ia membawa bola melewati Vertonghen dan mencetak gol ke pojok kiri gawang Lloris. 3-0 untuk Chelsea.

Tottenham pun tak sanggup menjebol gawang Courtois hingga laga berakhir, meski telah memasukkan Roberto Soldado. Skor 3-0 bertahan hingga laga berakhir.

Susunan Pemain:

Chelsea: Thibaut Courtois, Branislav Ivanovic, John Terry, Gary Cahill (Kurt Zouma 46’), Cesar Azpilicueta, Nemanjan Matic, Cesc Fabregas (John Obi Mikel 76’), Willian, Oscar, Eden Hazard, Didier Drogba (Loic Remy 67’)

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris, Vlad Chiriches, Federico Fazio, Jan Vertonghen, Ben Davies, Ryan Mason (Paulinho 58’), Nabil Bentaleb, Erik Lamela (Roberto Soldado 74’), Christian Eriksen, Aaron Lennon (Nacer Chadli 58’), Harry Kane