Home / Berita Bola / Teknologi ‘Vanishing Spray’ Akan Digunakan di Eropa

Teknologi ‘Vanishing Spray’ Akan Digunakan di Eropa

SoccerGo! – UEFA telah menyetujui teknologi vanishing spray atau garis busa untuk digunakan dalam kompetisi Eropa setelah sukses diujicobakan.

Teknologi vanishing spray telah dipakai oleh wasit di Piala Dunia untuk memastikan tembok pertahanan berjarak setidaknya 10 meter jauhnya ketika tendangan bebas diambil oleh pemain lawan.

Setelah diujicobakan dalam sebuah laga European Championship U-17 awal tahun ini dan presiden UEFA Michel Platini telah memberikan lampu hijau terhadap teknologi tersebut agar digunakan dalam kompetisi Eropa.

“Setelah tes berjalan sukses di  UEFA European Under-17 Championship 2014di Malta, saya senang bahwa Komite Wasit memutuskan untuk menyetujui penggunaan vanishing spray dalam kompetisi senior kami,” kata Platini di situs resmi UEFA.

“Seperti yang kita lihat di Piala Dunia, semprotan ini sangat berguna dalam membantu wasit dalam situasi tendangan bebas, dan saya yakin kita akan melihat hasil yang sama di pertandingan kami musim ini.”

Final Piala Super UEFA antara Real Madrid dan Sevilla pada 12 Agustus akan menjadi pertandingan pertama di mana teknologi ini akan digunakan dan Mark Clattenburg ditunjuk sebagai pengadil lapangan.

Sementara itu, kepala wasit UEFA Pierluigi Collina menyambut baik keputusan dan menyebut bahwa vanishing spray akan menguntungkan wasit.

“Setelah tes sukses dan persetujuan Komite Wasit, kita akan menggunakan vanishing spray di Piala Super Eropa pekan depan,” kata Collina.

“Menurut pendapat saya, tidak ada keraguan bahwa vanishing spray memungkinkan wasit untuk memiliki kontrol lebih mudah dalam situasi tendangan bebas, karena pemain tidak bisa mencoba untuk memangkas jarak dinding dengan menggunakan taktik ‘penguin berjalan’.

“Setelah tembok pertahanan diposisikan dengan benar, tendangan bebas akan diambil dengan jarak yang telah ditentukan.”