Home / Berita Bola / Ini dia pelatih termuda di Mesir

Ini dia pelatih termuda di Mesir

SoccerGo!Jika Anda mengikuti perkembangan sepakbola di era 2000-an awal, tentu Anda akan ingat dengan sosok Ahmed Hossam Hussein Abdelhamid atau akrab dipanggil Mido. Penyerang yang malang melintang di sejumlah kompetisi Eropa ini sekarang telah beralih profesi sebagai pelatih.

Mido, pemain yang sepanjang kariernya sempat membela Tottenham Hotspur, Ajax Amsterdam, AS Roma dan Olympique Marseille ini kini telah resmi menjadi pelatih. Di usia yang baru menginjak 30 tahun, striker asal Mesir ini dipercaya untuk menukangi klub kampung halamannya, Zamalek, yang juga klub pertamanya dalam kariernya di sepakbola.

Mido ditunjuk untuk menggantikan Helmi Toulan, yang dipecat usai Zamalek bermain imbang 1-1 kontra Haras El-Hodood di pentas Liga Premier Mesir. Keputusan ini cukup mengejutkan, lantaran kompetisi baru memainkan empat laga, dan Zamalek masih ada di posisi yang cukup bagus, peringkat empat dengan dua kali menang, satu imbang dan sekali kalah.

“Kami secara resmi menunjuk Mido sebagai pelatih kepala,” demikian pernyataan pihak Zamalek di situs resminya, sebagaimana dikutip Goal, Rabu (22/1/2014).

Mido, yang pada 23 Februari nanti genap berusia 31 tahun, akan jadi pelatih termuda dalam sejarah kompetisi sepakbola Mesir, dan belum punya pengalaman sama sekali sebagai pelatih.

Sepanjang kariernya, Mido sudah malang melintang di berbagai kompetisi Eropa di mana ia sempat mereguk sukses bersama Ajax Amsterdam yang dibawanya menjadi kampiun Eredivisie pada 2001-2002. Di level internasional, Mido mencatatkan 51 laga untuk Timnas Mesir dan mencetak 19 gol.