Home / Liga Inggris / Kalahkan Newcastle, Arsenal Jauhi Everton

Kalahkan Newcastle, Arsenal Jauhi Everton

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Kekalahan Everton atas Southampton benar-benar dimanfaatkan Arsenal dengan baik. Pasalnya, skuad arahan Arsene Wenger itu mampu mengamankan tiga poin setelah mengalahkan Newcastle United dengan skor telak 3-0. Hasil itu juga membuat kans Arsenal berlaga di Liga Champions semakin terbuka.

The Gunners sendiri tetap berada di peringkat empat dengan 73 poin, unggul empat poin dari Everton yang memiliki 69 poin. Sebaliknya, tuntutan mundur justru diserukan fans tim tamu kepada Alan Pardew yang membuat tim menderita enam kekalahan beruntun.

Babak pertama

Kembalinya sejumlah pemain dari cedera, membawa berkah tersendiri untuk gaffer The Gunners, Arsene Wenger guna mengamankan posisi keempat, zona Liga Champions. Nama-nama seperti Mesut Ozil, Laurent Koscielny, dan Aaron Ramsey dimainkan Wenger sejak awal pertandingan.

Sedari awal wasit Neil Swarbrick membunyikan peluit tanda dimulainya pertandingan, Arsenal langsung mengambil alih serangan dan memperagakan serangan cepat dengan kombinasi-kombinasi bola pendek yang selama ini diterapkan.

Namun Newcastle bertahan dengan baik hingga 15 menit permainan dimainkan. Vurnon Anita dan Cheikh Tiote dengan baik meng-cover barisan bertahan Toons Army.

Moussa Sissoko hampir saja mengejutkan publik tuan rumah saat berhasil melewati pertahanan Arsenal dengan kecepatannya dan melakukan tendangan. Sayang, tendangan melengkungnya masih jauh melebar dari gawang.

Laurent Koscielny! Ya, bek asal Perancis ini mampu membuka keunggulan untuk Arsenal di menit 25. Bermula dari tendangan bebas yang dilakukan Santi Cazorla, Koscielny berlari lebih cepat dari para pemain Newcastle dan membelokkan bola kedalam gawang Tim Krul yang hanya terdiam. 1-0 untuk Arsenal.

Penyelamatan gemilang dilakukan Krul saat menghalau bola kencang sundulan Lukas Podolski di menit 29. Arsenal terus menekan Fabricio Coloccini dan kawan-kawan memanfaatkan momentum yang sedang didapat.

Permainan berlangsung hingga tempo cepat hingga menit 30, kedua tim bermain terbuka dengan sejumlah peluang yang dihasilkan. Minimnya penyelesaian akhir yang sempurna, membuat kedudukan tak berubah 1-0.

‘Peluru’ Meriam London kembali menembus gawang Newcastle.Gol kali ini datang di menit 41, saat Mesut Ozil dengan mudah menceploskan bola rebound ke net yang ditinggalkan Krul, yang terlebih dahulu memblok tendangan Giroud. Skor 2-0 untuk Arsenal bertahan hingga akhir babak pertama

Babak kedua

Arsenal sedikit menurunkan tempo permainan, membuat Newcastle berani melakukan serangan untuk memperkecil ketertinggalan dua gol di awal mula babak kedua ini.

Yoan Gouffran hampir saja memperkecil ketertinggalan di menit 57 saat tinggal berhadapan dengan Szczesny. Bermaksud, membuat bola melewati kaki penjaga gawang asal Polandia tersebut, bola justru berhasil dihalau dengan baik oleh Szczesny.

Tiga poin nampaknya sudah hampir diraih Arsenal saat Giroud ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 66. Umpan melambung Ozil, dengan keras disundul pemain yang ingin disamakan dengan David Beckham tersebut melewati Krul. 3-0, Wenger pun tersenyum puas sembari mengepalkan kedua tangannya.

Hingga menit 70, anak-anak asuh Alan Pardew masih sulit menembus pertahanan Arsenal yang kembali kokoh melalui duet bek The Gunners yang di awal musim tampil baik, Koscielny dan Per Mertesacker.

Nyaman dengan keunggulan tiga gol, bek kiri Arsenal, Nacho Monreal pun seakan ingin ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 87. Terlepas dari kawalan Mapou Yanga-Mbiwa, eks pemain Malaga ini berhasil menendang bola dengan kaki kirinya. Namun sayang bola masih dapat ditepis Krul, skor 3-0 pun berakhir untuk kemenangan Mikel Arteta dkk diiringi chant fans The Gunner di Emirates Stadium.

Susunan Pemain:

Arsenal: Wojciech Szczesny, Nacho Monreal, Laurent Koscielny, Per Mertesacker, Bacary Sagna, Aaron Ramsey (Tomas Rosicky 74’), Mikel Arteta, Santi Cazorla, Mesut Ozil (Matthieu Flamini 73’), Lukas Podolski, Olivier Giroud (Yaya Sanogo 84)

Newcastle: Tim Krul, Matthieu Debuchy (Mapou Yanga-Mbiwa 84’) , Mark Williamson, Fabricio Coloccini, Paul Dummet, Dan Gosling (Shola Ameobi 70’), Cheikh Tiote, Moussa Sissoko, Vurnon Anita, Louic Remy, Yoan Gouffran (Adam Armstrong 89′)