Home / Liga Champions / Schweinsteiger Buyarkan Kemenangan Man. United

Schweinsteiger Buyarkan Kemenangan Man. United

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Manchester United tampil tak seperti biasanya. Rapi dan disiplin menahan segala gempuran Bayern Munich. Namun meski deadlock sempat dipecahkan lebih dulu, tim tamu sukses memaksa hasil imbang, 1-1 sekaligus mencuri gol tandang di leg pertama perempatfinal Liga Champions.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Publik Old Trafford sempat bersorak kegirangan menyambut voli Danny Welbeck bersarang di gawang Manuel Neuer. Namun gol cepatnya di menit ketiga itu mesti dianulir wasit Carlos Velasco asal Spanyol, lantaran Welbeck didakwa melakukan pelanggaran lebih dulu terhadap Javi Martínez.

Memasuki menit ke-11, giliran Die Roten yang balik mengancam via crossing pendek Franck Ribéry yang coba dikonversi Rafinha de Souza. Namun, sontekan Rafinha di muka gawang Setan Merah malah melenceng!

Menit ke-29, peluang terjadi lagi yang kali ini dikoleksi Arjen Robben. Mendapat ruang tembak dari jarak 25 yard, Robben melepas tembakan placing kaki kirinya yang khas. Beruntung, David de Gea di bawah mistar masih sanggup berjibaku mementahkan bola.

Bayern nampak mulai frustrasi. Gempuran berbahaya berikutnya di menit ke-33 lagi-lagi kandas. Umpan silang David Alaba yang ditujukan untuk Thomas Müller di jantung pertahanan, lebih cepat disambar dan disapu bersih Skipper Nemanja Vidic.

Welbeck! Setelah gol cepatnya di menit ketiga dianulir, Welbeck mendapati peluang emas yang mestinya, 90 persen bisa berbuah gol di menit ke-36. Tapi sialnya, passing Wayne Rooney yang mengawali counter-attack United, gagal diselesaikan Welbeck yang sudah one-on-one dengan Neuer. Bola chip Welbeck diselamatkan dengan fantastis oleh Neuer.

Semenit waktu normal sebelum jeda, Antonio Valencia membalas ancaman dengan tembakannya dari luar kotak penalti. Tapi bola tendangannya sempat deflected dan melintas tipis di atas mistar gawang. Skor kacamata alias 0-0 tetap terjaga sampai paruh pertama usai.

Babak Kedua
Dua menit bergulirnya kick-off interval kedua, Bayern sudah membunyikan alarm berbahaya di pertahanan United. Bastian “Schweini” Schweinsteiger yang berada di sudut sempit kotak penalti, coba melakukan finishing. Namun lantaran diganggu Michael Carrick, arah bola tembakan Schweinsteiger hanya menggetarkan jaring gawang luar De Gea.

Menit ke-52, giliran The Red Devils yang balik mengancam, lagi-lagi dari serangan balik yang digalang Wayne Rooney bersama Shinji Kagawa yang masuk menggantikan Ryan Gigg saat jeda. Namun Neuer lebih cepat keluar dari sarangnya untuk melakukan clearance lebih dulu.

Vidic memecah deadlock! Dibidani umpan sepak pojok Rooney, Vidic yang overlap membantu serangan, tak terkawal untuk kemudian menyangkutkan bola ke jaring gawang Neuer dengan tandukan berkelas pada menit ke-58. 1-0 untuk United!

Namun keunggulan tuan rumah tak bertahan lama. Menit ke-66, Bayern membalas. Melalui crossing Rafinha yang lebih dulu di sundul Mario Mandzukic ke arah Schweini, konversi first-time Schweini di muka gawang gagal diselamatkan De Gea. Stand, 1-1 untuk kedua tim.

Robben belum lelah mencoba peruntungannya dari placing ciri khasnya di menit ke-69. Namun upayanya kembali kandas setelah arah bola sepakannya dari jarak 22 yard, masih menyamping dari gawang United.

Menit ke-76, Robben punya kans lagi untuk membalikkan kedudukan. Tapi nahasnya, penyelesaian Robben yang menyambar umpan dari sisi sayap, harus berakhir tipis melewati sisi kanan tiang gawang De Gea.

Upaya United, termasuk diturunkannya tambahan penggedor, Javier “Chicharito” Hernández oleh gaffer David Moyes, berujung gagal. Padahal FC Hollywood sempat harus beramin dengan 10 orang lantaran Schweini, mendapat kartu kuning kedua dari wasit pada menit ke-90.

Bayern yang dominan menguasai bola, tetap mampu menjaga skor imbang 1-1 sampai laga bubar. Meski gagal menang, setidaknya Bayern mengklaim sebiji gol tandang, sebagai keuntungan agregat sebelum balik menjamu United pada leg kedua di Allianz Arena, 10 April mendatang.

Susunan Pemain
Manchester United: David de Gea, Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Alexander Büttner/Ashley Young (74’), Phil Jones, Michael Carrick, Antonio Valencia, Ryan Giggs/Shinji Kagawa (46’), Marouane Fellaini, Wayne Rooney, Danny Welbeck/Javier Hernández (85’).

Bayern Munich: Manuel Neuer, Philipp Lahm, Rafinha de Souza, Jérôme Boateng, David Alaba, Arjen Robben, Bastian Schweinsteiger, Franck Ribéry, Javi Martínez, Toni Kroos/Mario Götze (74’), Thomas Müller/Mario Mandzukic (63’).