Home / Liga Spanyol / Barcelona Tekuk Malaga 3-0

Barcelona Tekuk Malaga 3-0

Gerard Pique memecahkan kebuntuan untuk tuan rumah mendekati akhir babak pertama sebelum Pedro Rodriguez dan Alexis Sanchez ikut masuk papan skor seusai istirahat.

Koleksi poin Los Azulgrana kini bertambah menjadi 54, setara dengan Atletico di peringkat kedua dan unggul satu atas El Real yang menempati posisi ketiga.

Babak Pertama

Dituntut untuk mengepak tiga angka penuh setelah merosot ke peringkat ketiga menyusul kemenangan dua tim ibu kota, Barcelona mengawali laga dengan cukup baik dan “seharusnya” membuka skor ketika permainan baru berjalan enam menit kalau keberuntungan lebih berpihak.

Alexis Sanchez menerobos ke sisi kanan area penalti sebelum mencungkil bola yang gagal bersarang di dalam gawang Malaga setelah mengenai tiang.

Hanya dua menit berselang, giliran tim tamu yang nyaris membungkam publik Camp Nou ketika Duda mengeksekusi tendangan bebas menuju pojok atas, tapi masih terlalu tangguh untuk ditaklukkan.

Selanjutnya dominasi terus dipegang Blaugrana, namun mereka harus menunggu sampai pertengahan babak pertama untuk mendapatkan peluang bagus lagi. Mengambil bola di dalam kotak, Lionel Messi melepas tendangan lob yang melenceng tipis di samping gawang Los Boquerones.

Walau lebih banyak bertahan, Malaga sendiri masih sanggup memberi ancaman dari situasi bola mati. Sebuah tendangan bebas Duda di menit ke-31 disambut sundulan terarah Bartlomiej Pawlowksi — masuk menggantikan Roque Santa Cruz yang cedera, tapi Valdes berada di posisi tepat untuk memastikan Barca tak tertinggal.

Di ujung lain lapangan, tekanan skuat Tata Martino datang bertubi-tubi, namun performa kokoh pertahanan Malaga dan khususnya kiper Willy Caballero membuat serangkaian kesempatan terbuang percuma.

Tekanan deras tuan rumah pada akhirnya membuahkan hasil lima menit sebelum turun minum. Berawal dari sepak pojok Xavi Hernandez, Alexis meneruskan bola kepada Gerard Pique, yang berdiri bebas tanpa kawalan, dan nama terakhir ini langsung melesakkan tendangan keras menjebol gawang Caballero.

Babak Kedua

Malaga langsung menggebrak di awal paruh kedua dalam upaya menemukan gol penyeimbang, dan hampir saja mendapatkannya hanya tiga menit usai interval, namun usaha Pawlowski untuk menyambar umpan silang terukur Antunes dapat dicegat Jordi Alba.

Ancaman itu sudah cukup untuk membuat El Barca siaga dan kembali menerapkan tekanan gencar ke pertahanan Malaga. Sepasang peluang beruntun diperoleh lewat Alexis dan Pique, tapi yang pertama kandas oleh penyelamatan Caballero, sementara sundulan Pique membentur tiang.

Meski demikian, kedudukan tetap berubah menjadi 2-0 untuk Barcelona di menit ke-55. Messi mengirim bola kepada Pedro, sebelum sang winger melakukan cut in dan menyepak si kulit bulat ke arah tiang jauh tanpa terhadang Caballero.

Tak lama setelah torehan, Duda berusaha membangkitkan Malaga dengan percobaan spektakuler dari jarak sekitar 40 yard. Bola meluncur deras ke arah gawang Barcelona, namun Valdes masih waspada untuk menjaga kemurnian gawangnya.

Peluang Malaga untuk mengejar defisit secara virtual tamat setelah mereka kebobolan untuk kali ketiga pada menit ke-61. Aksi Messi kembali mengawali lahirnya gol ini. Sang bintang Argentina memberikan sodoran kepada Pedro, yang kemudian meneruskannya untuk dikonversi dengan mudah oleh Alexis.

Barca tak menghentikan aliran serangan walau sudah memimpin 3-0, namun mereka gagal memaksimalkan beberapa peluang untuk menambah angka dan skor akhirnya bertahan hingga bubaran.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Valdes; Dani Alves, Pique, Mascherano, Jordi Alba; Xavi (Sergi Roberto 78′), Busquets, Fabregas; Alexis (Afellay 87′), Messi, Pedro (Tello 61′)

Malaga (4-3-3): Caballero; Angeleri, Sergio Sanchez, Flavio, Antunes; Tissone (Sergi Darder 81′), Ignacio Camacho, Perez (Morales 66′); Juanmi, Santa Cruz (Pawlowski 26′), Duda