Home / Liga Europa / Juve Takluk di Kandang Benfica

Juve Takluk di Kandang Benfica

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Benfica berhasil mengamankan laga kandang mereka dengan menang tipis 2-1 atas Juventus di Estadio Da Luz, Jumat (25/5/2014) dini hari WIB. Pada leg pertama ini, gol dari Benfica dicetak Ezequiel Garay dan Rodrigo Lima, namun Juve hanya mampu membalas kaki Carlos Tevez.

Juve datang ke Lisbon dengan menurunkan Carlos Tevez yang ditemani Mirko Vucinic di lini depan. Sementara tuan rumah Benfica, mengandalkan Oscar Cardozo yang menjadi tumpuan tunggal di lini depan tuan rumah.

Benfica yang baru saja menjuarai Liga Portugal, langsung tancap gas dalam membangun serangan, bahkan pendukung tuan rumah sudah bersorak ketika pertandingan berjalan tiga menit.

Melalui sepak pojok yang dilakukan Miralem Sulejmani, Ezequiel Marcelo Garay mampu mencetak gol melalui sundulan yang tak mampu ditepis Buffon. 1-0 untuk Benfica.

Berupaya membalas. Juve yang dimotori Andrea Pirlo coba membangun serangan dari sisi tengah, namun masih bisa dihentikan oleh lini bertahan Benfica yang bermain cukup rapi dalam membendung serangan tim tamu.

Juve mendapatkan beberapa peluang pada menit ke-25, yang kali ini berawal dari umpan Paul Pogba dari sayap kiri pertahanan Benfica. Namun bola langsung disapu bersih oleh bek tuan rumah dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Peluang terbaik dimiliki Juve ketika pertandingan berusia 33 menit. Memanfaatkan umpan matang Tevez, Stephan Lichsteiner yang berdiri bebas mengubah arah bola untuk mengecoh penjaga gawang Benfica, Artur Moraes. Namun hakim garis menganggapnya dalam kondisi offside.

Lima menit jelang turun minum, Benfica mendapatkan peluang melalui serangan balik yang dilakukan oleh Lazar Markovic, akan tetapi penyelesaian yang kurang bagus hanya menghasilkan tendangan gawang. Pertandingan babak pertama pun bertahan untuk keunggulan Benfica.

Interval kedua Juve mengambil inisiatif pertandingan. Namun peluang terbaik baru didapatkan pada menit ke-55. Dimotori Vucinic, yang memberikan umpan terobosan ke Claudio Marchisio, dilanjutkan ke depan gawang Artur. Bola sempat disambut oleh Pogba, namun masih bisa ditepis dengan baik oleh Artur dan hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Juve.

Semenit berselang, Benfica melakukan serangan balik. Tetapi upaya tuan rumah berhenti ketika Enzo Perez jatuh di kotak terlarang saat berusaha melewati Caceres. Namun wasit Cuneyt Cakir bukan menganggap itu sebagai suatu pelanggaran.

Juve nyaris menyamakan kedudukan andai umpan Lichsteiner dari sisi kiri pertahanan Benfica tidak dibuang oleh Maxi Pereira, karena di mulut gawang Artur sudah berdiri Giovinco. Skor tetap masih untuk keunggulan Benfica di menit ke-68 ini.

Tevez! Mengakhiri rekor lima tahun tanpa gol di kompetisi Eropa, dengan membobol gawang Benfica pada menit ke-73. Proses gol Tevez diawali dengan umpan dari Kwadwo Asamoah. Tevez kemudian melakukan manuver ke gawang Benfica, sebelum akhirnya menaklukkan Artur, sekaligus membuat skor imbang 1-1 untuk kedua tim.

Namun Benfica kembali unggul lewat gol yang diciptakan pemain pengganti, Lima. Proses gol tersebut melalui kerja sama apik yang membuat lini pertahanan Juve terlihat kebingungan. Sebelum akhirnya Lima yang masuk menggantikan Cardozo, melesakkan bola dengan keras yang tak bisa dijangkau Buffon. Benfica kembali memimpin 2-1 atas Juve pada menit ke-84.

Di akhir pertandingan, permainan menghadirkan tempo tinggi ketika Juve meningkatkan serangan mereka. Salah satunya melalui upaya Giorgio Chiellini yang naik membantu serangan, namun tendangannya melayang jauh dari sasaran. Skor 2-1 untuk keunggulan Benfica bertahan hingga pertandingan usai.

Bagi Benfica, kemenangan 2-1 ini mengamankan posisi mereka sebagai tuan rumah yang sepekan kemudian akan bertandang ke markas Juve. Sebaliknya bagi Bianconeri, tugas berat dijalani pasukan Antonio Conte untuk bisa memenangi laga kedua setidaknya 1-0, atau dengan mencetak gol tanpa harus kebobolan kala bermain di Juventus Stadium.

Susunan Pemain:
Benfica: 1. Artur Moraes, 4. Luisao, 24. E. Garay, 14. M. Pereira, 16. Guilherme Siqueira, 35. E. Perez, 30. André Gomes (Cavailero 82’), 8. M. Sulejmani (Almeida 61’), 7. O. Cardozo (Lima 62’), 19. Rodrigo, 50. L. Markovic

Juventus: 1. G. Buffon, 26. S. Lichtsteiner, 19. L. Bonucci, 3. G. Chiellini, 4. M. Cáceres, 21. A. Pirlo, 8. C. Marchisio, 22. K. Asamoah, 6. P. Pogba, 10. C. Tévez (Osvaldo 82’), 9. M. Vucinic (Giovinco 66’)