Home / Timnas / Asian Games timnas u-23 targetkan lolos fase group

Asian Games timnas u-23 targetkan lolos fase group

SoccerGo!PSSI targetkan tim nasional (timnas) U-23 lolos fase grup Asian Games 2014. Target itu canangkan, setelah melihat tren Garuda Muda yang selalu melaju ke partai puncak ajang multievent SEA Games di empat tahun terakhir pergelaran.

Indonesia memang tidak memiliki catatan bagus diajang Asian Games. Prestasi terbaik yang didapat pun sudah sangat usang untuk dibicarakan, yaitu duduk diperingkat ketiga Asian Games 1958, Tokyo, Jepang. Pencapaian terakhir Indonesia di Asian Games pun cukup mengenaskan, setelah duduk sebagai juru kunci di Asian Games 2016 di Doha, Qatar.

“Kami harus realistis, jangan sampai bicara yang tidak proporsional terkait target di Asian Games nanti. Jika Asia dibagi-bagi dalam Asia Tenggara, Asia Timur dan lain sebagainya, sebaiknya kami fokus dulu bisa lolos dari fase grup,” ungkap Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI, Joko Driyono, di kantor PSSI, Jakarta.

Joko yang juga menjabat sebagai CEO PT Liga Indonesia (Liga), tidak hanya asal bicara soal target yang dibebankan kepada timnas U-23. Akan tetapi, setelah melihat bagaimana perjalanan Garuda Muda di dua ajang SEA Games terakhir yang diikuti. Yaitu, selalu berakhir sebagai peraih medali perak SEA Games 2011 dan 2013.

“Tentu saja kami harus percaya diri soal terget yang ada. Karena di lingkup regional di kelompok umur SEA Games dalam durasi empat tahun terakhir, selalu ada diperingkat kedua. Untuk mencapai itu, saya rasa bukanlah pekerjaan yang muda,” tandas Jodri, sapaan akrab Joko Driyono.