Home / Liga Inggris / Stadion Piala Dunia 2014 – Estadio Das Dunas Brazil
Stadion Piala Dunia 2014 Estadio Das Dunas Brazil

Stadion Piala Dunia 2014 – Estadio Das Dunas Brazil

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Piala Dunia 2014 akan dimulai 12 hari lagi, total ada 12 stadion berskala internasional yang telah dipersiapkan oleh Brazil untuk menggelar perhelatan akbar Piala Dunia 2014. Salah satu stadion tersebut adalah Estadio Das Dunas yang terletak di kota Natal distrik Lagoa Nova, antara BR-101 dan Avenida de Morais Prudente.

Christopher Lee yang lahir di Australia adalah sang maestro yang bertanggung jawab atas stadion Olimpiade London 2012, dan beliau juga menangani perombakan Estadio Das Dunas. Areal seluas 22.000 meter persegi sebelumnya merupakan Stadion Machadao dan pusat olahraga Machadinho, tetapi pada tahun 2011 kedua bangunan tersebut dirobohkan dan dibongkar total untuk proyek Estadio Das Dunas.

Kota Natal adalah ibukota sekaligus kota terbesar di Rio Grande de Norte, negara bagian timur laut Brasil. Kota Natal lebih terkenal dengan sebutan Cidade do Sol atau Sun City, berkat iklim tropis sepanjang tahun, dengan rata-rata suhu 28 derajat celcius. Berkat cuaca cerah dan iklim tropis tak pelak lagi wisata alam di sekitar Kota Natal seperti pantai Ponta Negra, Pipa, Genipabu, Air Kristal Maracajau dan Pohon Mete terbesar di dunia mampu menarik puluhan ribu wisatawan internasional. Di Kota Natal ini juga terdapat taman kota terbesar kedua di seluruh Brazil, taman yang dibangun sejak tahun 1977 tersebut diperkirakan dikunjungi 9.000 orang tiap bulannya.

Nama “Das Dunas” merupakan perwakilan dari bukit pasir yang merupakan salah satu wisata alam yang paling terkenal mengesankan di wilayah Natal. Christopher Lee menciptakan struktur stadion bergelombang agar menyerupai bukit Das Dunas. Bagian luar Estadio Das Dunas berupa dinding putih yang melengkung merupakan desain yang dibutuhkan untuk kelancaran sirkulasi vertikal guna mencegah panasnya udara.

Pembangunan Estadio Das Dunas yang diperkirakan menghabiskan anggaran sekitar 450 juta dollar AS atau setara 5,3 trilliun rupiah ini dirancang sedemikian rupa untuk menampung 42.000 penonton. Dilengkapi juga dengan pusat perbelanjaan modern, gedung gedung komersial, hotel bertaraf internasional serta danau buatan. Di masa yang akan datang, Das Dunas selain dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola, juga akan digunakan untuk pameran dan konser musik.

Jadwal pertandingan Piala Dunia 2014 di stadion Das Dunas :

  1. 13 Juni 2014 : Group A match 2 Mexico – Cameroon
  2. 16 Juni 2014 : Group G match 14 Ghana – United States
  3. 19 Juni 2014 : Group C match 22 Japan – Greece
  4. 24 Juni 2014 : Group D match 39 Italy – Uruguay