Home / Timnas / Riedl Mata – Matai Skuat yang Main di Luar Negeri

Riedl Mata – Matai Skuat yang Main di Luar Negeri

SoccerGo!Staff kepelatihan tim nasional (timnas) senior Indonesia di bawah komando Alfred Riedl, sampai saat ini masih terus melakukan pemantauan pemain. Bukan hanya pemain yang berlaga di kompetisi domestik, namun pemain-pemain yang tampil di kompetisi luar negeri juga akan dipantau performanya.

Untuk tahun ini, sudah sangat banyak pemain Indonesia yang mencoba peruntungan di luar negeri. Misalnya saja diantaranya Andik Vermansyah yang memperkuat Selangor FC di Liga Malaysia. Bukan hanya Andik, sebab masih ada Patrich Wanggai dan Hamka Hamzah juga menjajal peruntungan di Liga Malaysia. Untuk Patrick di Terengganu FA, sedangkan Hamka bersama Selangor PKNS FC.

Bahkan tidak hanya ketiga pemain tersebut yang performanya akan dipantau tim kepelatihan tim Garuda – julukan timnas senior Indonesia. Sebab masih ada satu pemain yang berlaga di kompetisi luar negeri yang juga akan dipantau ada Sergio van Dijk. Yang dimana mantan penyerang Persib Bandung tersebut, saat ini bergabung dengan Sepahan (Iran).

Alfred Riedl pun memiliki standar tinggi bagi pemain-pemain yang berkompetisi di luar negeri. Juru latih yang sempat membawa timnas Indonesia keluar sebagai runner up Piala AFF 2010 tersebut menyatakan, bahwa pemain-pemain tersebut harus tampil reguler di klubnya masing-masing.
“Saya masih memantau permainan para pemain di ajang Inter Island Cup (IIC) sampai saat final di Sidoarjo nanti. Keseriusan kami memang pemain yang ada di Liga Indonesia. Sedangkan Andik dan Van Dijk? Kalau mereka main di tim utama, kesempatan gabung timnas masih ada. Jika tidak berat bagi mereka untuk bisa gabung di timnas. Saya tidak ingin memaksakan para pemain jika kondisi dan situasi untuk mereka bergabung sudah tidak memungkinkan. Namun sampai sekarang saya masih tetap memata – matai semua pemain yang bermain di luar negeri. Saya ingin melihat kualitas dan gaya permainan mereka sebelum mengambil keputusan. ’’ ungkap Riedl.

Ketika melakukan pemantauan, staff kepelatihan timnas Indonesia berencana memanggil sekitar 40 sampai 45 pemain. Yang mana pemain-pemain tersebut rencananya akan kembali dikerucutkan sebelum timnas Indonesia berlaga di ajang Piala AFF 2014. Selanjutnya juara adalah target yang dibebankan.

Namun sebelum berlaga di Piala AFF 2014, Alfred Riedl akan memimpin Boaz Salossa dkk di partai pamungkas Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C. Kendati tidak lagi memiliki peluang setelah tercecer di juru kunci klasemen sementara, tetapi timnas Indonesia masih akan dijamu Arab Saudi, pada 5 Maret mendatang. Ini tentunya akan menjadi ajang pembuktian kualitas Riedl sebagai pelatih anyar skuat Garuda.