Home / Liga Indonesia / Kick-off ISL 2015 Digelar Awal April
Kick-off ISL 2015 Digelar Awal April

Kick-off ISL 2015 Digelar Awal April

Soccergo.Net – Pihak PT. Liga Indonesia sedang menyiapkan jadwal setelah sebelumnya menyatakan penundaan kick-off Indonesia Super League (ISL) 2015. Sebelumnya, kick-off akan bergulir pada Jumat (20/2/2015) dengan laga pembuka antara Persib Bandung melawan Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat. Rencananya PT. Liga Indonesia akan mulai menggelar kompetisi sepakbola dengan kasta tertinggi di Indonesia ini pada bulan April 2015. Langkah tersebut diambil setelah PT. Liga Indonesia sesuai usulan dari beberapa klub kontestan LSI dan tanpa mengindahkan syarat-syarat dari Menteri Pemuda dan Olahraga melalui Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

“Kami telah memperoleh permintaan untuk menyusun jadwal dan akan dimulai antara tanggal 4 atau 5 April dan tidak pada bulan Maret” tutur CEO PT. Liga Indonesia, Joko Driyono, saat ditemui di Lapangan Progresif, Bandung, Jumat (20/2/2015) malam. PT. Liga Indonesia sendiri menggelar ISL 2015 pada bulan April ternyata bukan tanpa alasan. Hal ini diakibatkan banyaknya agenda timnas pada bulan Maret termasuk 2 agenda uji coba yang sesuai dengan jadwal dari FIFA match day.

Sementara itu, pada Jumat malam (20/2/2015) telah diadakan rapat perwakilan dari 18 klub kontestan ISL 2015 dan PT. Liga Indonesia di kawasan Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat. Beberapa pernyataan sikap dari 18 klub ISL yang menghadiri rapat tersebut adalah memerintahkan pada PT. Liga Indonesia sebagai operator ISL untuk tidak mengindahkan penetapan dari Menpora melalui BOPI mengenai persyaratan dalam penerbitan rekomendasi izin ISL, merencanakan jadwal baru ISL musim 2015, melakukan penyesuaian program dalam masa transisi sampai dengan kick-off dan mengambil langkah strategis lainnya untuk melindungi bisnis klub.

Selain itu, 18 klub ISL juga memohon pada Presiden RI Joko Widodo untuk mengambil tindakan atas keputusan dari Menpora terhadap sepakbola Indonesia yang substansi dan esensinya adalah melakukan abuse of power dengan menghalangi, menghambat, mempersulit dan bahkan melarang klub-klub kontestan ISL untuk segera melaksanakan kompetisi. PSSI kemungkinan besar bisa terkena sanksi karena dalam suratnya FIFA menegaskan bahwa urusan lisensi klub tidak boleh dilakukan oleh pihak di luar anggota mereka.