Home / Berita Bola / Tumbangkan FC Groningen Bojan Bersama Ajax Meraih kemenangang

Tumbangkan FC Groningen Bojan Bersama Ajax Meraih kemenangang

SoccerGo! Berita Sepak Bola Meski memperoleh perlawanan sengit dari tim tamu, tuan rumah Ajax Amsterdam berhasil menguasai pertandinga FC Groningen dengan skor tipis 2-1 dalam pekan ke-23 Eredivisie Liga Belanda yang baru berakhir beberapa saat lalu yang berlangsung di stadion Amsterdam Arena, kandang Ajax.

 

Dua gol tim asuhan pelatih Frank De Boer itu dicetak oleh Lasse Schone melalui titik penalti di menit ke-28 dan Kolbein Sigthorsson pada menit ke-83. Sedang gol balasan FC Groningen dicetak oleh Filip Kostic di menit ke-41.

 

Tampil dominan sepanjang pertandingan, Ajax sebenarnya memiliki banyak peluang mencetak gol ke gawang Groningen. Namun, entah itu karena diblok oleh penjaga gawang FC Groningen, Marco Bizot, atau tidak menemui sasaran, usaha Siem De Jong dkk selalu gagal.

 

Baru di menit ke-28, melalui aksi striker asal Spanyol yang dipinjam dari AS ROma, Bojan Krkic, Ajax berhasil memecah kebuntuan. Bojan yang dijatuhkan oleh bek Groningen tepat di hadapan wasit Serdar Gozubuyuk, membuat Ajax mendapat hadiah penalti. Lasse Schone yang ditunjuk menjadi eksekutor, sukses mengonversikannya menjadi gol. 1-0 untuk tuan rumah.

 

Namun keunggulan Ajax hanya bertahan 13 menit. Di menit ke-41, melalui serangan dari sektor kiri pertahanan Ajax, pemain berusia 21 tahun asal Serbia, Filip Kostic melakukan aksi cut-inside yang ditutup dengan tembakan kaki kiri yang melesak ke pojok kanan gawang Ajax dan tak mampu dibendung oleh kiper Ajax, Kenneth Vermeer. Skor 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

 

Tampil menyerang sejak awal babak kedua, Siem De Jong dkk tampak frustasi menembus pertahanan FC Groningen. Pelatih Frank De Boer pun memasukkan Kolbein Sigthorsson untuk menggantikan Siem De Jong demi menambah daya gedor Ajacieden.

 

Pergantian ini membuahkan hasil di menit ke-83. Memanfaatkan umpan silang matang dari Bojan Krkic, Sigthorsson kemudian menanduk bola yang memperdaya Marco Bizot dan masuk ke pojok kanan gawang Groningen. Skor pun berubah jadi 2-1 untuk Ajax yang bertahan hingga pertandingan bubar.

 

Dengan kemenangan ini, Ajax semakin kokoh di puncak klasemen dengan 47 angka dari 22 pertandingan, unggul empat angka dari peringkat kedua, FC Twente. Sementara bagi Groningen, kekalahan ini membuat mereka gagal beranjak dari peringkat kesembilan klasemen sementara Eredivisie dengan 28 poin dari 21 pertandingan.

 

Susunan Pemain

Ajax Amsterdam (4-3-3)

1-Vermeer; 2-Van Rhijn, 12-veltman, 4-Moisander, 42-Riedewald (5-Poulsen 66′); 17-Blind, 18-Klaassen, 25-Serero (8-Duarte 74′); 20-Schone, 10-De Jong (9-Sigthorsson 66′), 11-Bojan

 

FC Groningen (4-3-3)

1-Bizot; 5-Burnet, 3-Botteghin, 2-Kappelhof, 25-Wijnaldum; 10-Chery, 6-Kieftenbeld, 20-van Nieff (36-Zeefuik 86′); 17-Kirm, 8-de Leeuw (30-Zivkovic 75′), 11-Kostic