Home / Liga Champions / Atletico Madrid Tantang Real Madrid di Final

Atletico Madrid Tantang Real Madrid di Final

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Pupus sudah harapan Chelsea untuk bisa mengangkat trofi Liga Champins musim ini. Pasalnya, langkah mereka harus terhenti di semifinal usai dikalahkan Atletico Madrid dengan skor 3-1 (Agregat 3-1) di Stamford Bridge, Kamis dini hari.

Sempat unggul lewat gol Fernando Torres, akhirnya Los Rojiblancos membalas dengan tiga gol yang dicetak Adrian Lopez, Diego Costa, dan Arda Turan. Dengan demikian, final musim ini mempertemukan dua tim asal kota Madrid.

Jalannya Pertandingan:
Permainan terbuka diperagakan kedua tim, masing-masing lini tengah terus berusaha menyusun skema serangan demi memecah kebuntuan lebih dulu, meski pun tim tamu terlihat lebih banyak menguasai bola dan menekan daerah pertahahan The Blues.

Peluang pertama didapat Atletico, Koke mendapat bola di sisi kiri pertahanan Chelsea. Koke mencoba menebak bola dengan teknik loop dari jarak jauh. Hampir saja peluang di menit kelima ini berbuah gol andai saja bola tak membentur mistar gawang.

Tak lama setelah itu, Chelsea coba merespon serangan tim lawan, Torres dan Hazard melakukan kerja sama bedua dengan umpan-umpan pendek di sisi kiri, sayang saat Torres member umpan terobosan, bek Atletico dengan sigap memotong.

Menit 14, Chelsea berpeluang megoyak jala gawang Chelsea lewat eksekusi tendangan bebas yang dilakukan Willian dari jarak 21 meter. Tapi bola hasil sepakannya masih terlalu tinggi dan hanya melayang di atas mistar.

Diego Costa! Pemain naturalisasi Spanyol ini berpeluang mencetak gol setelah mampu mendapat ruang tembak di kotak penalti Chelsea berkat umpan terobosan matang, beruntung Cahill masih bisa menghalau bola saat Costa menembak. Peluang di menit 19 ini pun gagal.

Atletico pun mendapatkan tendangan sudut, bola diumpan kepada Thiago, namun pemain Portugal itu kemudian gagal memberikan umpan kepada Diego Costa karena dipotong David Luiz.

Masuk ke menit 21, Jual beli serangan terjadi. Lemparan ke dalam dari Ivanovic, langsung diarahkan ke kotak penalti Atletico. David Luiz bersiap mengontrol bola dengan dada dan melancarkan tendangan salto. Courtois gagal menjangkau, tapi bola hanya melebar.

Lima menit berselang, situasi tendangan sudut membuat kemelut di depan gawang. Bola liar kemudian menuju kepada Hazard, tapi sepakan voli pemain asal Belgia ini melambung tinggi di atas mistar. Setengah jam jalannya laga, skor masih kacamata.

Menit 35, Chelsea untuk sementara berhasil mengoyak jala gawang Atletico. Gol berawal dari skill individu Willian yang mencoba melewati dua bek Atletico di sisi kanan. Meski sempat dijatuhkan, namun pertandingan tetap play on karena bisa diambil Azpilicueta yang langsung mengirimkan umpan tarik ke Torres.

Belum juga reda euforia pendukung Chelsea merayakan Gol Fernando Torres di menit 35, akhirnya tim tamu mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Adrian satu menit jelang babak pertama usai.

Bola umpang lambung jauh, mampu dijangkau Diego Costa yang berada di kiri gawang Schwarzer dan langsung diteruskan kepada Adrian, dua bek Chelsea di dalam kotak penalti hanya bisa terdiam. Mendapat ruang tembak, Adrian pun langsung melepaskan tembakan keras.

Dengan skor 1-1, Atletico mendapat keuntungan karena mereka unggul gol tandang. Skor imbang ini bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda paruh pertama usai

Baru dua menit babak kedua dimulai, Koke memotori serangan timya dengan melakukan umpan silang, tidak ada pemain Chelsea yang berhasil mengatasinya. Ada Arda Turan yang menunggu untuk kemudian melepaskan tembakan keras, namun bisa diblok kiper.

Chelsea coba membalas di menit 54, sebuah umpan silang dari tendangan bebas Willian. Terry berhasil menanduk bola dengan keras, tapi masih bisa dihalau Courtois. Berusaha me-rebound bola, Terry coba menanduk lagi, tapi bek Atletico lebih cepat menyapu bola.

Diego Costa, akhirnya mampu membuat Atletico Madrid unggul dengan skor 2-1 lewat eksekusi tendangan penalti di menit 60 usai pelanggaran yang dilakukan Samuel Eto’o kepada Costa sendiri.

Sebelum melancarkan tendangan penalti. Costa sempat mendapat kartu kuning akibat dinilai terlalu lama menendang akibat tidak ratanya kondisi tanah untuk Costa menaruh bola. Tapi akhirnya dia bisa menipu Schwarzer yang salah menebak arah bola. Jelas ini kerugian untuk The Blues, karena bila ingin unggul, mereka harus mencetak dua gol.

Pada 64 menit jalannya pertandingan, London Biru terus menekan gawang Courtois. David Luiz mendapat peluang dari sebuah sundulan dilakukan, tapi sundulan kerasnya hanya menghantam tiang, dan bisa diselamatkan kembali oleh kiper.

Unggul dua gol, tak cukup membuat puas para pasukan dari kota Madrid, gol ketiga pun tiba di menit 72 oleh pemain asal Turki, Arda Turan. Sebuah umpan silang dari sisi kanan, berhasil ditanduk oleh Turan, tapi percobaan ini masih membentur mistar gawang. Beruntung, bola pantulan tepat jatuh di depannya dan langsung melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok gawang The Blues

Tak puas dengan tiga gol, Atletico coba terus menekan. Menit 77, Peluang emas dia dapat Filipe Luis, mampu menerobos kotak pinalti Luis melakukan tembakan chip yang bisa ditepis kiper. Tendangan sudut didapat dan dilakukan oleh Koke, namun masih gagal.

Kans Chelsea! Memanfaatkan emparan ke dalam menuju ke tengah kotak penalti. David Luiz memberikan bola kepada Eto’o namun tembakan Eto’o masih melebar. Kesempatan di menit 87 ini pun kandas.

Hingga menit 93, Chelsea tak patah arang untuk mencetak gol. Sebuah sepakan spekulasi dari Terry. Masih melayang jauh. Skor 3-1, menjadi hasil akhir.

Susunan Pemain:
CHELSEA: Schwarzer, Cole/Eto’o, Terry, Cahill, Ivanovic, David Luiz, Azpilicueta, Willian/Schurrle, Ramires, Hazard, Torres/Ba

ATLETICO MADRID: Courtois, Miranda, Juanfran, Filipe Luis, Godin, Tiago, Mario Suarez, Arda Turan/Rodriguez, Koke, Adrian/Raul Garcia, Diego Costa/Sosa