Home / Timnas / Timnas U-23 Menang Telak Atas Sri Lanka

Timnas U-23 Menang Telak Atas Sri Lanka

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Timnas U-23 masih terlalu tangguh untuk Sri Lanka U-23 pada pertandingan malam ini. Kemenangan 5-0 menjadi bukti ketangguhan Garuda Muda pada pertandingan yang dilangsungkan di Stadium Manahan Solo ini.

Jalannya Pertandingan

Aji Santoso menerapkan formasi 4-2-3-1 pada pertandingan malam ini, mengkombinasikan punggawa lama era Rahmad Darmawan dengan punggawa baru seperti Dany Saputra, Novri Setiawan dll. Tim mampu memberikan tekanan kepada Sri Lanka sejak pertandingan dimulai

Aldaer! Ya, juru gedor Persisam Putra Samarinda ini membuka keunggulan untuk Garuda Muda di menit ke-5. Berawal dari tendangan Novri Setiawan yang mampu diblok barisan bertahan Sri Lanka, Aldaer langsung menendang bola dari luar kotak penalti, terdefleksi dan melewati penjaga gawang Sri Lanka, Sujau Perera. 1-0 Timnas U-23 unggul.

Kembali Garuda Muda unggul, ya pertandingan belum genap 20 menit. Indonesia kembali menjauhkan diri melalui gol Fandi Eko Utomo, bermain apik dan membangun serangan dengan memainkan bola-bola pendek. Umpan terukur Ramdani Lestaluhu, mampu dikonversikan dengan baik oleh Fandi Eko. 2-0 Garuda Muda menggandakan keunggulan.

Hingga 22 menit berjalan, skuad Sampath Pereira belum mampu membangun serangan dengan baik dan banyak kandas ditengah lapangan. Tepat seperti apa yang dikatakan Pereira sebelumnya, bahwa timnya masih minim pengalaman dengan sejumlah punggawanya yang masih sangat muda, dengan mayoritas umur 21 tahun.

Pergerakan Novri-Aldaer benar-benar merepotkan barisan pertahanan Sri Lanka pada babak pertama ini. Kembali, Aldaer membukukan gol keduanya pada menit 25, mengawali serangan melalui Novri yang melakukan akselerasi di sisi kiri pertahanan Sri Lanka.

Novri memberi umpan ke kotak penalti, para pemain bertahan Sri Lanka yang panik tak mampu membuang bola dengan baik dan dikonversi menjadi gol dengan baik oleh Aldair. 3-0 untuk Timnas U-23.

Hattrick! Aldaer benar-benar bermain bebas melawan Sri Lanka, tidak mendapat pengawalan ketat. Bomber berusia 21 tahun ini menunjukkan kemampuan individunya, mengelabui lawan dan menempatkan bola di sudut kiri gawang Sri Lanka. 4-0, Indonesia tidak mendapatkan perlawanan berarti dari Sri Lanka.

Ramdani tak mau kalah dalam urusan mencetak gol dan kembali menambah penderitaan Sri Lanka. Mendapatkan umpan dari Fandi Eko yang menusuk kedalam kotak penalti Sri Lanka, Fandi memberikan bola kepada Ramdani yang tanpa ampun mencatatkan namanya sebagai pencetak gol. 5-0 Garuda Muda menutup babak pertama dengan baik.

Babak kedua, Sri Lanka bermain lebih baik dalam mengorganisir barisan pertahanan sehingga tak mudah ditembus Dedi Kusnandar dkk. Meski begitu, Garuda Muda masih mampu mengancam dan lagi, Aldaer bermain gemilang pada pertandingan ini dalam mengutak-atik pertahanan Sri Lanka.

Hampir saja di menit 56, Aldaer mencatatkan gol keempatnya. Namun Perera yang tak melakukan banyak penyelamatan di babak pertama, tampil sigap dan mengamankan bola ke dalam pelukannya.

Syakir Sulaiman yang masuk menggantikan Fandi Eko, hampir saja mencetak gol spektakuler di menit 67. Melihat barisan bertahan Sri Lanka yang menumpuk, Syakir berspekulasi dan sayang bola melebar dari gawang Sri Lanka.

Berjalan hingga menit 75, skor tidak berubah untuk keunggulan Garuda Muda. Perubahan komposisi pemain oleh Aji Santoso dan membaiknya pertahanan Sri Lanka, membuat skor 5-0 tetap bertahan.

Tanpa Bayu Gatra yang dipanggil masuk Timnas senior oleh Alfred Riedl, Timnas U-23 masih memiliki Novri Setiawan. Ya, hingga menit 89, pemain Persebaya Surabaya ini tanpa kenal lelah menyisir dan mengutak-atik pertahanan Sri Lanka.

Di penghujung pertandingan, tampak terlihat kelemahan yang acapkali merundung Timnas U-23 maupun senior. Ya, stamina tim mulai menurun akibat bermain dinamis di babak pertama, sehingga ada beberapa kesempatan menyerang yang mampu dibangun Sri Lanka. Meski begitu, apresiasi untuk anah asuh Aji Santoso yang mampu menyudahi pertandingan dengan skor 5-0 yang terus bertahan hingga habis pertandingan.

Susunan Pemain:

Timnas U-23: Teguh Amiruddin, A. Tuasalamony (C), M. Zaenuri, M. Syaifuddin, Dani Saputra, Novri Setiawan, Rasyid Bakri (Loudry Setiawan 50’), Dedi Kusnandar, Ramdani Lestaluhu (Ridho Nurcahyo 55’), Fandi Eko (Syakir Sulaiman 50’), Aldaer Makatindu

Sri Lanka U-23: Sujau Perera (C), Charles, Eranda P., Sameer, Hakeem, Chandrarathe, Sanjeewa (Chameera 33’), S. Kumara, Rathnayake, Ishan, M. Kaseem (Sarwan 29’)