Home / Pilihan Editor / Hadirnya Ronaldo membuat Portugal Menang besar atas Irlandia
Hadirnya Ronaldo membuat Portugal Menang besar atas Irlandia

Hadirnya Ronaldo membuat Portugal Menang besar atas Irlandia

SoccerGo! – Kapten Cristiano Ronaldo telah kembali ke lapangan untuk menginspirasi Portugal meraih kemenangan 5-1 atas Republik Irlandia di Stadion MetLife.Ronaldo telah melewatkan dua pertandingan persahabatan terakhir Portugal akibat cedera lutut tetapi berhasil membuat comeback dan bermain 65 menit untuk negaranya melakukan pertandingan pemanasan  Piala Dunia FIFA dengan kemenangan yang komprehensif di New Jersey.

Sebuah gol dari Hugo Almeida di babak pertama dan gol Richard Keogh membuat Portugal mendapatkan dorongan motivasi menjelang pertandingan pembuka Grup G hari Minggu melawan Jerman di Brasil.

Almeida membuka skor di menit kedua hanya dengan sundulan jarak dekat. Ini merupakan  gol internasional pertamanya sejak Maret tahun lalu. Gol bunih diri dari bek Irlandia Keogh membantu Portugal menjadi unggul 2-0 dengan 25 menit tersisa menjelang jeda babak pertama.

Pertandingan ini sebenarnya sudah berakhir berkat gol di menit ke-37 gol dari Almeida  yang membuat Portugal memperpanjang rekor beruntun tak terkalahkan mereka menjadi delapan pertandingan, karena mereka tidak merasakan kekalahan sejak kekalahan terakhir di bulan September 2013 saat kalah dengan skor 3-1 melawan Brasil dalam pertandingan persahabatan di Amerika Serikat.

James McClean membalaskan satu gol untuk Irlandia enam menit memasuki babak kedua untuk menyelamatkan kehormatan mereka, meskipun Vieirinha dan Fabio Coentrao menambah keunggulan buat Portugal di akhir 13 menit pertandingan.

Paulo Bento membuat tujuh perubahan pada tim yang mengalahkan Meksiko di Massachusetts pada hari Jumat, dengan Ronaldo masuk sebagai starting XI bersama Raul Meireles yang telah pulih dari cedera paha.

Kiper Patricio, Ricardo Costa, Ruben Amorim, William Carvalho dan Varela semua dijadikan starter, sementara Eduardo, Bruno Alves, Joao Pereira, Nani, Miguel Veloso, Vieirinha dan Eder masuk sebagai pemain pengganti.

Didorong oleh hadirnya kembali Ronaldo, Bento membuat awal pertandingan dengan tempo tinggi dan Irlandia berjuang keras untuk mengatasi Portugal yang telah memimpin hanya dua menit memasuki awal mula pertandingan melalui sundulan kuat Hugo Almeida.

Portugal nyaris menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-13 setelah Irlandia kehilangan penguasaan bola dan mendapatkan serangan balik namun kiper Forde berhasil menepis sepakan Ronaldo dan bola rebound Meireles.

Ronaldo terus menyiksa Irlandia dan setelah menebar ancaman dengan tendangan bebasmengirimkan umpan ke rekan setimnya di Real Madrid, Coentrao. Kapten Portugal ini memainkan umpan back-heel kepada Coentrao, yang berakhir dengan defleksi buruk dari Keogh dan kesalahan kaki Forde yang gagal mengantisipasi sehingga Forde masuk ke gawang dan tercipta gol bunu diri.

Situasi jadi lebih buruk untuk Irlandia delapan menit sebelum istirahat babak pertama, ketika Forde gagal untuk menghadapi sundulan Ronaldo dan Almeida bereaksi cepat untuk berebut untuk menciptakan gol keduanya.

Interval berhasil membalas untuk mengurangi defisit gol dan mereka melakukannya pada menit ke-52 melalui gelandang Wigan Athletic McClean seelah berhasil memanfaatkan kesalahan pertahanan Portugal.

Irlandia jelas tim yang dominan selama paruh kedua namun Portugal masih berhasil mengembalikan keunggulan tiga gol mereka dan menambahkan dua gol lagi menjelang 13 menit bubaran.

Portugal dengan cepat melakukan serangan meskipun Forde menyelamatkan peluang awal, dia tidak berdaya untuk mencegah Vieirinha melepaskan tembakan rebound ke gawangnya. Dan akhirnya Portugal melengkapi kemenangan lima menit kemudian setelah Nani dimainkan. Fabio Coentrao berhasil menciptakan gol dengan bagian luar kakinya.

Susunan pemain Portugal :
Patricio, Amorim (Veloso 81’), Costa, Neto (Pepe 65’), Coentrao, Carvalho, Meireles (A Almeida 65’), Moutinho, Varela (Vieirinha 73’), Almeida (Postiga 65’), Ronaldo (Nani 65’).

Susunan pemain Irlandia :
Forde, Kelly (Cox 75’), Keogh, Pearce, Ward (Quinn 67’), Hendrick, Meyler, McGeady (Doyle 75’), Hoolahan (Keane 63’), McClean (Pilkington 67’), Walters (Long 63’).