Home / Liga Champions / Atletico Madrid kandaskan Barcelona di Perempat Final

Atletico Madrid kandaskan Barcelona di Perempat Final

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Atletico Madrid mampu memastikan satu tiket semifinal Liga Champions, setelah mengalahkan Barcelona dengan gol tipis 1-0. Los Rojiblancos lolos, setelah unggul agregat 2-1. Gol semata wayang di pertandingan ini diciptakan oleh Koke Resurreccion di awal pertandingan.

Atas hasil ini, anak-anak asuh Diego Simeone sekali lagi membuktikan kapasitas timnya musim ini sebagai tim kuda hitam Liga Champions yang bermain kolektif. Kemenangan terasa spesial, karena pada pertandingan ini, Ariete andalan tim, Diego Costa tidak bermain akibat hamstring.

Sementara untuk Barcelona, peluang tim meraih gelar hanya tersisa di final Copa Del Rey melawan Real Madrid dan La Liga. Kekalahan semakin bertambah parah, karena Xavi Hernandez dkk tak mampu membukukan satu gol pun ke gawang Atletico yang bermain rapat dan disiplin pada pertandingan ini. Sosok Neymar dan Lionel Messi yang diandalkan tim, juga tak dapat menembus rapatnya pertahanan Los Colchoneros.

Babak Pertama

Sejak pertandingan dimulai, tim tamu Barcelona langsung mengambil alih penguasaan bola. Namun justru Los Rojiblancos yang mampu membuka keunggulan di menit keenam. Adalah Koke Resurreccion yang mencetak gol, setelah memanfaatkan bola sundulan Adrian. 1-0 Atletico memimpin di Vicente Calderon.

Lagi, pertahanan Azulgrana diuji pada babak pertama ini. Menit 11, hampir saja eks Ariete Barcelona, David Villa mencetak gol setelah mendapatkan umpan Koke. Beruntung tendangannya masih menerpa mistar gawang Jose Manuel Pinto.

Pertandingan benar-benar berjalan seru, baru saja tendangan Villa menerpa mistar gawang. Dua menit berselang kesempatan dimiliki mega bintang Barcelona, Lionel Messi saat berhasil melepaskan diri dari barisan pertahanan Atletico dan menyundul bola. Sayang, bola masih melebar dari penjaga gawang Thibaut Courtois.

Villa! Lagi, bomber asal Spanyol ini mengancam pertahanan mantan timnya. Berhasil melakukan tendangan dengan baik, bola kembali menerpa mistar gawang di menit 20. Kembali gawang Barcelona terselamatkan oleh mistar gawang.

Messi kembali gagal memanfaatkan peluang yang didapatnya di menit 23. Aksi individual Neymar di sisi kanan pertahanan Los Colchoneros, dilanjutkan dengan umpan terukur kepada Messi yang gagal menceploskan bola ke gawang Atletico.

Waktu memasuki angka 30. Pertahanan Atletico Madrid yang digalang Diego Godin, masih kokoh dan sulit dilewati Xavi Hernandez dkk. Permainan berjalan seimbang, saat Atletico menerapkan serangan balik cepat.

Hingga habis babak pertama, skor tidak berubah dan tetap untuk keunggulan Atletico Madrid dengan skor 1-0.

Babak Kedua

Pertandingan kedua berjalan, tidak ada perubahan gaya bermain ditunjukkan kedua tim. Barcelona tetap menguasai penguasaan bola, sementara Atletico coba memanfaatkan celah pertahanan Azulgrana melalui serangan balik.

Masuknya Diego Ribas yang mencetak satu gol Atletico di leg pertama yang dimainkan di Nou Camp, semakin membuat serangan balik Los Rojiblancos berbahaya. Hampir saja eks pemain Juventus dan Werder Bremen ini meruntuhkan harapan Barcelona di menit 64 melalui lesakkannya. Beruntung tendangannya masih dapat ditepis Pinto.

Serangan balik Atletico benar-benar menjadi momok pertahanan Barcelona pada pertandingan ini. Gabi yang sejak babak pertama banyak berdiri di depan garis pertahanan, ikut membantu serangan balik dan langsung berlari menusuk kotak penalti Azulgrana. Berhadapan satu lawan satu dengan Pinto, Gabi gagal mencetak gol karena bola mampu ditepis Pinto dengan baik di menit 70 ini.

Neymar! Hampir saja pemain asal Brasil ini menyamakan kedudukan di menit 77. Menyambut bola yang datang padanya, Neymar melewati pengawalan Miranda dan mampu menyundul bola. Sayang, bola tidak menemui sasaran dan hanya melebar di sisi gawang Courtois.

Tiga menit pertandingan tersisa, gemuruh publik Vicente Calderon semakin sontak terdengar kencang. Skor masih tidak berubah, 1-0 untuk keunggulan Atletico.

Pinto! Ya, kembali penjaga gawang yang menggantikan Victor Valdes ini tampil gemilang dalam menepis bola. Peluang Cristian Rodriguez yang masuk menggantikan David Villa di menit 79, berhasil ditepis dengan baik olehnya.

Peluit panjang dibunyikan wasit Howard Webb dan Atletico Madrid melaju ke semifinal! Vicente Calderon sekali lagi terbukti angker untuk Barcelona yang baru memenangkan 33 pertandingan dari total 107 pertandingan yang dimainkan. Gabi dkk hingga saat ini memenangkan 51 kemenangan, sementara 23 pertandingan lainnya berakhir imbang

Susunan Pemain:

Atletico Madrid: Thibaut Courtois, Miranda, Juanfran, Filipe Luis, Diego Godin, Tiago, Gabi, Raul Garcia, Koke, Adrian (Diego Ribas 61’), David Villa (Cristian Rodriguez 79’)

Barcelona: Jose Manuel Pinto, Daniel Alves, Marc Bartra, Javier Mascherano, Jordi Alba, Sergio Busquets, Xavi Hernandez, Andres Iniesta (Pedro Rodriguez 72’), Cesc Fabregas (Alexis Sanchez 60’), Neymar, Lionel Messi