Home / Liga Indonesia / Persela bakal bentrok Persela di pekan awal ISL 2014

Persela bakal bentrok Persela di pekan awal ISL 2014

SoccerGo! PT Liga Indonesia (Liga) akhirnya merilis jadwal laga-laga kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014. Dari jadwal tersebut, pengelola liga akan membuka musim kompetisi dengan pertandingan antara juara bertahan, Persipura Jayapura, kontra Persela Lamongan di Stadion Mandala, Jayapura, pada 1 Februari.

CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono menuturkan bahwa sempat ada berbagai tanggapan setelah draf jadwal ISL 2014 dilempar ke seluruh klub peserta. Akan tetapi, pria yang juga menjabat sebagai Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI ini menyatakan, berbagai tanggapan tersebut hanya sebatas tataran konsep saja, dan pengelola sudah memutuskan jadwal tersebut telah final.

Beberapa laga pun akan mengisi pentas pekan pertama kompetisi ISL 2014. Selain laga tim Mutiara Hitam, julukan Persipura, kontra Persela, pertandingan lain mempertemukan Barito Putra kontra Persija Jakarta di Stadion Demang Lehman, Martapura.

Adapun satu laga lain di wilayah barat selain Barito kotra Persija, ada laga antara Pelita Bandung Raya (PBR) kontra Persita Tanggerang di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Sementara dua laga di wilayah timur selain Persipura kontra Persela, ada laga Persiba Balikpapan kontra Persiba Bantul di Stadion Persiba, Balikpapan.

Jika di wilayah barat hanya memainkan dua pertandingan pada 1 Februari mendatang, wilayah timur memainkan tiga laga sekaligus. Satu laga lain di wilayah timur akan mempertemukan Persebaya Surabaya kontra Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

“Di Jayapura (laga antara Persipura kontra Persela) dijadwalkan jadi pertandingan pembuka ISL 2014. Secara keseluruhan pada 1 Februari ada juga lima pertandingan lain. Dua laga di wilayah barat dan tiga pertandingan di wilayah timur,” ungkap Joko di kantor PSSI, Jakarta.

“Soal adanya penolakan pada draft jadwal awal, saya melihat semuanya sudah dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Kami senang dengan respons yang ada, karena jangan sampai saat sudah dieksekusi malah timbul kesulitan. Umpan balik sendiri hanya pada tataran konsep saja,” lanjut Joko.

Selain kompetisi akan diliburkan karena bertepatan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Piala Dunia (PD) 2014 di Brasil, Liga pun memutuskan akan meliburkan kompetisi saat Persipura dan Arema Cronus berlaga di Piala AFC 2014. Liburnya kompetisi karena adanya berbagai event tersebut, akan dimanfaatkan dengan pelatihan nasional (pelatnas) timnas.

Liga memang mau tidak mau harus menyesuaikan jadwal dengan berbagai agenda di luar sepak bola dan kepentingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Di tahun ini, akan ada tiga event besar yang akan dijalani Merah-Putih yaitu, ajang Asian Games (September – Oktober) untuk timnas U-23, ajang Piala AFC U-19 (Oktober), dan ajang Piala AFF untuk timnas senior (November – Desember).

“Ada juga konsen dengan jadwal Arema dan Persipura di Piala AFC. Dan Liga akhirnya mengkosongkan pertandingan ISL di hari mereka main. Apakah nanti akan diisi dengan pemusatan latihan timnas atau agenda lain,” tutup Joko.