Home / Timnas / Tahap Pertama Pelatnas U-19 Sukses

Tahap Pertama Pelatnas U-19 Sukses

SoccerGo! – Pelatihan nasional (pelatnas) tahap pertama tim nasional (timnas) Indonesia U-19 dinilai sukses. Ungkapan itu disampaikan langsung oleh sang juru taktik Indra Sjafri, sesudah anak-anak asuhnya mengalami peningkatan kondisi fisik bermain.

Staff kepelatihan timnas U-19 resmi mengakhiri pelatnas tahap pertama Garuda Jaya – julukan timnas U-19 di kota Batu Jawa Timur. Kemudian dari rilis yang diterima dari Badan Tim Nasional (BTN), total skuad timnas U-19 menyisakan 29 pemain. Dimana ke-29 nama inilah yang akan melanjutkan pelatnas tahap kedua di Yogyakarta nantinya.

Pelatih Indra sendiri mengaku puas dengan hasil dari pelatnas tahap pertama anak-anak asuhnya. Diungkapkan pelatih kelahiran Lubuk Nyiur, Padang Sumatra Barat tersebut, bahwa rata-rata Vo2 max anak-anak asuhnya naik sekitar lima dijit dari sebelum mereka menjalani pelatnas tahap pertama.

“Saya sangat puas dengan hasil yang didapat dari pelatnas tahap pertama. Kerja keras kami untuk meningkatkan Vo2 max atau daya tahap fisik pemain meningkat sampai lima dijit dari pada sebelumnya. Sampai rata-rata mereka ada di angka 58. Sedangkan Evan Dimas tetap yang memiliki kondisi fisik terbaik yaitu 64. ” ungkap Indra, saat dihubungi KORAN SINDO, kemarin.

Perjanjian tim kepelatihan timnas U-19 untuk kembali mencoret pemain akhirnya terlaksana. Bila sebelumnya tercatat empat nama awal yang dicoret, maka rilis yang disampaikan BTN malah menjelaskan ada enam nama yang dipulangkan. Pemain itu yaitu Dikri Yusron Afafa, lalu Rully Desrian, Terens Puhuri, Dalmiansyah Matutu, serta Untung Wibowo dan Junda Irawan.

Bila dipencoretan pertama terdapat enam pemain, untuk dipencoretan kedua lima nama menyusul. Untuk kelima pemain yang harus keluar dari pelatnas Garuda Jaya ada Dio Permana, kemudian Angga Febrianto, Dimas Sumantri, serta Vicky Meilano dan Rosad Setiawan. Untuk kelimanya dinilai kalah bersaing dari 29 nama tersisa.

Memang dari awal menyiapkan skuad Garuda Jaya jelang berlaga diajang Piala AFC U-19 Myanmar Oktober 2014, pelatih Indra menetapkan pelatnas jangka panjang yang dirinya ambil. Bila tahap pertama dinamai tahapan general dimana lebih menitik beratkan pada perbaikan kondisi fisik, untuk di tahap kedua timnas U-19 akan dituntut menjalani latihan lebih spesifik.

Pada tahap spesifik, tim Garuda Jaya akan mulai menetukan kerangka tim yang sesungguhnya. Dalam fase ini pula taktik dan strategi akan coba diterapkan, yang dimana fase tersebut akan digabungkan dengan rencana-rencana uji coba yang sudah diajukan Indra kepada BTN dan juga PSSI.

Sebagaimana yang disampaikan BTN sebelumnya, skuat U-19 akan menjalani beberapa laga uji coba baik di dalam maupun di luar negeri. Terdapat beberapa lokasi laga-laga pemanasan di luar negeri, yang dimana BTN menuturkan jika uji coba akan dilakukan dibeberapa tempat seperti Timur Tengah, kawasan Eropa dan juga Asia.