Home / Liga Italia / Gol Honda bawa Milan atasi Genoa

Gol Honda bawa Milan atasi Genoa

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Meneruskan penampilan gemilang, AC Milan mendulang kemenangan ketiga berturut-turut. Menyatroni markas Genoa, Milan mencuri tiga poin via kemenangan tipis, 2-1 pada giornata ke-32 Serie A, dini hari tadi.

Diagram performa Rossoneri terus menanjak akhir-akhir ini. Setelah mengklaim kemenangan 2-0 atas Fiorentina dan 3-0 dari Chievo Verona di dua laga terakhir, tim besutan Clarence Seedorf ini menorehkan kemenangan ketiga beruntunnya.

Dua gol Milan ke gawang Genoa, mencatatkan nama dua rekrutan anyar, Adel Taarabt di paruh pertama dan Keisuke Honda di 45 menit kedua. Gol kedua Milan juga jadi catatan gol perdana Honda untuk Milan sejak dibeli dari CSKA Moksva Januari silam. Sementara sebiji gol penghibur Genoa ditorehkan Marco Motta.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Paruh pertama cenderung berjalan monoton sejak kick-off digulirkan, walau sempat terjadi situasi berbahaya di pertahanan Milan pada menit kedelapan. Ioannis Fetfatzidis yang coba mengejar bola liar, terlambat mengonversi peluangnya dan lebih dulu disapu Philippe Mexès.

Namun menit ke-20 via serangan balik, Adel Taarabt mengejutkan publik Stadio Comunale Luigi Ferraris yang didominasi tifosi Genoa. Diawali akselerasi melewati hadangan Sebastian De Maio, Taarabt melepas tembakan ke sudut kanan gawang yang tak mampu dijangkau Mattia Perin. Kebuntuan pun pecah, 1-0 untuk Milan!

Genoa baru bisa menyengat balik di menit ke-37. Memanfaatkan situasi bola liar dari luar kotak penalti, Andrea Bertolacci mendentumkan tembakan voli mendatar. Namun Bertolacci mesti gigit jari lantaran arah bola masih tipis menyamping ke kiri gawang Christian Abbiati.

Semenit kemudian datang lagi ancaman tuan rumah. Mendapat through-pass dari sisi kiri pertahanan Milan, Marco Motta coba mengonversi kesempatannya dari sudut sempit. Tapi bola sepakannya hanya menggetarkan jaring luar gawang Milan. Motta pun ternyata sudah terjebak off-side.

Tuan rumah belum menyerah untuk menyamakan kedudukan sebelum babak pertama rampung. Di menit ke-41, Gila – sapaan Alberto Gilardino coba menanduk umpan silang. Sayang, arah bola tandukannya melenceng ke kanan sarang Milan. Skor 1-0 untuk Milan terjaga sampai paruh pertama bubar.

Babak Kedua
Tuan rumah meneruskan intensitas tekanannya di interval kedua, layaknya di akhir-akhir 45 menit pertama. Memijak menit ke-52, sebuah tembakan spekulatif Fetfatzidis mengharuskan Abbiati berjibaku. Namun bola kerasnya masih bisa ditinju keluar gawangnya.

Semenit kemudian, De Maio yang overlap membantu serangan mengoleksi peluang Rossoblù menyambut umpan tendangan bebas Bertolacci. Sial, arah bola tandukan De Maio masih melintas tipis di atas mistar gawang Abbiati.

Keisuke Honda! Untuk kedua kalinya, fans tuan rumah terdiam di menit ke-56. Honda menyarangkan debut golnya di Serie A, sekaligus memperlebar kedudukan, 2-0 usai meneruskan passing menjurus Taarabt.

Sempat melewati satu kawalan bek Genoa, Honda mencocor bola dan terjatuh ketika dihadang Perin. Namun bola terus meluncur ke gawang tuan rumah dan tak mampu diselamatkan Sculli yang coba mengejar.

Setelah serangkaian upaya, akhirnya tuan rumah mampu memperkecil kedudukan, 1-2 dari gol fantastis Motta di menit ke-74. Tembakan voli Motta sempat membentur mistar dan menyentuh punggung Abbiati secara tak sengaja dan menggulirkan bola masuk.

Abbiati! Jika bukan karena penampilan gemilang portiere veteran ini – terlepas dari gol Motta, Milan mungkin sudah harus melihat papan skor bergolak imbang, 2-2 di menit 75. Dari sebuah situasi kemelut, Bertolacci menyambar bola di depan gawang. Namun Abbiati dengan heroik mementahkan ancaman dari sarangnya.

Genoa masih gencar mencari gol penyeimbang jelang laga bubar. Namun tuan rumah tetap gagal melahirkan gol keduanya. Sampai arbitro (wasit) Luca Banti meniup peluit panjang, skor 2-1 untuk Milan bertahan.

Kendati begitu, tiga poin yang mereka comot dari kandang Genoa ini belum mampu satu langkah pun membuat Milan mendaki klasemen. Tim asal kota mode ini masih terpaku di urutan 11 dengan 45 poin – sama dengan Torino di peringkat 10 namun unggul selisih gol.

Susunan Pemain
Genoa: Mattia Perin, Nicolás Burdisso, Giovanni Marchese, Marco Motta, Luca Antonelli/Moussa Konaté (83’), Sebastian De Maio, Ioannis Fetfatzidis/Emanuele Calaiò (82’), Andrea Bertolacci, Stefano Sturaro, Alberto Gilardino, Giuseppe Sculli/Ricardo Centurión (69’).

AC Milan: Christian Abbiati, Daniele Bonera, Philippe Mexès, Adil Rami, Kévin Constant, Nigel de Jong, Riccardo Montolivo, Adel Taarabt/Valter Birsa (83’), Ricardo Kaká/Andrea Poli (88’), Giampaolo Pazzini/Mario Balotelli (74’), Keisuke Honda.