Home / Liga Europa / Pirlo antar Juve ke Perempat Final

Pirlo antar Juve ke Perempat Final

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Juventus akhirnya mampu melewati babak perdelapanfinal setelah mengalahkan Fiorentina di Artemio Franchi, Jumat dini hari dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal La Vecchia Signora dicetak Andrea Pirlo dari sepakan tendangan bebas di menit 70. Juventus berhak melaju ke babak perempatfinal dengan kemenangan agregat 2-1.

Berikut Jalannya Pertandingan:

Permainan terbuka jelas terlihat sejak peluit tanda kick-off babak pertama dibunyikan. Kedua tim langsung tancap gas demi membuka keunggulan.

Baru memasuki menit ketiga, tuan rumah sudah membuat gawang Buffon terancam. Memanfaatkan sebuah umpan terobosan, Gomez mampu menginversi bola dengan sebuah tembakan kaki kanan dari kotak penalti Juve, tapi bola masih melebar.

Dua menit berselang, Juventus coba merespon. Vidal yang menguasai bola di sisi kanan Fiorentina, memberikan umpan tarik yang ditujukan pada Llorente. Bola dijangkau eks pemain Athletico Bilbao ini dengan sebuah tandukan. Tapi bola belum menemui sasaran.

Tensi terus memanas. Jual beli serangan menjadi sajian utama dalam match di leg kedua ini. Dari sisi kanan, Tevez mencoba melakukan penetrasi wilayah pertahanan Fiorentina, mendapat kawalan dari dua pemain lawan, eks Manchester City ini tetap bisa melepaskan umpan tarik, sayang membentur bek lawan. Usaha di menit 18 ini pun kandas.

Bermain sebagai tim tamu, tak membuat Pirlo dkk ciut. Peluang justru lebih didapat Juventus. Kini giliran Pogba mengancam gawang Neto dengan tandukan memanfaatkan umpan Isla di menit 24. Dengan sigap, Neto mampu mengamankan bola.

Tak lama, Si Ungu mencoba membuka skor. Dari sebuah sepak pojok, Pizzaro mendapat bola liar di tengah kotak penalti Juve dan melepaskan sepakan spekulasi, tapi percobaan ini belum berhasil mengubah keadaan papan skor karena masih melebar.

Pogba rupanya masih penasaran. Setengah jam jalannya laga, pemain asal Prancis ini kembali berusaha mengoyak jala gawang Neto dengan sepakan dari luar kotak penalti, sayang masih terlalu lemah.

Di lima menit jelang laga usai, Fiorentina terus mengancam wilayah pertahanan Juve. Kesalahan Bonucci dalam membuang bola di kotak penalti, mampu disambar dengan baik oleh Ilicic yang lantas melepaskan tendangan keras. Tapi lagi-lagi bola hanya melambung. Skor kacamata bertahan hingga babak pertama usai.

Masuk ke babak kedua, Fiorentina lebih dulu mendapat peluang pertama di menit 51, lewat tendangan bebas yang dieksekusi Borja Valero dari jarak 20 meter setelah dilanggarnya Cuadrado oleh Vidal. Bola sukses melewari pagar betis, tapi mampu ditangkap Buffon

Berbeda dengan babak pertama, hingga menit 60 jalannya laga, tempo terlihat mengendur. Guna meningkatkan permainan, Montella menarik keluar Gomez dengan memainkan Matri, yang notabene eks pemain Juventus di menit 62.

Kemelut terjadi di kotak penalti Neto di menit 66. Llorente dijatuhkan bek Fiorentina, tapi bola masih mampu disambar Tevez dan melancarkan sepakan ka arah gawang. Namun bola jatuh tepat di pelukan Neto.

Petaka bagi tim tuan rumah. Menit 70, kapten mereka, Rodriguez harus diusir keluar lapangan setelah menekel Llorente di dekat kotak penalti dan membuatnya mendapat kartu kuning kedua. Tendangan bebas pun diberikan wasit, Howard Webb untuk juve.

Mendapat kesempatan ini, Pirlo tak menyianyiakannya. Memiliki service dari set-piece yang brillian, pemain gaek ini sukses menjebol gawang Neto dari eksekusi tendangan bebas dengan mengarahkan bola ke tiang jauh. Juve unggul, 1-0.

Aquilani! Nyaris saja membuat kedudukan berimbang di menit 85 andai saja tendangan jarak jauhnya dari luar kotak penalti memanfaatkan kesalahan Vidal dalam mengontrol bola, tak mampu diamankan Buffon.

Memanfaatkan sisa-sisa tenaga yang ada, Juventus terus mencoba menggandakan skor hingga menit 90. Membawa bola sendiri di sisi kanan, Osvaldo memberikan umpan crossing kepada Vidal yang berdiri tak terkawal. Bola pun mampu disundul olehnya, tapi bola masih enggan menyentuh jala gawang Neto. Sampai Webb meniupkan peluit panjang, skor tetap 1-0.

Susunan Pemain:

FIORENTINA: Neto, Rodriguez, Tomovic, Savic, Pizzaro/Ambrossini, Aquilani, Borja Valero, Vargas, Cuadrado, Ilicic/Roncaglia, Gomez/Matri

JUVENTUS: Buffon, Bonucci, Chiellini, Caceres, Pirlo, Vidal, Isla/Lichsteiner, Asamoah, Pogba, Tevez, Llorente/Osvaldo