Home / Berita Bola / Ranieri salahkan wasit kurang tegas

Ranieri salahkan wasit kurang tegas

SoccerGo!Kemenangan yang diraih AS Monaco pada pentas Coupe de France atau Piala Prancis tidak mampu membuat sang pelatih, Claudio Ranieri bahagia. Pelatih kawakan ini tetap marah-marah. Apa sebabnya?

Cedera Radamel Falcao menjadi pemicu kemarahan Ranieri usai kemenangan 3-0 yang diraih Monaco atas klub amatir Prancis, Monts d’Or Azergues Foot pada babak 16 besar Coupe de France.

Falcao yang mencetak gol pembuka Monaco pada menit ke-29, harus ditarik keluar pada awal babak kedua lantaran mengalami cedera lutut yang diperkirakan cukup serius sehingga membuatnya terancam absen hingga akhir musim atau bahkan tampil di Piala Dunia 2014.

Ranieri pun berang pemain andalannya itu menjadi korban tekel horor pemain amatir. Lebih kesal lagi, wasit Philippe Kalt terkesan tidak memberikan perlindungan kepada pemainnya karena tidak sama sekali memberikan kartu kepada pemain yang melakukan tekel.

“Jika cedera Radamel Falcao serius, ini semua salah wasit. Saya hanya ingin katakan satu hal, saya tahu ketika Anda menghadapi tim yang (kastanya) lebih rendah, mereka pasti bermain sangat keras, dan itu normal. Saya juga sudah mengatakan kepada pemain saya,” ujar Ranieri sebagaimana dikutip Soccerway, Kamis (23/1/2014).

“Tapi, tidak mungkin juga wasit meniup peluit setiap pelanggaran terjadi, namun tidak pernah memberikan kartu kepada pemain (yang melakukan pelanggaran). Wasit harus melihat ketika terjadi pelanggaran, lalu menghadiahkan tendangan bebas dan ketika pelanggaran itu dirasa cukup keras, maka dia harus memberikan kartu kuning untuk peringatan pertama dan merah untuk aksi yang kedua. Tapi, malam ini saya tidak melihat itu dari wasit,” Ranieri ketus.

Kemarahan Ranieri cukup beralasan, pasalnya peran Falcao untuk Monaco di musim ini sangat vital. Striker yang baru direkrut dari Atletico Madrid dengan mahar 60 juta euro tersebut telah mengemas 11 gol dari 19 laga.

Selain Ranieri, pihak lain yang juga akan kecewa jika cedera Falcao cukup serius, adalah Federasi Sepakbola Kolombia. Pasalnya, Falcao diketahui merupakan salah satu aktor utama di balik sukses Timnas Kolombia melaju ke Piala Dunia 2014.

Hingga kini, kubu Monaco dan Federasi Sepakbola Kolombia masih harap-harap cemas menanti kabar dari tim medis klub yang tengah menangani Falcao.