Home / Liga Inggris / Drama Kemenangan Liverpool atas City di Anfield

Drama Kemenangan Liverpool atas City di Anfield

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Liverpool akhirnya mampu membalaskan dendam kepada Manchester City, Minggu, 13 April, setelah di pertemuan pertama, The Reds kalah dengan skor 2-1. Dan malam ini, Liverpool sukses meraup poin penuh, menyusul kemenangan 3-2 dari tim asuhan Manuel Pellegrini.

Hasil ini sekaligus mengokohkan posisi Si Merah di puncak klasemen dengan mengantongi poin 77 dari 34 pekan bergulirnya Premier League. Mereka unggul tujuh poin atas City yang masih menyimpan tabungan dua laga di tempat ketiga.

Jalannya Pertandingan:
Permainan cepat diusung kedua kesebelasan dengan mengandalkan serangan-serangan yang menusuk jantung pertahanan. Bahkan beberapa peluang sudah diciptakan baik dari The Reds, atau dari The Citizens.

Namun pendukung tuan rumah lebih dulu bersorak, ketika Sterling ‘berdansa’ di depan gawang Joe Hart sebelum membawa keunggulan Liverpool menjadi 1-0 pada menit keenam. Gol Sterling berangkat dari umpan terobosan Suarez.

Dengan tenang, punggawa internasional Inggris tersebut mengecoh lini pertahanan City, sebelum melepaskan tendangan yang tak mampu dihalau Hart.

Tertinggal, The Citizens coba membuat balasan. Salah satunya melalui tendangan jarak jauh Yaya Toure. Sayang tendangan pemain internasional Pantai Gading tersebut tak sempurna, sehingga hanya melayang di atas mistar gawang Mignolet.

Akibat tendangan yang tidak sempurna itu, Yaya Toure mengalami cedera pada menit ke-19. Sehingga harus digantikan oleh Javi Garcia. Ada kejadian yang patut dicontoh, seluruh pendukung dari kedua klub memberikan standing applause ketika Yaya meninggalkan lapangan.

Pertandingan kembali memanas pada menit ke-25, di mana Steven Gerrard nyaris memberikan keunggulan, andai sundulannya dari sepak pojok tak dihalau Hart. Upaya ini hanya berbuah sepak pojok.

Namun tidak untuk kedua kalinya, di mana kali ini sundulan Skrtel yang memanfaatkan sepak pojok Gerrard tak bisa dijangkau oleh Hart. Liverpool pun menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-26 ini.

Terjadi kemelut di depan gawang Mignolet, namun kiper internasional Belgia itu masih sanggup mengamankan gawangnya dari kebobolan. Alhasil tak ada gol yang tercipta lagi, dan membuat keunggulan 2-0 The Reds bertahan hingga jeda pertandingan.

Masuk ke babak kedua, Liverpool tak membuang banyak waktu untuk menekan pertahanan City. Menguassai bola di sisi kiri, Sterling menggiring bola ke tengah mendekati kotak penalti Hart. Sebuah tembakan pun dilepaskan, sayang usaha di menit 47 ini belum menemui sasaran.

Gol pemecah kebuntuan bagi City tercipta di menit 58. Skema passing-passing pendek, perlahan namun pasti mampu merangsek ke kotak penalti The Reds. Milner mengirim umpan tarik kepada David Silva yang dengan mudah menyontek bola ke gawang Mignolet.

Semenit kemudian, gawang Mignolet kembali terancam, David Silva kembali menunjukkan keahliannya menari-nari dengan bola di sisi kanan dan mengelontorkan bola ke tengah gawang. Dzeko yang sudah menanti bola, gagal meneruskan umpan ini karena terlambat sepersekian detik, bola hanya bergulir liar.

Menit 63, Anfield kembali terdiam setelah tim tamu mampu menyamakan kedudukan. Kerja sama Nasri dan David Silva, terus membuat bek Liverpool keteteran. Sebuah tendangan yang dilancarkan Silva dari sudut sempit, membentur Johnson sehingga arah bola tak mampu dibendung Mignolet.

Memasuki menit 70, tempo pertandingan berjalan semakin cepat. Tekanan dari masing-masing tim mampu mendekati kotak penalti. Tak jarang membuat adrenalin terpacu, tapi belum ada yang mampu mengubah keadaan.

City terus menggempur. Sebuah skema serangan balik berjalan dengan baik. Menit 75, Aguero yang menggiring bola dari kiri, dengan cepat mendekati kotak penalti Liverpool. Melihat Silva berdiri tanpa kawalan, pemain asal Argentina ini pun mengirim umpan, tapi lagi-lagi Silva belum mampu menjangkau bola dengan baik.

Kesalahan Kompany membuang bola di menit 79, harus dibayar mahal. Karena bola yang hendak dibuangnya dari kotak penalti City, justru mendarat tepat di kaki Coutinho. Tanpa pikir panjang, eks Inter Milan ini pun menembak dan mengubah keadaan menjadi 3-2.

Demichelis bisa menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di menit 82, andai saja tandukannya memanfaatkan sebuah sepakan pojok, tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh Mignolet.

Masuk lima menit babak perpanjangan waktu, Liverpool harus bermain dengan 10 pemain menyusul kartu merah yang diterima Jordan Henderson pada menit ke-90+2’. Beruntung bagi Liverpool mereka tetap mampu mempertahankan keunggulan 3-2 hingga laga berakhir.

Susunan Pemain:
Liverpool: Mignolet, Johnson, Skrtel, Sakho, Flanagan, Gerrard, Henderson, Coutinho, terling, Suárez, Sturridge/Allen

Man. City: Hart, Kompany, Demichelis, Clichy, Zabaleta, Nasri, David Silva, Toure/Garcia, Jesús Navas/Milner, Fernandinho, Dzeko/Aguero