Home / Liga Champions / Kalah 2 Gol dari Dortmund, Madrid tetap lolos ke Semifinal

Kalah 2 Gol dari Dortmund, Madrid tetap lolos ke Semifinal

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Real Madrid selangkah lebih dekat dari target La Décima. Tiket ke semifinal sudah berada di genggaman kendati harus keok 0-2 dari Borussia Dortmund pada leg kedua babak 8 besar Liga Champions dini hari tadi. Madrid tetap lolos berbekal agregat 3-2.

Kepastian langkah mereka usai unggul agregat 3-0 dari leg pertama, sempat terancam lantaran Dortmund sudah unggul dua gol tanpa balas di 45 menit pertama, hingga membuka asa Dortmund untuk mengejar dan membalikkan agregat.

Beruntung buat Madrid yang bermain tanpa sang megabintang Cristiano Ronaldo lantaran cedera. Tak ada gol tambahan dari Dortmund di paruh kedua, sehingga Madrid tetap lolos dengan agregat 3-2 untuk terus mendekatkan diri pada target raihan gelar Liga Champions ke-10.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Real Madrid tampil kurang menggigit, tak seperti pada pertemuan pertama di Santiago Bernabéu pekan lalu. Sepanjang 15 menit pertama, nyaris tak ada peluang tercipta. Baru di menit ke-17, Madrid punya kans bersih untuk memimpin via titik putih.

Lukasz Piszczek didakwa wasit Damir Skomina asal Slovenia atas pelanggaran handball di kotak terlarang. Tapi nahas! Ángel di María yang dipercaya jadi algojo, malah gagal melakoni tugasnya. Eksekusi mendatarnya dimentahkan dengan apik oleh Roman Weidenfeller.

Dua menit berselang, Dortmund balik menyengat. Lewat Marco Reus yang “menari-nari” di antara bek Madrid, passing pendek sempat dilepaskan untuk diteruskan Henrikh Mkhitaryan. Namun finishing-nya di muka gawang malah tipis melenceng dari tiang kanan gawang Iker Casillas.

Reus! Memijak menit ke-24, Dortmund membuka keunggulan. Reus mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan blunder. Head-pass Pepe Ferreira yang sedianya untuk diamankan Casillas, mengalir tanggung dan dicuri Reus. Usai memperdaya San Iker, tanpa keraguan Reus menyangkutkan bola ke jaring gawang El Real. Skor, Dortmund 1-0 Madrid (Agg. 1-3).

Reus kembali jadi nama yang dipuja-puja dalam senandung euforia fans Dortmund di menit ke-38. Memaksimalkan bola rebound Robert Lewandowski yang membentur tiang, Reus menghantam lagi jala gawang Casillas untuk yang kedua kalinya. Dortmund memimpin 2-0 (Agg. 2-3)! Keunggulan Dortmund terjaga sampai paruh pertama berakhir.

Babak Kedua
Los Blancos coba tampil lebih baik di interval kedua. Menit ke-51, Gareth Bale punya kans mencuri gol tandang. Namun upayanya dari sudut sempit saat sudah berhadapan dengan Weidenfeller, mampu diblok torwart (kiper) Dortmund itu.

Kesempatan bagus lainnya dikoleksi Karim Benzema pada menit ke-62, meneruskan umpan Luka Modric. Sesaat setelah mengelabui Weidenfeller yang keluar dari sarangnya, Benzema terlambat mengonversi peluangnya terhadap gawang yang kosong. Bola ‘keburu’ dicuri Mats Hummels.

Die Borussen juga tak kalah mengancam. Sialnya asa mereka untuk menyamakan agregat harus “ditolak” tiang gawang empat menit berselang. Penyelesaian Mkhitaryan dari sudut sempit yang sedianya sudah membuat Casillas mati langkah, malah mentok tiang gawang!

Jika bukan Casillas yang dipercaya entrenador Carlo Ancelotti, mungkin gawang Madrid sudah kecolongan tiga gol via peluang Dortmund di menit ke-70 dan semenit setelahnya. Dua kans Mkhitaryan itu sanggup diselamatkan Casillas dengan dua aksi heroiknya.

Los Galacticos belum menyerah untuk setidaknya mendulang sebiji gol away, guna memastikan langkah mereka ke babak empat besar. Memasuki menit 81, Benzema punya ruang terbuka untuk menargetkan tembakannya. Namun Weidenfeller masih sigap berjibaku menetralisir gawangnya.

Sampai peluit panjang berbunyi tanda laga bubar, tak ada lagi peluang berarti ataupun gol tercipta, baik untuk Die Schwarzgelben maupun tim tamu. Madrid pun melenggang dengan agregat 3-2, namun setidaknya Dortmund tersingkir dengan kepala tegak dengan kemenangan 2-0 di hadapan publik Westfalenstadion.

Susunan Pemain
Borussia Dortmund: Romain Weidenfeller, Manuel Friedrich, Oliver Kirch, Mats Hummels, Lukasz Piszczek/Pierre-Emerick Aubameyang (81’), Erik Durm, Henrikh Mkhitaryan, Marco Reus, Kevin Grosskreutz, Miloš Jojic, Robert Lewandowski.

Real Madrid: Iker Casillas, Sergio Ramos, Pepe Ferreira, Fábio Coentrão, Daniel Carvajal, Xabi Alonso, Luka Modric, Gareth Bale, Ángel di María/Henrique Casemiro (73’), Asier Illarramendi/Isco Suárez (46’), Karim Benzema/Raphaël Varane (90+2’).