Home / Liga Inggris / Peranan Playmaker Andalan Tidak Stabil, Wenger: Santailah!

Peranan Playmaker Andalan Tidak Stabil, Wenger: Santailah!

SoccerGo!Hingga sekarang, tepat sudah lima laga dilalui gelandang Arsenal Mesut Oezil tanpa kontribusi gol dan assist. Tetapi manajer The Gunners Arsene Wenger tak khawatir dan yakin anak asuhnya itu akan segera kembali tampil oke.

Mezut Oezil melalui lima pertandingan terakhirnya dengan Arsenal tanpa menyumbang gol maupun assist. Catatan ini merupakan rentetan terpanjang, yang di mana mantan pemain Real Madrid itu tak memberikan kontribusi langsung dalam sebuah gol, semenjak bergabung ke Meriam London di awal musim. Tentunya ini menjadi sebuah kerugian bagi klub asal London Utara itu. Mengingat Mezut Ozil merupakan gelandang cerdas yang mampu mengontrol jalannya pertandingan dengan sangat lihai. Dia juga merupakan roh permainan bagi tim yang dibelanya selama ini.

Sementara terakhir kali ia terlibat langsung dalam proses terjadinya gol Arsenal adalah saat timnya dikalahkan Manchester City 3-6, pada bulan Desember lalu. Saat itu ia menyumbangkan satu assist untuk gol Theo Walcott.

Semenjak saat itu kontribusinya berhenti. Terlebih dari 20 laga sebelumnya, keseluruhan lima gol dan 10 assist telah diciptakannya di semua kompetisi bersama tim London utara tersebut.

Masalah kontribusi Oezil yang menurun ini, Arsene Wenger meminta publik untuk tak membesar-besarkan isu. Dalam usia yang masih muda, gelandang internasional Jerman itu diyakini akan segera kembali ke performa terbaik bahkan menemukan level tertingginya. Pastinya ini bukan hanya perkataan saja, sebab sebagaimana yang diketahui bahwa Mezut Ozil adalah pemain dengan kualitas individu dan kerjasama tim yang sangat baik. Lebih dari itu, playmaker ini juga merupakan salah satu pemain yang memiliki sikap yang santun pada saat pertandingan, sikap yang dapat membangkitkannya kepuncak penampilan tentunya.

“Terkadang orang-orang mengharapkannya untuk sendirian membuat perbedaan. Kadang – kadang ketika itu tidak berhasil, maka Anda mengharapkannya mengambil bola dan mencetak gol. Pemain ini cenderung berkarakter pengumpan ketimbang penyelesai peluang. Dia berjiwa playmaker. Dia lebih bagus untuk mengontrol pertandingan jika dibandingkan untuk mencetak gol. Urusan mencetak gol adalah salah satu hal yang pastinya bisa dia lakukan dalam permainannya. Tentunya itu tidak perlu dikritik,namun perlu didorong.” kata Wenger seperti dilansir situs resmi Arsenal.

“Saya pikir demikian juga dengan konsistensi kualitas umpannya. Umpan yang perlahan-lahan membunuh lawan karena dia selalu mengumpan ketika Anda tak menginginkan itu terjadi. Hal itu perlahan-lahan membuat kami mengambil alih permainan. Mezut Ozil sendiri baru berusia 25 tahun, sehingga dia pasti akan bertambah baik lagi. Pasti tahun-tahun terbaik akan datang untuknya. Itu akan menjadi keuntungan bagi Arsenal. ” tandas pria 64 tahun itu.