Home / Berita Bola / Inilah Pot Drawing Kualifikasi Euro 2016

Inilah Pot Drawing Kualifikasi Euro 2016

SoccerGo!Tidak seperti di Piala Dunia 2014 di mana Italia tak masuk pot dan kemudian berstatus unggulan, kali ini lain ceritanya jelang undian kualifikasi Euro 2016 mendatang. Timnas Gli Azzurri ditempatkan UEFA – otoritas sepakbola Eropa di pot satu – pot unggulan bersama juara bertahan Spanyol.

Dalam pot unggulan selain bersama La Furia Roja, tim nasional Italia juga akan tergabung dengan Jerman, kemudian Belanda, lalu Inggris, Portugal, Yunani, serta Rusia dan kejutan tersendiri – Bosnia-Herzegovina. Sehingga dengan begitu, timnas La Nazionale akan terhindar untuk menghuni satu grup dengan tim-tim kuat benua biru itu.

Disamping Bosnia-Herzegovina yang jadi kejutan, babak kualifikasi Euro yang dijadwalkan baru akan digelar September mendatang itu akan memperkenalkan pula ke seantero Eropa, sebuah negara debutan – Gibraltar yang selama ini dikenal sebagai negara protektorat Britania Raya.

Jadi dengan begitu, tanah Imperium Britania akan punya empat wakil lain di antara 53 negara peserta kualifikasi selain Inggris, yaitu Wales, kemudian Skotlandia, serta Irlandia Utara dan tentunya Gibraltar yang ditempatkan di urutan buncit – pot keenam. Dimana pengecualian kewajiban kualifikasi tentu didapat Les Bleus sebagai tuan rumah.

Namun tim nasional Prancis akan turut berpartisipasi menghuni satu grup yang hanya diisi lima undian negara dari tujuh grup lain yang akan terisi enam kontestan, yaitu dengan hitungan laga persahabatan dengan lima peserta kualifikasi di satu grup tersebut.

Sementara untuk kualifikasi Piala Eropa kali ini, dari UEFA juga akan memperkenalkan rencana penjadwalan kualifikasi sepanjang pekan. Memang sudah tidak seperti biasanya di mana laga dimainkan hanya di Jumat atau Selasa malam, karena melainkan memainkannya sepanjang Kamis hingga Selasa malam di satu fixture pada semua grup.

Untuk pengundian kualifikasinya sendiri baru akan digelar UEFA bulan depan, yang tepatnya 23 Februari di Nice, timnas Prancis dan laga-laga kualifikasi yang akan mencari 24 kontestan putaran final baru akan start pada 7 September tahun ini hingga 13 Oktober 2015.

Berikut Penempatan Pot-Pot 53 Negara Peserta Kualifikasi Euro 2016:
Pot 1: Spanyol (juara bertahan), Italia, Jerman, Belanda, Inggris, Portugal, Yunani, Rusia, Bosnia-Herzegovina.

Pot 2: Ukraina, Kroasia, Swedia, Denmark, Swiss, Belgia, Rep. Ceska, Hungaria, Irlandia

Pot 3: Serbia, Turki, Slovenia, Israel, Norwegia, Slovakia, Rumania, Austria, Polandia.

Pot 4: Montenegro, Armenia, Skotlandia, Finlandia, Latvia, Wales, Bulgaria, Estonia, Belarusia.

Pot 5: Islandia, Irlandia Utara, Albania, Lithuania, Moldova, Macedonia, Azerbaijan, Georgia, Siprus.

Pot 6: Luksemburg, Kazakhstan, Liechtenstein, Kep. Faroe, Malta, Andorra, San Marino, Gibraltar.