Home / Liga Champions / Hattrick Van Persie antarkan Setan Merah Ke 8 Besar

Hattrick Van Persie antarkan Setan Merah Ke 8 Besar

SoccerGo!, Berita Sepak Bola – Robin van Persie menciptakan keajaiban bagi Manchester United di Teater Impian. Gelontoran tiga golnya ke gawang Olympiakos membawa Setan Merah menang 3-0 dan lolos ke babak perempatfinal dengan agregat 3-2.

Butuh tiga gol untuk membalikkan keadaan menyusul kekalahan 0-2 di leg pertama, United langsung tancap gas di Old Trafford, Kamis (20/3/2014) dini hari WIB. Permainan ofensif dengan pressure ketat langsung diperagakan United yang tampil dengan tiga penyerangnya, Danny Welbeck, Wayne Rooney dan Robin van Persie.

Peluang pertama langsung didapat United pada menit keenam lewat tendangan bebas yang dieksekusi Wayne Rooney. Sayang, arah eksekusinya kurang mengarah ke pojok sehingga bisa dimentahkan kiper Olympiakos, Roberto.

Olympiakos bukan tanpa perlawanan. Di 15 menit pertama ini, skuad besutan Michel mampu memberikan ancaman. Salah satunya lewat aksi Joel Campbell yang sukses merangsek ke kotak penalti United pada menit ke-15, dan memberikan umpan tarik matang ke Hernan Perez di muka gawang. Sayang, tendangan Perez justru melambung.

Semenit berselang, United kembali menebar teror. Rooney mendapat peluang emas membuka keunggulan United lewat tandukannya, namun sayangnya hanya membentur tiang gawang.

Tekanan demi tekanan yang dilancarkan anak-anak United akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-25. Wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers menunjuk titik putih ketika Van Persie terjatuh karena mendapat kontak dari Jose Holebas, saat coba mengontrol sebuah umpan jauh.

RvP yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya kendati arah tendangannya bisa dibaca oleh Roberto. Gol Van Persie membuka harapan bagi United yang unggul 1-0 atau masih tertinggal satu gol secara agregat (1-2).

Butuh satu gol untuk menyamakan agregat, United coba memanfaatkan momentum dengan menekan habis pertahanan Olympiakos. Menit 32, peluang emas kembali datang lewat tandukan Patrice Evra menyambut sepak pojok Van Persie. Bola tandukan Evra mengarah ke pojok gawang, namun Roberto melakukan aksi penyelamatan gemilang dengan terbang dan menepis bola.

Di saat tengah asyik menekan, United dikejutkan dengan serangan balik cepat yang dibangun Oympiakos. Beruntung United punya kiper tangguh macam David De Gea. Kiper muda Spanyol ini melakukan dua penyelamatan gemilang dalam satu momen. Pertama, dia sukses memblok tandukan jarak dekat David Fuster, lalu menghalau tendangan Alejandro Dominguez yang coba memanfaatkan bola rebound.

Beberapa menit berselang, Old Trafford bergemuruh menyambut gol kedua Van Persie. Ryan Giggs memainkan perannya dengan memberikan umpan matang ke Rooney yang kemudian meneruskannya ke RvP di muka gawang. Dengan sontekan ringan Van Persie membawa United unggul 2-0 di paruh pertama. Agregat pun seimbang 2-2.

Memasuki interval kedua, United kembali tancap gas demi membalikkan keadaan. Menit ke-52, Robin van Persie kembali membuat publik Teater Impian bergemuruh dengan hattrick pertamanya di Eropa. Eksekusi tendangan bebasnya berhasil mengecoh Roberto untuk membawa United unggul 3-0 atau berbalik unggul 3-2 secara agregat.

Tertinggal tiga gol, Olympiakos masih punya peluang untuk lolos dengan mencetak satu gol. Joel Campbell dkk pun mulai gantian mengambil alih jalannya laga. Peluang didapat pada menit ke-55. Dominguez melepaskan tendangan bebas yang mengarah ke tiang jauh. Perez yang tidak terkawal pun berhasil menanduk bola, namun sayang arahnya masih melebar.

Lagi, gelombang serangan Olympiakos datang. Pada menit ke-63, Dominguez melepaskan sepakan first time keras dari tepi kotak penalti, namun arah bola masih melambung. Tiga menit berselang, giliran David Fuster yang melepaskan tembakan voli keras, sayangnya arah bola masih tepat ke pelukan De Gea.

Masuk 15 menit terakhir laga, Olympiakos kian meningkatkan tempo serangannya. Dominguez kembali punya peluang di menit ke78. Gelandang serang Argentina ini sukses merangsek ke kotak penalti dan melepaskan tembakan keras dari sisi gawang, namun masih bisa dimentahkan De Gea. Campbell coba memanfaatkan kesempatan kedua, tapi sayang sepakannya masih melambung.

Memasuki lima menit masa perpanjangan waktu, Moyes melakukan pergantian terakhirnya dengan memasukkan Marouane Fellaini menggantikan Van Persie yang ditandu keluar lapangan karena mengalami cedera usai berbenturan dengan pemain Olympiakos.

United coba menahan bola guna menghabiskan, sementara Olympiakos kian bernafsu mencetak satu gol yang bisa meloloskan mereka ke perempatfinal. Sayang, hingga wasit meniup peluit berakhir, skor 3-0 untuk United tetap bertahan. Menang agregat 3-2, United pun menemani Chelsea sebagai wakil Inggris di perempatfinal.

Susunan Pemain:
Manchester United: David De Gea; Rafael da Silva, Phil Jones, Rio Ferdinand, Patrice Evra; Antonio Valencia/Ashley Young (77’), Michael Carrick, Ryan Giggs, Danny Welbeck/Darren Fletcher (81’); Wayne Rooney, Robin van Persie/Marouane Fellaini (90+1’)

Olympiakos Piraeus: Roberto; José Holebas, Leandro Salino/ Paulo Machado (74’), Konstantinos Manolas, Ivan Marcano, Hernan Perez/Nelson Valdez (56’), Ioannis Maniatis, Delvin Ndinga, Joel Campbell, Alejandro Dominguez, David Fuster/Vergos (82’)