Home / Liga Italia / Napoli Hentikan Rekor Kemenangan Juventus

Napoli Hentikan Rekor Kemenangan Juventus

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Keangkeran San Paolo sepertinya tidak hanya sekedar julukan untuk Napoli. Ya, Juventus harus mengakui keunggulan tuan rumah dalam lanjutan Serie A Giornata ke-31, dengan skor 2-0. Kekalahan yang menghentikan 22 rekor tak terkalahkan Nyonya Tua di Serie A musim ini, setelah terakhir Fiorentina mengalahkan Juventus dengan skor 4-2 (20/10/2013).

Atas hasil ini, Juventus masih tetap berada di puncak klasemen dengan 81 poin dan berselisih sebelas poin dengan Roma yang ada di peringkat dua, setelah sebelumnya memenangkan pertandingan melawan Sassuolo. Untuk Napoli, tim tetap menjaga jarak dengan peringkat dua yang merupakan zona langsung Liga Champion.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain tanpa Carlos Tevez, Allenatore Bianconeri, Antonio Conte memainkan duet penyerang Fernando Llorente – Pablo Osvaldo. Sementara Rafael Benitez, tetap mengandalkan Gonzalo Higuain sebagai ujung tombak tim, dengan ditopang tiga gelandang serang, Callejon, Marek Hamsik dan Lorenzo Insigne.

Bermain di hadapan puluhan ribu suporter yang memadati San Paolo. Napoli memulai pertandingan dengan baik dan mengurung Juventus di lima menit pertama. Satu menit berselang, Callejon berhasil membuat Gianluigi Buffon melakukan penyelamatan gemilang.

Berada tepat di depan gawang Juventus, tendangan Callejon masih dapat dihalau Buffon untuk tendangan sudut. Dari tendangan sudut, Hamsik berhasil melesakkan gol! Sayang, gol tersebut dianulir wasit, karena pemain berpaspor Slovakia tersebut offside.

Menit sembilan, lagi Partenopei menekan Nyonya Tua. Manuver Henrique di sisi kiri pertahanan Juventus, terus berlanjut hingga memasuki kotak penalti. Memberi bola kepada Hamsik yang langsung melakukan tendangan, dan lagi Buffon membuktikan kelasnya, saat terbang menghalau bola tendangan Hamsik. Skor masih 0-0, pertandingan berjalan alot.

Juventus baru mendapatkan peluang di menit 25. Berawal dari pergerakan Osvaldo di kotak penalti Napoli, bola berhasil lepas dari kaki Osvaldo, dan menuju kaki Stephan Lichtsteiner yang langsung melakukan tendangan. Namun bola tepat mengarah ke pelukan Pepe Reina.

Buffon! Ya, penjaga gawang Italia ini kembali membuat skor tetap 0-0 di menit 29. Serangan balik I Ciucciarelli melalui Insigne yang mengirim bola ke sisi kiri pertahanan Juventus. Disambut Callejon yang berlari dari lini kedua dan melakukan tendangan jarak jauh, Buffon pun menjatuhkan diri untuk mengamankan bola.

Serangan beruntun yang dilakukan Hamsik dkk akhirnya membuahkan hasil di menit 36. Adalah Callejon yang menyambut umpan Insigne dengan baik, mendahului Buffon dan Asamoah yang menjaganya. San Paolo bergemuruh! 1-0 untuk tuan rumah.

Osvaldo! Hampir saja ia menyamakan kedudukan dengan cara yang spektakuler. Melakukan salto, bola hanya melebar dari gawang Napoli di menit 43. Setelahnya, tidak ada lagi gol yang tercipta hingga wasit Daniele Orsato meniupkan peluit tanda habisnya babak pertama. Sang pemuncak klasemen, untuk sementara tertinggal 1-0 oleh Napoli

Babak Kedua

I Bianconeri keluar menyerang di babak kedua ini dan pertandingan berjalan dengan intensitas tinggi yang ditunjukkan kedua klub. Menit 52, Mauricio Isla masuk menggantikan Kwadro Asamoah yang tidak bermain baik malam ini. Masuknya Isla, menggeser posisi Lichtsteiner ke sebelah kiri, sekaligus menjaga pergerakan Callejon.

Lagi, Buffon menggagalkan peluang Napoli. Berawal dari tendangan bebas, bola diambil Faouzi Ghoulam berhasil melewati pagar betis Juventus menuju kiri gawang. Namun, Buffon menepisnya untuk tendangan sudut.

Mirko Vucinic hampir saja menjadi super-sub di babak kedua ini. Masuk di menit 68 menggantikan Osvaldo, eks pemain AS Roma ini berspekulasi menempatkan bola di kiri gawang Reina. Sayang, tidak menemui target tendangannya dan hanya melebar.

Hamsik berhasil melewati jebakan offside pemain Juventus di menit 77 dan mampu melesakkan tendangan. Kembali, Buffon sigap mengamankan gawang dan menangkap bola yang datang.

Dries Mertens! Julukan super-sub pantas disematkan pada dirinya, setelah menambah keunggulan Napoli di menit 81. Masuk menggantikan kapten Hamsik, winger asal Belgia tersebut mampu memanfaatkan serangan balik dengan baik dan membuat Buffon terdiam dengan golnya. 2-0 Partenopei menambah keunggulan dan bertahan hingga habis pertandingan.

Susunan Pemain:

Napoli: Pepe Reina, Henrique, Federico Fernandez, Raul Albiol, Faouzi Ghoulam, Gokhan Inler, Jorginho, Lorenzo Insigne, Marek Hamsik (Dries Mertens 78’), Jose Callejon (Blerim Dzemaili 88’), Gonzalo Higuain (Goran Pandev 72’)

Juventus: Gianluigi Buffon, Martin Caceres, Leandro Bonucci, Giorgio Chiellini, Stephan Lichtsteiner, Arturo Vidal, Andrea Pirlo, Paul Pogba (Claudio Marchisio 60’), Kwadro Asamoah (Mauricio Isla 52’), Pablo Osvaldo (Mirko Vucinic 68’), Fernando Llorente