Home / Liga Indonesia / Divisi Utama Liga Indonesia bakal bergulir bulan April

Divisi Utama Liga Indonesia bakal bergulir bulan April

SoccerGo!PT Liga Indonesia (Liga) memprediksi kompetisi Divisi Utama (DU) baru akan mulai terlaksana pada bulan April 2014. Jumlah peserta DU yang membengkak mencapai 64 klub, menjadi penyebab.

Berbeda dengan ISL yang akan bergulir mulai 1 Februari, kontestan DU memang belum mendapat kepastian kapan akan mulai berkompetisi. Banyaknya jumlah kontestan, disinyalir menjadi satu problem yang belum terpecahkan. Kompetisi Divisi Utama musim ini diikuti kontestan yang berada di bawah payung PT Liga Indonesia dan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).

“Ya, banyaknya jumlah kontestan, imbas dari penggabungan Divisi Utama versi Liga dan Divisi Utama versi LIPS. Kami memprediksi persiapan baru akan dilakukan pada 27 Januari mendatang. Kami sendiri akan lebih dulu menggelar rapat dengan klub Divisi Utama,” ungkap CEO Liga, Joko Driyono.

“Pertemuan dengan semua klub kontestan Divisi Utama tersebut, lebih diarahkan untuk menentukan tanggal kick-off Divisi Utama. Akan tetapi, sudah hampir pasti kick-off akan dilaksanakan pada bulan April. Atau setelah pemilihan legislatif,” sambung Jodri, sapaan akrab Joko Driyono.

Gemuknya jumlah peserta DU, memang lebih karena imbas konflik yang terjadi dipersepakbolaan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Seperti diketahui bersama bahwa kala itu, kompetisi di Tanah Air mengalami dualisme. Tidak hanya di kompetisinya saja, dualisme juga telah menjalar kepada beberapa klub-klub yang ada di Indonesia. Baik yang berlaga di kasta tertinggi atau di bawahnya.

Berpatokan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, 17 Maret 2013, jumlah 64 kontestan DU akan dibuncitkan pada tahun 2017 menjadi 32 klub saja. Skema pemangkasan sendiri, akan dilakukan dengan cara memperbanyak kontestan yang terdegradasi setiap musimnya. Dan untuk klub-klub yang akan promosi, jumlahnya pun otomatis akan dikurangi.

“Kondisi itulah yang kemungkinan akan terjadi, dengan besarnya jumlah kontestan di Divisi Utama. Akan tetapi sejauh ini ada analisis sementara dari Komite Kompetisi PSSI, yaitu adanya keinginan melakukan percepatan pemangkasan peserta. Akan ada 32 klub pada musim kompetisi 2015 atau 2016,” jelas Joko, yang juga menjabat sebagai Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI tersebut.