Home / Liga Champions / Permalukan Bayern Munich, Madrid Jejakkan Kaki di Final

Permalukan Bayern Munich, Madrid Jejakkan Kaki di Final

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Melawat ke Allianz Arena, Real Madrid seakan bermain di Santiago Bernabeu. Bagaimana tidak, Bayern Munich mereka permalukan dengan skor empat gol tanpa balas pada leg kedua ini, sekaligus memastikan diri melenggang ke final Liga Champions, yang akan dihelat di Lisbon pada 24 Mei mendatang.

Kepastian lolos sebenarnya sudah dirasakan Madrid pada babak pertama, ketika berhasil mencetak tiga gol. Sementara di babak kedua, Ronaldo menambah penderitaan Bayern dengan menciptakan gol melalui tendangan bebas, sehingga El Real memastikan diri sebagai finalis dengan agregat 5-0.

Kubu tuan rumah, Bayern mengandalkan Mario Mandzukic sebagai penyerang tunggal. Dia tak sendiri, seperti biasa dukungan akan didapatkan Mandzukic dari lini tengah yang akan diisi Arjen Robben, Frank Ribery, serta Thomas Muller.

Sementara di kubu tamu, meski sudah mengantongi kemenangan 1-0 di leg pertama, namun Carlo Ancelotti tetap mengandalkan trio BBC (Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo). Berbeda dengan pertemuan pertama di Santiago Bernabeu, kali ini Bale dan Ronaldo akan diturunkan bersamaan sejak awal laga.

Bayern langsung mengambil inisiatif pertandingan dengan mengurung pertahanan Madrid. Sementara bagi El Real, tak seperti di leg pertama, kali ini Ancelotti tak segan melakukan serangan balasan.

Menit kesembilan, Bayern terlihat panik menanggapi serangan balik yang dilakukan Madrid. Hal itu terlihat ketika Neuer keluar dari sarangnya untuk menyapu bola, namun upayanya tak sempurna sehingga menghampiri Bale. Beruntung pemain internasional Wales tersebut terlalu terburu-buru sehingga bola sambarannya hanya melayang di atas gawang Bayern.

Madrid pun berhasil unggul 1-0 pada menit ke-16 lewat gol yang diciptakan Sergio Ramos. Memanfaatkan sepak pojok dari Luka Modric, bek internasional Spanyol itu dengan sempurna menyundul bola yang tak bisa ditangkap oleh Neuer. Madrid pun unggul agregat 2-0 atas Bayern.

Pertandingan mulai memanas, beberapa insiden yang melibatkan Dante dan Pepe saat terjadinya pelanggaran yang menimpa Ronaldo. Bahkan tak berapa lama, giliran Bale yang menjadi korban permainan keras Bayern.

Namun insiden tersebut tak membuat Madrid kapok, terbukti El Real memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-20. Gol tersebut juga datang lewat set pieces, yang kali ini dilakukan oleh Angel Di Maria. Sempat diteruskan Pepe, kembali Ramos menuntaskannya untuk menciptakan gol kedua bagi Madrid. Bayern kini semakin tertinggal dengan agregat 0-3.

Tertinggal dua gol, membuat Bayern meningkatkan intensitas serangan. Peluang dibangun dari dua sayap yang diisi oleh Robben dan Ribery. Namun penyelesaian akhir menjadi kendala, mengapa Bayern belum juga mencetak gol.

Keasyikan menyerang, Bayern harus membayar mahal dengan terciptanya gol ketiga. Kali ini dicetak oleh sang maestro, Cristiano Ronaldo. Lewat serangan balik, Bale yang mendapat kawalan dari Boateng mengiring bola dan kemudian memberikannya ke Ronaldo yang tanpa kawalan langsung menjebol gawang Neuer.

Bagi Ronaldo, gol tersebut sangat spesial lantaran dia telah mengemas 15 gol, yang mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Champions dalam semusim.

Sementara skor 3-0 untuk Madrid, sekaligus membuat keunggulan dengan agregat 4-0 atas Bayern. Berat bagi Bayern untuk membalikkan keadaan, karena harus mencetak lima gol dalam sisa waktu kurang dari 50 menit.

Sementara pada menit ke-38 Xabi Alonso harus mengubur impiannya untuk tampil di partai final Liga Champions, usai melakukan pelanggaran terhadap pemain Bayern. Alonso yang sudah mengantongi kartu kuning di pertandingan sebelumnya, harus menjalani akumulasi kartu.

Lima menit pertandingan babak pertama tersisa, Bayern kembali mengurung pertahanan Madrid. Lagi-lagi penyelesaian akhir serta rapinya pertahanan Madrid membuat Bayern kesulitan menembusnya. Namun skor 3-0 tetap bertahan hingga wasit Pedro Proenca asal Portugal meniup peluit tanda babak pertama berakhir.

Butuh keajaiban untuk Bayern untuk bisa membalikkan keadaan, dan upaya tersebut tetap dijalankan anak-anak Guardiola untuk bisa mewujudkannya. Salah satunya dengan menekan sejak awal lini pertahanan El Real.

Pertandingan berjalan agak lambat di babak kedua ini, meski kedua tim silih berganti membangun serangan. Namun penyelesaian kedua tim masih belum sempurna.

Sementara itu Guardiola mencoba peruntungan dengan memasukkan Gotze dan menggantikan Ribery. Di lini depan, mantan pelatih Barcelona tersebut memasukkan Claudio Pizarro menggantikan Muller. Sedangkan di Madrid, merasa sudah aman, Ancelotti pun memberikan kesempatan ke Varane untuk bermain setelah menggantikan Ramos.

Di penghujung laga, Ronaldo kembali menempatkannya dirinya sebagai pencetak gol terbanyak dengan mengoleksi 16 golnya di musim ini, setelah pemain berjuluk CR7 ini berhasil mengeksekusi dengan baik tendangan bebas. Madrid 4, Bayern 0.

Gol Ronaldo pun menandakan berakhirnya leg kedua di mana Madrid keluar sebagai pemenang dengan agregat 5-0. Dan, impian Madrid menuju La Decima tetap hidup usai memastikan diri lolos ke Lisbon, venue final Liga Champions.

Susunan Pemain:
Bayern: 1. M. Neuer, 21. P. Lahm, 17. J. Boateng, 27. D. Alaba, 4. Dante, 10. A. Robben, 31. B. Schweinsteiger, 7. F. Ribéry (Gotze 72’), 39. T. Kroos, 9. M. Mandzukic (Martinez 46’), 25. T. Muller (Pizarro 72’)

Madrid: 1. Casillas, 4. Sergio Ramos (Varane 74’), 3. Pepe, 5. Fabio Coentrao, 15. Daniel Carvajal, 14. Xabi Alonso, 19. L. Modric, 11. G. Bale, 22. A. di María (Casemiro 84’), 7. Cristiano Ronaldo, 9. K. Benzema (Isco 80’)