Home / Liga Italia / Carlo Tavecchio Kalahkan Albertini Jadi Presiden Baru FIGC
Carlo Tavecchio Kalahkan Albertini Jadi Presiden Baru FIGC

Carlo Tavecchio Kalahkan Albertini Jadi Presiden Baru FIGC

Soccergo.net ,Roma – Otoritas Sepakbola Italia (FIGC) sudah memiliki presiden baru. Mengalahkan Demetrio Albertini dalam pemungutan suara, sosok kontroversial Carlo Tavecchio kini jadi pemimpin baru FIGC.

Pemilihan presiden baru FIGC dilakukan di Italia pada Senin (11/8/2014) ini waktu setempat. Kursi presiden FIGC kosong karena Giancarlo Abete memutuskan mundur dari jabatannya setelah Italia tersingkir di fase grup Piala Dunia 2014 lalu.

Berusia 71 tahun, Tavecchio jadi sosok yang kontroversial lantaran pernyataannya yang bernada rasial beberapa waktu lalu. Dalam sebuah kesempatan dia menyebut pesepakbola berkulit hitam sebagai ‘pemakan pisang’.

Tavecchio, yang merupakan Kepala Asosiasi Liga Amatir Italia, terpilih setelah memenangi 63,63% suara dari total 278 pemilih. Dia mengalahkan mantan gelandang timnas Italia dan AC Milan Demitrio Albertini yang meraih 33,93% suara. Demikian pernyataan resmi FIGC seperti diberitakan Reuters.

“Saya akan menjadi presiden untuk semua pihak,” sahut Tavecchio dalam pernyataannya setelah terpilih.

Kontroversi terkait pernyataan rasial Tavecchio muncul karena dia merasa pemain lokal Italia kurang dapat kesempatan bermain di klub profesional.

“Di sini (Liga Italia) kami memiliki ‘Opti Poba’, yang sebelumnya memakan pisang dan kemudian tiba-tiba menjadi anggota tim utama di Lazio,” sahut Tavecchio beberapa waktu lalu.

Banyaknya dukungan Tavecchio  dari klub-klub yang berada di divisi bawah kompetisi sepakbola Italia. Dia sebelumnya juga didukung banyak klub Serie A, namun Juventus dan AS Roma menarik diri setelah dia melontarkan pernyataan bernada rasial tersebut. Namun begitu, beberapa klub besar masih menyatakan dukungannya, termasuk AC Milan.