Home / Liga Inggris / Kalahkan Swansea City, Chelsea Tempel ketat Liverpool

Kalahkan Swansea City, Chelsea Tempel ketat Liverpool

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Asa Chelsea untuk menjadi juara Premier League masih terjaga di pekan 34, usai mereka mengalahkan Swansea City, Minggu malam dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang The Blues dicetak oleh sang pemain yang juga mencetak gol krusial di Liga Champions, Demba Ba di menit 68.

Tambahan tiga poin ini tetap menempatkan Chelsea di peringkat kedua klasemen sementara dengan total poin 75. The Blues hanya berselisih dua poin dari pemuncak klasemen, Liverpool yang beberapa jam sebelumnya menang 3-2 atas Manchester City.

Jalannya Pertandingan:
Sejak ditiupnya peluit tanda babak pertama dimulai, Chelsea yang berstatus sebagai tim tamu, langsung menggebrak pertahanan Swansea. Baru enam menit, Mohammad Salah langsung mengancam gawang Vorm dengan sebuah tendangan placing memanfaatkan umpan Ivanovic. Tapi sayang bola melebar tipis.

Swansea coba merespon serangan Chelsea di menit 12. Sebuah umpan lambung mengarah ke kotak penalti, mampu disundul oleh Bony. Peluang ini bisa saja menjadi gol andai Cech tak sigap menghalau bola yang hampir tak bisa dijangkau.

Sial bagi Swansea, pertandingan baru berjalan 16 menit, Chico Flores harus diusir keluar lapangan usai menerima kartu kuning kedua. Kartu kuning pertama didapat pemain ini di menit 14.

Willian mengutak-atik bola di sisi kanan lapangan sambil menunggu rekannya yang membantu. Matic dengan sigap mendekatinya dan menerima bola. Melewati satu bek Swansea, tendangan keras pun dilakukan di menit 23, sayang bola masih membentur pemain Swansea di kotak penalti.

Setengah jam pertandingan berjalan, tak terlalu banyak peluang tercipta. Bola hanya berkutat di tengah lapangan. Pun begitu, meski bermain dengan 10 pemain, Swansea lebih mampu menjaga bola. Mereka mencatatkan 58% penguasaan bola hingga saat ini dan mereka telah mengarahkan dua tembakan ke gawang.

Umpan matang diberikan Dyer kepada Bony yang sudah siap di kotak penalti Chelsea, namun peluang di menit 33 ini gagal menjadi gol karena Bony kalah duel dengan Terry yang dengan ketat menempelnya.

The Swans terus mengerahkan kekuatan penuh demi bisa membuka keran gol. Kini kesempatan itu datang dari Dyer di menit 43. Mendapat ruang tembak yang bagus, dia langsung melakukan shoot dengan kaki kanannya. Mengarah ke tiang jauh gawang Cech, tapi mampu ditepis dengan sempurna Hingga berakhirnya paruh pertama, skor masih kacamata.

Di babak kedua, tepatnya 10 menit pertama, baik Swansea maupun Chelsea, memperlihatkan tempo permainan yang cenderung pelan. Keduanya masih ‘sibuk’ mencari ruang untuk bisa menembus jantung pertahanan.

Eto’o! nyaris saja membuat jala gawang Vorm bergetar di menit 59. Menerima umpan silang, pemain asal Kamerun ini tepat berada di posisi yang membuatnya hanya tinggal berhadapan dengan Vorm dengan jarak 10 meter. Tapi saat menembak, bola masih melebar.

Jual beli serangan terjadi. Tak lama setelah peluang Eto’o, Routledge gantian mengancam gawang Cech. Sebuah sepakan kaki kanan dilepaskan dari dalam kotak penalti. Tapi gawang Cech masih aman berkat sebuah gerakan blok dari Terry. Peluang ini hanya menghasilkan sepakan penjuru.

Demba Ba! Pemain yang menjadi penentu kemenangan Chelsea atas PSG di Liga Champions ini kembali menunjukkan kapasitasnya di menit 68. Mendapat umpan jauh, Ba sukses menjangkau bola dan melewati hadangan Williams. Bola yang dilepaskan tak mampu dihalau dengan baik oleh Vorm.

Sepuluh Menit kemudian, Ba hampir menggandakan skor. Ba mencoba untuk mencetak gol keduanya melalui sepakan dari jarak 20 yard. Namun sepakannya ini masih melambung di atas mistar gawang Vorm. Hingga 90 menit, skor tetap 1-0 untuk kemenangan London Biru

Susunan Pemain:

SWANSEA CITY: Vorm, Williams, Angel Rangel, Chico Flores, Davies, Routledge, Dyer, Britton, Shelvey, Pablo Hernandez/Jordi Amat, Bony

CHELSEA: Cech, Terry, Cahill, Ivanovic, Azpilicueta, Willian, Ramires/Oscar, Matic, Salah, Ba, Schurrle/Eto’o