Home / Berita Bola / Piala Eropa / Belanda Berusaha Bangkit

Belanda Berusaha Bangkit

Sejak menempati posisi ketiga di Piala Dunia tahun 2014, Belanda baru meraih 2 kemenangan. Mereka berusaha bangkit ketika menghadapi Turki di kualifikasi Piala Eropa 2016, Sabtu (28/3/2015). Sejak meraih kemenangan 3-0 atas Brasil di perebutan tempat ketiga, Belanda meraih dua kemenangan dan empat kekalahan dalam empat laga kualifikasi Piala Eropa dan dua laga persahabatan. Imbasnya, posisi Oranje di Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2016 kini tertinggal dari Republik Ceko beserta Islandia.

Belanda kini mengoleksi 6 poin, tertinggal tiga angka dari Islandia, dan 6 angka di belakang Republik Ceko. Akhir pekan ini, tim besutan Guus Hiddink tersebut bakal menghadapi Turki di Amsterdam Arena di akhir pekan. Turki sendiri sedang lesu. Dari lima laga internasional, tim arahan Fatih Terim tersebut hanya menang satu kali. Namun, Belanda bukannya tanpa masalah. Mereka tidak ingin diperkuat oleh Arjen Robben yang mengalami cedera ketika bermain bersama Bayern Munich pada akhir pekan lalu.

Sebagai ganti, Quincy Promes dipanggil masuk skuat. Sama seperti Robben, Promes juga bisa bermain sebagai gelandang serang sebelah kanan atau penyerang sayap sebelah kanan. Dalam catatan WhoScored, Promes (23 tahun) juga sering melakukan cutting inside dan melepaskan operan-operan pendek. Selain Promes, Hiddink juga memanggil Bas Dost masuk dalam skuat. Dost belum pernah sekali pun bermain dalam kostum orange Belanda. Namun, performanya bersama VfL Wolfsburg musim ini membuatnya mungkin untuk meraih caps pertama. Dost sudah bermain 14 kali di Bundesliga dan mencetak sebanyak 13 gol. Selain Dost, Hiddink juga memanggil Klaas-Jan Huntelaar dan Luuk De Jong di depan. Di antara ketiganya, hanya De Jong yang bermain di Eredivisie.

Buruknya performa tim-tim Eredivisie di kancah kompetisi Eropa musim ini, membikin Hiddink khawatir. Tim Belanda terakhir yang bertahan di kompetisi antarklub Eropa adalah Ajax Amsterdam. tetapi, Ajax pun sudah disingkirkan Dnipro Dnipropetrovsk di babak perdelapanfinal Liga Europa. Dalam skuat yang dipanggil sekarang ini, dari 24 nama, 12 di antaranya bermain di klub luar Belanda. maksudnya, setengah dari skuat menimba pengalaman di liga lain.