Home / Liga Spanyol / Colchoneros Gulingkan Barca dari Puncak Klasemen

Colchoneros Gulingkan Barca dari Puncak Klasemen

SoccerGo! Tak sia-sia Atlético Madrid melawat ke La Rosaleda di jornada ke-18 malam tadi. Walau hanya mampu menang tipis, 1-0 atas Málaga, hasil dari kunjungan mereka ini sontak menjatuhkan sang juara bertaha, Barcelona dari pucuk klasifika La Liga.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Tempo permainan sudah berlangsung sengit sejak digulirkannya paruh perdana di mana dua kali upaya tuan rumah membuka gol lebih dulu, berujung gagal. Di menit kelima, tandukan Eliseu dos Santos diblok Thibaut Courtois. Beberapa detik berselang, sepakan Sergio Sánchez pun kembali diselamatkan portero Atlético itu.

Tim tamu membalas dua menit kemudian. Koke Merodio melakukan upaya spekulatif dari luar kotak penalti dengan kaki kanannya. Tapi derasnya laju bola tembakan Koke yang mengarah ke sudut kanan gawang, sanggup ditepis Wilfredo Caballero.

Memasuki menit ke-10, percobaan Los Colchoneros terjadi lagi via crossing Koke yang menyasar ke posisi Diego Godín yang melakukan overlap. Sial, tandukan Godín dimentahkan Caballero ke luar gawangnya.

Jual-beli serangan terjadi lagi di menit ke-13 di mana Samuel García, melepaskan umpan silang kepada Eliseu yang kemudian, disusul dengan sundulan. Tapi kali ini sundulan winger Málaga itu masih menyamping.

Arda Turan memimpin serangan balasan lagi buat timnya ke pertahanan Málaga. Meringsek ke sudut sempit di kiri kotak penalti, pemain asal Turki ini coba melepaskan tembakan keras mendatar ke sudut kanan. Sayang, Caballero masih sigap. Hingga 45 menit pertama bubar, kedua tim masih sama kuat dengan skor kacamata alias 0-0.

Babak Kedua
Atlético membuka peluang pertama yang terjadi di paruh kedua, tepatnya di menit ke-62, setelah melalui awal-awal babak kedua yang berjalan dengan tempo cenderung lamban. Dibidani assist Tiago Mendes, finishing Turan gagal menemui sasaran ketika arah bola masih tipis melintas dari tiang kanan gawang Málaga.

Kebutuan akhirnya pecah juga, tapi publik La Rosaleda hanya bisa terdiam ketika Koke, merobek sarang Los Boquerones – Ikan Teri (julukan Málaga) pada menit ke-70. Diawali situasi berbahaya dan menghadirkan kemelut, Koke yang berada di muka gawang dengan mudah menaklukkan Caballero. Stand – Atlético satu, Málaga nol.

Tersengat oleh gol Koke, tuan rumah berupaya dua kali lebih agresif untuk menyamakan skor. Datang lagi peluang dari pemain pengganti, Roque Santa Cruz pada menit ke-75, dengan tandukannya yang menyambar umpan Sérgio Duda. Nahas, arah bola tandukannya tipis melenceng dari tiang kiri Courtois.

Belum menyerah, Málaga mengoleksi dua kans berturut-turut di menit ke-79. Upaya pertama dilakoni Sergi Darder yang tembakannya dimentahkan Courtois. Lalu melanjutkan situasi scrimmage, penyelesaian Pedro Morales sialnya masih menyamping.

Hingga árbitro (wasit) José Teixeira meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk keunggulan Los Rojiblancos tetap lestari. Tiga poin yang mereka comot dari kandang Málaga ini pun mengantarkan mereka mengkudeta Barca dari puncak klasemen La Liga dengan surplus tiga angka.

Susunan Pemain
Málaga: Wilfredo Caballero, Weligton de Oliveira, Marcos Angeleri/Pedro Morales (77’), Vitorino Antunes, Sergio Sánchez, Jesús Gámez, Eliseu dos Santos/Sérgio Duda (66’), Ignacio Camacho, Sergi Darder, Juanmi López/Roque Santa Cruz (65’), Samuel García.

Atlético Madrid: Thibaut Courtois, João Miranda, Juanfran Torres, Filipe Kasmirski, Diego Godín, Tiago Mendes, Arda Turan/Cristian Rodríguez (62’), Koke Merodio, Óliver Torres/Ádrian López (46’), David Villa/Toby Alderweireld, Diego Costa.