Home / Berita Bola / Profil dan Biodata Gerardo Martino

Profil dan Biodata Gerardo Martino

Gerardo Martino yang lahir pada tanggal 20 November 1962 merupakan seorang pelatih dan juga mantang gelandang Argentina. Pelatih yang akrab di sapa Tata ini sekarang menangani skuad tim nasional Argentina di ajang Copa America 2015. Tata sebelumnya menjabat sebagai pelatih skuad Barcelona di musim 2013/2014. Namun prestasinya cukup buruk dan gagal mempersembahkan gelar untuk skuad Barca di musim lalu. Alhasil posisinya digeser oleh Luis Enrique yang sebelumnya menukangi skuad Celta Vigo.

Tata Martino sebelumnya menukangi skuad Newell’s Old Boys sebelum menukangi skuad Barcelona. Pada tanggal 22 Juli 2013, ia dipilih untuk menangani skuad Barcelona guna menggantikan peran dari mantan pelatih Barcelona yaitu Tito Vilanova, yang menyatakan mundur diakibatkan masalah kesehatan yang dideritanya. Karier kepelatihan Tata Martino memang belum secemerlang pelatih-pelatih sebelumnya. Martino pernah menukangi skuad Brown de Arrecifes di tahun 1998. Setelah itu ia hengkang ke Platense di tahun 1999.

Selang setahun kemudian, Instituto menjadi tempat pelabuhan untuk Martino. Libertad sempat ia latih di periode 2002 hingga 2003. Setelah itu lanjut menangani Cerro Porteno semusim setelahnya. Ia kembali ke Libertad pada musim 2005-2006 setelah sebelumnya sempat melatih Colon. Kemudian Tata Martino dipercaya untuk menangani skuad Paraguay dari tahun 2006 hingga 2011. Setelah itu ia melatih Newell’s Old Boys yang cukup cemerlang.