Home / Liga Inggris / Arema sukses hantam Persepam Madura

Arema sukses hantam Persepam Madura

SoccerGo!Laga pembuka Inter Island Cup di Stadiun Kanjuruhan Malang berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Arema Chronus menggulung Persepam dengan skor 3-1.

Persepam membuktikan sesumbarnya bakal merepotkan Arema. Walau kelas permainan tidak lebih baik dibanding tuan rumah, mereka sebenarnya mempunyai potensi untuk mendapatkan poin. Persepam berani melakukan tekanan dan tidak sekadar bertahan.

Gol kemenangan Arema diciptakan Irsyad Maulana (3′), Beto Goncalves (36′), serta penalti Gustavo Lopez (76′). Irsyad dan Beto sangat dominan dalam merusak pertahanan Sape Kerap. Sementara Persepam yang sempat mendapatkan penalti namun gagal dieksekusi, memperkecil skor via Silvio Escobar pada menit 53.

Pemain muda Irsyad Maulana layak disebut penampil terbaik di Kanjuruhan sore itu. Dia mencetak satu gol, menjadi kreator gol Beto Goncalves, serta menjadi poros kecepatan sayap kiri Singo Edan. Hanya ketidakberuntungan yang membuat dia tak mencetak lebih dari satu gol.

Arema memiliki satu pekerjaan rumah sebelum menghadapi Persela Lamongan di pertandingan kedua, Sabtu 11 Januari, yakni konsistensi permainan. Kurnia Meiga dan kawan-kawan mengalami penurunan pada babak kedua sehingga Persepam mampu membuka peluang dan mencetak gol.

Sedangkan Persepam layak menyesali kekalahan di laga perdana, karena sebenarnya bisa mendapatkan minimal satu angka jika bisa lebih fokus. Setidaknya tiga peluang, termasuk eksekusi penalti di babak pertama, tidak mampu diselesaikan dengan efektif.

“Seperti prediksi sebelumnya, pertandingan tidak mudah karena Persepam juga memberikan perlawanan. Tim telah menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik walau saya melakukan beberapa rotasi. Kemungkinan formasi akan kembali berubah untuk pertandingan besok (Sabtu),” tutur Suharno, Pelatih Arema.

Dengan tak adanya kesempatan pemulihan, rotasi pemain jelas menjadi sebuah keharusan. Terutama pemain yang tampil penuh saat lawan Persepam, kemungkinan besar bakal diistirahatkan lawan Persela nanti. Toh kekuatan lawan kualitasnya masih berada di bawah level Arema.

Namun sekali lagi Suharno tidak ingin timnya meremehkan kekuatan Laskar Joko Tingkir. “Terpenting adalah menjaga level permainan kami. Jika tim tetap stabil, maka tetap optimistis siapa pun lawan yang kami hadapi. Jadwal sangat padat, tapi tak masalah,” demikian Suharno mengakui.

Sementara, Pelatih Persepam Madura United Daniel Roekito menyatakan timnya kurang efektif menghadapi Arema. Lini pertahanan panik menghadapi serangan lawan, sedangkan para penyerang gemar membuang peluang. Jelas modal kurang bagus sebelum menghadapi Persija Jakarta.

“Kami tidak bermain dengan kemampuan terbaik. Ada banyak peluang tapi tak bisa diselesaikan. Kecolongan tiga gol sebenarnya terlalu banyak, karena harusnya kami bisa ambil satu poin. Kami akan berupaya melakukan lebih baik pada pertandingan selanjutnya,” ungkap Daniel.

Daniel layak kecewa karena dirinya datang dengan konfidensi tinggi bakal menjadi juara Zona Jawa 2. Kekalahan dari Arema jelas mempersulit langkah klub asal Pulau Garam untuk bisa mencapai hasil optimal. “Target tetap. Lihat saja bagaimana hasil pertandingan berikutnya,” tandas Daniel Roekito.

Jadwal IIC Zona Jawa 2, Sabtu (11 Januari 2014):
-Persela vs Arema Cronous
Stadion Kanjuruhan, Kick-off : 19.00 WIB
-Persepam MU vs Persija Jakarta
Stadion Kanjuruhan, Kick-off : 15.30 WIB