Home / Berita Bola / Klose Nyatakan Pensiun dari Karir Internasional

Klose Nyatakan Pensiun dari Karir Internasional

SoccerGo! – Pemegang rekor pencetak gol terbanyak di Piala Dunia Miroslav Klose memutuskan mengakhiri karir internasionalnya untuk timnas Jerman.

Striker veteran 36 tahun itu total telah mencetak 71 gol dalam 137 penampilan dan telah mengabdi di timnas selama lebih dari 13 tahun.

Klose akhirnya mundur dari timnas Jerman setelah membantu negaranya menjuarai Piala Dunia di Brasil bulan lalu.

Klose dinobatkan sebagai top skorer sepanjang sejarah Piala Dunia setelah mencetak golnya ke-16 saat Jerman menaklukkan Brasil 7-1 di semifinal. Torehan gol Klose tercatat satu gol lebih banyak dari gol milik striker legendaris Brasil Ronaldo.

Berbicara tentang keputusannya, Klose mengatakan kepada situs resmi Asosiasi Sepakbola Jerman: “Dengan gelar di Brasil, saya mencapai impian masa kecilnya.

“Saya bangga dan senang bahwa saya mampu membantu sukses besar ini untuk sepakbola Jerman. Aku punya waktu yang unik dan indah dan banyak kenangan saat-saat di tim nasional.

“Minggu terakhir telah membuat saya menyadarinya. Bagi saya tidak ada waktu yang lebih baik untuk memutuskan untuk mengakhiri karir di tim nasional.”

Striker Lazio melakukan debut sebagai pengganti di babak kedua dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia dengan Albania pada Maret 2001, dan ia mencetak gol kemenangan di menit ke-87.

Klose bermain di empat Piala Dunia dan memenangkan penghargaan FIFA Golden Boot pada tahun 2006 ketika turnamen itu diadakan di Jerman.

Dia juga tampil dalam tiga kejuaraan Eropa, dan hanya Lothar Matthaus yang tampil lebih banyak di timnas Jerman.

Pelatih Jerman Low memberikan komentar terkait keputusan Klose dan memuji berbagai prestasi yang pernah ia buat.

“Ketika saya terakhir bertemu dengan Miro, dia mengatakan kepada saya bahwa ia telah memutuskannya serta membahas [keputusannya] dengan keluarga,” kata Low.

“Saya langsung merasa bahwa keputusannya tidak bisa diubah, bahwa aku tidak bisa mengubah pikirannya.

“Miro Klose adalah bintang internasional, dia salah satu striker terhebat [untuk bermain] sepakbola.

“Kualitasnya seperti kemampuannya udara, naluri mencetak golnya, pemahamannya tentang permainan dan komitmen tak kenal lelah tak ada duanya di dunia.”