Home / Timnas / KOI Tak Ada Dana, PSSI Tetap Kirim Timnas U-23 ke Asian Games

KOI Tak Ada Dana, PSSI Tetap Kirim Timnas U-23 ke Asian Games

SoccerGo!Menjawab langkah Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk memfasilitasi timnas Indonesia berangkat ke ajang Asian Games 2014, pihak PSSI menyatakan siap menanggung penuh biaya mengirim cabang sepakbola agar bisa berpartisipasi di Incheon nanti.

Belakangan dari ketua umum KOI, yakni Rita Subowo, sudah menyatakan siap memfasilitasi kontingan sepakbola Indonesia untuk berlaga di AG 2014. Tetapi dana sekitar Rp 250 miliar untuk enam cabang dinilai tak akan cukup jika memasukan sepakbola.

Sekarang PSSI pun menyatakan siap menggelontorkan dana untuk Timnas Indonesia U-23 dan akan membahasnya dalam rapat Komite Eksekutif pada Sabtu 25 Januari 2014.

Pada rapat exco itu, ditutukan Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono, bahwa akan dibahas mulai dari pelatih, kemudian anggaran biaya hingga teknis pengiriman. Pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia itu menanggung penuh dana persiapan timnas ke Asian Games.

“Kami mengirim timnas U-23. Dalam rapat Exco akan dibahas pelatih timnas dan dana pengiriman tim. Manajemen siap mendanai sendiri. Kami tidak ingin mengharapkan sesuatu yang tidak pasti. Saya rasa kami sudah siap melakukannya dengan berdiri sendiri tanpa suntikan dana dari mereka. Terlebih mereka seperti sudah mempermainkan timnas kami. Sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap timnas ini, saya rasa kami harus belajar dewasa untuk berdiri sendiri. ” katanya

“Dua hari lalu, secara pribadi, memang saya sudah berkomunikasi dengan Ketua KOI. Kemudian untuk keputusan formal terkait pengiriman timnas ke Asian Games pada 25 Januari 2014. Jawaban dari ketua KOI sungguh tidak pantas. Sebab mereka seperti menolak untuk membantu timnas memberikan bantuan berupa dana. Terlebih mereka terkesan terpaksa untuk melakukan pertemuan dengan kami untuk membahas masalah bantuan dana tersebut. ” lanjut Joko.

Dilanjutkan Joko, suatu kehormatan karena pemerintah melalui Komite Olimpiade Indonesia (KOI) ikut memfasilitasi keikutsertaan timnas Indonesia untuk berlaga di gelaran multi event antarnegara di kawasan Asia itu pada September 2014.

“PSSI mendapat kehormatan karena pemerintah melalui KOI telah mendorong sepakbola untuk ikut berpartisipasi di Asian Games,” ujar Joko dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu 8 Januari 2014.

Memang sepanjang sejarah, timnas Indonesia tampil delapan kali dari 17 edisi Asian Games dengan prestasi tertinggi medali perunggung di AG 1958. Sesudah diwakilkan oleh tim U-23 sejak 2002, timnas Garuda hanya tampil satu kali yaitu pada AG 2006 Qatar, dengan sekali imbang dari tiga kali main.

Sementara kejuaraan Asian Games 2014 rencananya akan digelar mulai 19 September 2014 sampai 4 Oktober diIncheon Korea Selatan. Target timnas sendiri adalah bisa masuk kebabak semifinal dalam kejuaraan tersebut.