Home / Liga Inggris / “Moyes” Si Pelatih Pengemban Tanggung Jawab Besar

“Moyes” Si Pelatih Pengemban Tanggung Jawab Besar

SoccerGo!Bila satu tim bermain buruk atau meraih hasil-hasil yang tidak sesuai harapan sudah tentu pelatih harus siap bertanggung jawab atas performa anak asuhnya. Hal itu pula yang terjadi dengan Moyes, yang di mana dia menjadi sorotan utama setelah MU gagal menyuguhkan penampilan dan hasil memuaskan bagi fans hingga pertengahan musim ini.

Bahkan tkanan tak henti-hentinya datang menghampiri Moyes. Problemnya dia mengisi posisi yang sebelumnya diisi oleh Sir Alex, pelatih yang menghadirkan kesuksesan besar bagi MU. Sehingga ekspektasi fans pun begitu besar terhadap Moyes, pelatih yang dianggap bisa meneruskan kejayaan yang ditorehkan Fergie selama 26 tahun melatih Iblis Merah.

Tidak berhasil memberi kesan manis pada setengah tahun pertamanya, David Moyes mendapat serangan. Seorang yang dimaksud salah satunya lewat gambar yang telah direkayasa dan diunggah lewat Instagram. Dalam gambar itu, David Moyes sedang berada di pinggir jalan menunggu tumpangan dan memegang poster bertuliskan Goodison Park –markas klub Everton.

Bahkan bukan hanya fans yang sedang kecewa saja yang menyebar foto itu, sebab gelandang Arsenal, yakni Emmanuel Frimpong  juga ikut ambil bagian. Emmanuel Frimpong mengunggah foto tersebut pada akun Instagramnya, tidak lama setelah Setan Merah kalah dari Sunderland. Belakangan pemain berusia 21 tahun itu beberapa kali terlibat masalah akibat penggunaan media sosial.

Disamping itu, terdapat pula media yang memuat bagaimana reaksi legenda MU, yakni Bobby Charlton usai wasit meniup peluit panjang pada laga melawan Sunderland. Pada rekaman video yang diunggah Metro.co.uk, dapat dilihat kalau Charlton yang didampingi Sir Alex Ferguson, seperti kehabisan kata-kata. Memakai mantel dan topi, Bobby Charlton terlihat menggelengkan kepalanya saat berbincang dengan Ferguson sebelum meninggalkan tribun penonton.

Ditambah lagi beberapa pihak juga mengaitkan kehadiran Fergie di tribun memberi tekanan sendiri kepada Moyes dalam memimpin anak asuhnya di lapangan. Tetapi hal tersebut langsung dibantah oleh pelatih yang menghabiskan 11 tahun kariernya dengan membesut Everton itu. Baginya kehadiran Fergie sebenarnya membantu, walaupun hasilnya belum sesuai harapan.

“Tidak ada tekanan sama sekali. Sir Alex (Ferguson) senantiasa menyumbangkan ide-ide untuk saya. Pelatih ini hadir untuk membantu. Sama halnya dengan Sir Robby. Pelatih ini sangat hebat.” kata Moyes, seperti dilansir Sky Sports.

“Bryan Robson dengan rutin ada di tempat latihan, dimana saya sering berbicara dengannya. Bahkan saya lihat keduanya adalah pria hebat,” tambah pelatih yang saat aktif bermain berposisi sebagai bek tengah tersebut.

Menjawab situasi sulit ini, David Moyes masih mencoba tenang. Terlebih pelatih kelahiran Bearsden Skotlandia itu optimistis timnya segera menemukan jalan keluar, sampai mampu mengembalikan status MU sebagai tim yang biasa berada di papan atas Premier League.

“Saya sudah pernah ada di situasi seperti sebelumnya dan saya berpengalaman. Dimana saya rasa sedikit lagi kami akan membalikkan segalanya dan akan melewati masa sulit ini, sebab ini bagian dari manajemen sepakbola. Seluruhnya memang tak mudah,” kata Moyes, yang pernah membawa Preston North End memenangi Divisi 2 Liga pada 1999/2000.