Home / Liga Champions / Atletico Bermain Imbang dengan Chelsea di Calderon

Atletico Bermain Imbang dengan Chelsea di Calderon

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Atletico Madrid harus puas bermain imbang tanpa gol kala menjamu Chelsea pada leg pertama semifinal Liga Champions di Vicente Calderon, Rabu 23 April dini hari WIB. Kokohnya pertahanan Chelsea membuat gempuran Atletico tak berarti apa-apa.

Dalam pertandingan ini, Soccerway mencatat bahwa kubu Atletico benar-benar menguasai jalannya pertandingan dengan perolehan 68 persen. Sedangkan Chelsea hanya mampu memperoleh 32 persen dengan jumlah peluang yang kalah dari kubu tuan rumah.

Hasil imbang ini membuat rekor Atletico sebagai tim yang belum terkalahkan sepanjang Liga Champions musim ini tetap terjaga. Selanjutnya, Atletico akan melawat ke markas Chelsea di Stamford Bridge pada Kamis 1 Mei dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan
Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Vicente Calderon, tim tuan rumah langsung berinisiatif lakukan serangan ke daerah pertahanan Chelsea, sejak dimulainya kick-off babak pertama. Menit ketiga, sepakan dari Diego Costa masih melebar ke sisi gawang Chelsea.

Chelsea mendapatkan peluang pertamanya pada menit ke-11, bermula dari tendangan bebas yang dilepaskan Frank Lampard. Sayang, Torres yang menjadi tujuan bola tersebut gagal memanfaatkannya dengan baik.

Sial bagi The Blues, mereka harus kehilangan Petr Cech pada menit ke-18. Kiper andalan Chelsea tersebut harus ditarik keluar karena mengalami cedera yang cukup serius usai mengalami benturan dengan Raul Garcia.

Mark Schwarzer pun akhirnya mengambil alih gawang Chelsea, dan sejauh ini masih sanggup mengamankannya dengan baik. Hingga menit ke-20, kedua tim masih imbang dalam permainan dan kerap bermain di sektor tengah.

Memasuki menit ke-26, skuad asuhan Jose Mourinho melakukan serangan balik usai mengalami tekanan dari Atletico. Willian berhasil melewati dua pemain Atletico, ia langsung memberikan umpan kepada Ramires.

Sayang, bola sepakan dari Ramires malah terbuang percuma karena masih melebar jauh dari gawang Atletico yang dikawal oleh Thibaut Courtois. Menit ke-31, usaha dari Costa hanya menghasilkan tendangan bebas untuk Atletico usai dirinya dilanggar oleh John Obi Mikel.

Koke yang maju sebagai eksekutor gagal mengonversi tendangan bebas tersebut menjadi sebuah gol pembuka, karena sepakannya masih melebar. Kegagalan kembali terjadi kala sepakan dari Mario Suarez masih bisa ditepis Schwarzer.

Hingga menit-menit akhir babak pertama, Chelsea bermain dengan sangat bertahan hingga membuat pasukan Atletico cukup sulit menembusnya. Torres dkk lebih mengandalkan serangan balik di saat para pemain Atletico total menyerang.

Diego Ribas melepaskan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti Chelsea pada menit ke-45, namun Schwarzer masih bisa mengamankannya. Catatan Soccerway, Atletico unggul dalam penguasaan bola sebanyak 67 persen.

Chelsea yang lebih banyak bermain bertahan, tak mampu menciptakan peluang yang berarti di paruh pertama ini. Hingga berakhirnya laga di 45 menit pertama ini, skor kacamata alias 0-0 tak mengalami perubahan.

Pada interval kedua, Atletico masih terus memberikan tekanan sama seperti pada babak pertama. Kurangnya inspiratif serangan dari kubu Atletico, membuat barisan belakang Chelsea mampu meredam segala usahan dari lawannya.

Sementara itu, kiper Mark Schwarzer masih tampil apik di bawah mistar gawang Chelsea. Seperti pada menit ke-54, kiper berusia 41 tahun tersebut sukses mengamankan sepakan keras dari Diego Ribas.

Di sisi lapangan, kedua pelatih pun menampilkan pemandangan yang berbeda. Simeone terlihat aktif memberikan arahan kepada pasukannya, sedangkan Mourinho terlihat duduk santai menyaksikan permainan anak asuhnya dari bangku cadangan.

Memasuki menit ke-76, Gabi melesakkan sepakan keras ke gawang Chelsea. Akan tetapi, lagi dan lagi masih bisa diamankan dengan sangat baik oleh kiper Schwarzer. Arda Turan yang masuk menggantikan Diego Ribas, nyaris mencetak gol bagi Atletico di menit ke-79.

Bola sundulan Turan hasil dari umpan dari Juanfran, masih menjauh dari sasarannya. Costa sendiri terlihat sulit mengembangkan permainannya dalam laga ini, karena dijaga ketat oleh dua sampai tiga pemain Chelsea.

Tambahan waktu sebanyak lima menit diberikan oleh wasit pada babak kedua ini, akan tetapi beberapa peluang dari kedua tim tak mampu menjadi gol. Alhasil, skor 0-0 menjadi akhir dari pertarungan Atletico dan Chelsea di leg pertama ini.

Susunan Pemain
Atletico Madrid: 13-Thibaut Courtois; 23-Miranda, 20-Juanfran, 3-Felipe Luis, 2-Diego Godin; 26-Diego Ribas (Arda Turan 60), 14-Gabi, 4-Mario Suarez (Sosa 79), 8-Raul Garcia (David Villa 85), 6-Koke; 19-Diego Costa

Chelsea: 1-Petr Cech (Mark Schwarzer 18); 3-Ashley Cole, 26-John Terry (Schuerrle 73), 24-Garry Cahill, 4-David Luiz, 28-Cesar Azpilicueta; 8-Frank Lampard, 12-John Obi Mikel, 22-Willian (Demba Ba 94), 7-Ramires; 9-Fernando Torres