Home / Liga Indonesia / PSM Makassar bakal konsentrasi memperkuat lini tengah dan depan

PSM Makassar bakal konsentrasi memperkuat lini tengah dan depan

SoccerGo!PSM Makassar akhirnya menggenapkan 28 jumlah pemainnya yang didaftarkan ke PT Liga Indonesia untuk mengikuti kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. Nama terakhir yang masuk skuad Pasukan Ramang ialah Mario Costas.

Striker asal Argentina itu direkrut sebagai pemain pinjaman dari Persija Jakarta. Durasinya hanya setengah musim. Bila performanya mumpuni, manajemen PT Pagolona Sulawesi Mandiri berjanji akan memperpanjang masa pinjaman.

Saat ini, kuota tiga pemain asing plus satu Asia sebagai syarat yang diberlakukan untuk satu klub berkompetisi di ISL 2014 sudah dipenuhi PSM. Lini tengah diisi Roman Chmelo (Slowakia) dan Robertino Pugliara (Argentina), sedangkan di lini depan Mario Costas (Argentina) serta Michael Baird (Australia).

Mengenai komposisi empat pemain asing tersebut, penasihat teknik PSM Najib Latandang mengungkapkan alasan tersendiri. “Persoalannya memang sangat pelik. Di belakang kita butuh pertahanan yang kuat, di depan kita butuh striker yang tajam untuk membuat gol,” tutur Najib.

Mantan gelandang Juku Eja era 80-an itu membeberkan regulasi PSSI yang membuat PSM memilih menguatkan lini tengah dan depan. Pilihan itu juga sekaligus menunjukkan kepada publik bahwa pola main Pasukan Ramang akan lebih ofensif setelah hasil pramusim yang buruk di Piala Gubernur Jatim dan Inter Island Cup lalu.

Najib juga tak terlalu mengkhawatirkan lini belakang yang hanya diisi sepuluh pemain lokal. “Untuk pertahanan, pemain lokal kami harus dimanfaatkan semaksimal mungkin karena mereka sudah punya pengalaman semua,” ucap Najib.

Di bagian belakang, empat pemain PSM musim lalu, yakni Hendra Wijaya, M Jufri, Rasul Zainuddin, dan I Ketut Mahendra akan menggalang kerjasama dengan enam nama baru, yaitu Yusuf Hamzah, Supandi, Ardan Aras, Agung Prasetyo, Djayusman Triasdi, dan Rachmat Latief. Mereka harus membuktikan bahwa pertahanan bukan titik lemah PSM di kancah ISL 2014.