Home / Timnas / Tahapan Inti Timnas Garuda Jaya

Tahapan Inti Timnas Garuda Jaya

SoccerGo! – Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 telah memulai pelatihan nasional (pelatnas) tahap kedua di Yogyakarta kemarin. Draft taktik dan strategi dalam pelatnas tahap kedua rencananya akan dipadukan dengan 27 uji coba yang akan dijalani skuad Garuda Jaya – julukan timnas U-19. Pada tahap ini juga disebutkan sudah menjadi tahap inti persiapan Evan Dimas dkk. 

Timnas Garuda Jaya memang semakin dekat untuk berlaga di putaran final Piala AFC U-19 Myanmar, bulan Oktober 2014. Sesudah memilih pelatnas jangka panjang sebagai bentuk persiapan yang diambil, maka inti dari pelatnas pun sudah semakin tergambar. Berhasil di pelatnas tahap pertama di Batu Malang Jawa Timur, proses persiapan lebih spesifik pun akan digenjot di Yogyakarta.

Dalam tahapan spesifik yang condong pada taktik dan strategi seperti terasa hambar jika tidak dipadukan dengan uji coba. Guna untuk itulah sejauh ini telah direncanakan 27 laga pemanasan yang akan dijalani skuad Garuda Jaya. Dimana ke- 27 uji coba itu sendiri, beritanya akan terbagi dalam beberapa level uji coba. Ujicoba baik yang uji coba lokal atau uji coba internasional.

Bila mengutip apa yang disampaikan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) La Nyalla M Mattalitti, tim nasional U-19 akan lebih dulu menjalani tur Nusantara pada 1-28 Februari mendatang. Sejumlah provinsi pun menjadi alternatif yang akan disambangi seperti Jawa Barat, kemudian Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, serta Sumatra Barat dan Sumatra Selatan.

Pada rencananya dari masing-masing provinsi akan digelar  dua kali laga uji coba. Melalui adanya rencana itu, sosok Indra Sjafri selaku juru taktik Garuda Jaya menyerahkan semua rencananya tersebut kepada PSSI dan BTN. Terlebih dirinya juga sudah mengajukan beberapa permintaan uji coba baik kepada PSSI dan juga BTN.

“Tidak ada syarat khusus. Perjalanan nusantara yang akan kami lakukan akan ditentukan sepenuhnya oleh PSSI. PSSI yang lebih tahu daerah-daerah yang lebih pas untuk menjalani uji coba. ” ungkap pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Padang, Sumatra Barat, 50 tahun silam tersebut.

Mengenai rencana 27 uji coba yang akan dijalani timnas U-19, coach Indra menjelaskan jika ke- 27 uji coba itu akan dibagi dalam empat tahapan. Bila tahap pertama adalah tur nusantara seperti yang telah dijelaskan, sedangkan untuk tahapan-tahapan selanjutnya adalah beberapa tur internasional yang akan dilewati skuad Garuda Jaya.

Sejumlah kabar beredar soal rencana tur Timur Tengah yang ini dilewati skuad Garuda Jaya. Perjalanan yang rencanaya akan dibarengi dengan ibadah umroh pada April 2014 mendatang juga akan diikuti dengan menggelar beberapa laga uji coba melawan skuad U-19 di Timur Tengah. Semisal diantaranya Uni Emirat Arab (UEA) U-19, kemudian Qatar U-19, Oman U-19, serta Irak U-19 dan juga Iran U-19.