Home / Liga Indonesia / Pemain Jebolan PD 2006, Dalam Radar Persija

Pemain Jebolan PD 2006, Dalam Radar Persija

SoccerGo!Tim Persija Jakarta akan kedatangan gelandang jebolan Piala Dunia 2006 asal Kroasia, yakni Ivan Bosnjak. Pesepakbola yang terakhir kali berlaga di Liga Singapura, yakni di DPMM FC, sudah dijadwalkan akan bergabung dengan tim Macan Kemayoran – julukan Persija hari ini.

Untuk kepastian Persija kedatangan Bosnjak juga disampaikan secara langsung oleh pelatih klub berkostum orange tersebut, yakni Benny Dollo. Eks pelatih tim nasional (timnas) Indonesia pada periode 2000-2001 dan 2008-2010 tersebut menyatakan, bila sebenarnya Bosnjak dijadwalkan tiba, pada hari Minggu (20/1/2014).

“Memang akan ada dua pemain asing yang awalnya datang pada hari Minggu lalu. Namun jadwal kedatangan mereka ke Jakarta berubah menjadi hari Kamis. Itu sudah pasti. Sementara untuk kemunduran kehadiran mereka saya sendiri kurang tahu alasannya. Tetapi yang jelas mereka berdua akan datang hari ini. ” ungkap Bendol, sapaan akrab Benny Dollo.

Sementara dua nama yang bakal datang sendiri disampaikan Bendol, tentu salah satunya adalah Bosnjak. Lalu adapun satu pemain lainnya berasal dari Kamerun. Tetapi siapa pemain yang dimaksud, manajer kelahiran Manado Sulawesi Utara, pada 63 tahun silam tersebut, masih belum mau menyebutkan nama pastinya.

Ivan Bosnjak sendiri adalah gelandang kelahiran Vinkovci, tepatnya di kota pecahan Yugoslavia, pada 6 Juni 1979. Kendari sudah tidak muda lagi, namun Ivan Bosnjak yang saat ini sudah menginjak usia 34 tahun tahun tetap dinilai memiliki kualitas yang cukup mumpuni. Ditambah lagi pengalamannya di Piala Dunia 2006 Jepang – Korea Selatan, sangat diharapkan bisa mengangkat prestasi Persija.

Ivan Bosnjak sendiri memulai karier profesionalnya pada tahun 1996 di klub divisi amatir, yaitu HNK Cibalia Kroasia. Dapat tampil apik bersama Cibalia, playmaker yang mengawali karier tim nasional (timnas) bersama Kroasia U-14 tersebut akhirnya bergabung dengan Hajduk Split. Berada di klub ini membuat Bosnjak tampil sebanyak 53 kali.

Sesudah sempat berstatus punggawa Al-Ittihad Tripoli (2002/2003), Ivan Bosnjak kembali berlaga di kompetisi level atas Kroasia bersama Dinamo Zagbreb (2003/2006). Bermain memuaskan bersama Dinamo, van Bosnjak pun terpilih sebagai salah satu punggawa Valtreni – julukan timnas Kroasia, pada Piala Dunia 2006.

Bila benar-benar dipermanenkan Persija, Ivan Bosnjak menjadi mantan pemain Piala Dunia kesekian yang berlaga di kompetisi Tanah Air. Sesudah sebelumnya ada nama-nama top dunia jebolan Piala Dunia yang berlaga di kompetisi Indonesia seperti Mario Kempes dan juga Roger Milla pada periode 1990-an. Tentunya kehadiran pemain ini dapat membuat ISL semakin berkelas dan ilmunya harus diserap oleh semuapemain di tanah air.