Home / Liga Inggris / Klub luar Jawa siap memboyong trofi Inter Island Cup

Klub luar Jawa siap memboyong trofi Inter Island Cup

SoccerGo!Beragam kejutan mewarnai ajang Inter Island Cup (IIC) 2014. Kejutan yang cukup besar jelang babak delapan besar berputar adalah klub-klub papan atas Indonesia, seperti Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya bertumbangan.

Sebagai ajang pemanasan sebelum kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014 bergulir, ajang IIC mendapat sorotan besar. Terutama bagaimana klub-klub peserta ISL mempersiapkan diri jelang berlaga pada kompetisi sesungguhnya.

Tidak hanya klub-klub papan atas Tanah Air gagal lolos yang membuat ajang IIC tahun ini menyajikan kejutan, tapi juga lolosnya klub-klub medioker macam Perseru Serui, Persik Kediri, dan Persiram Raja Ampat. Perseru dan Persik sendiri adalah dua tim yang berstatus promosi pada kompetisi ISL tahun ini.

Dari delapan klub yang lolos kebabak selanjutnya, Persib Bandung menjadi klub terakhir yang memastikan satu tempat. Maung Bandung, julukan Persib, tergabung di Grup B babak delapan besar bersama Persik, Persiram, dan Mitra kukar. Keempatnya memperebutkan satu kursi di partai puncak, 25 Januari mendatang.Adapun Sriwijaya FC (SFC), Perseru, Barito Putra, Arema Cronus menempati Grup A.

Kedelapan tim yang lolos pun memiliki tekad yang sama di IIC tahun ini. Walau turnamen tersebut hanya berlabel turnamen pemanasan, semuanya memiliki tujuan yang sama. Yaitu mampu keluar sebagai juara, saat laga final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur.

Barito salah satunya. Lolos dengan status juara Zona Kalimantan, Laskar Antasari, julukan Barito, bertekad mencatatkan gelar pertama di ajang IIC. Setelah di tiga gelaran IIC sebelumnya, IIC dikuasai SFC pada tahun 2010 dan 2012. Pada edisi selanjutnya, giliran tim Mutiara Hitam, julukan Persipura, yang bertakhta.

“Kami akan fokus pada perbaikan di babak delapan besar nanti. Transisi bermain, kedisiplinan melakukan penjagaan, dan penyelesaian akhir adalah yang utama. Hal itu harus dilakukan, karena kami sadar ketatnya persaingan di Grup A. Tapi kami tetap optimistis,” ungkap pelatih Barito, Salahudin.

Tidak hanya Barito yang menyatakan optimisme bisa keluar sebagai juara IIC untuk pertama kalinya, sikap serupa juga disampaikan arsitek Persiram, Gomes de Oliviera. Kebersamaan yang dimiliki awak Dewa Laut, julukan Persiram, dinilai Gomes jadi kunci sukses Persiram. Termasuk saat menyingkirkan Persipura dan PMS Makassa di zona Papua – Sulawesi.

“Kalau melihat lawan-lawan di babak 8 besar semua tim tangguh. Kami akan lakukan yang terbaik dan semua pemain harus maksimal. Semua tim mau juara dan saya yakin semua punya target itu termasuk saya,” tegas Gomes.

Berikut Jadwal Babak 8 besar Inter Island Cup (IIC) 2014:

GRUP A: (Lokasi Stadion Kanjuruhan Kabupaten, Malang) 1. Juara Grup Sumatera (Sriwijaya FC) 2. Juara Grup Jawa 2 ( Arema Cronus) 3. Juara Grup Kalimantan (Barito Putera) 4. Runner-up Grup Papua-Sulawesi (Perseru Serui)

Sabtu, 18 Januari 2014:
Sriwijaya FC vs Barito Putera, 15.30 WIB Arema Cronus vs Perseru Serui 19.30 WIB Minggu, 19 Januari 2014:
Barito Putera vs Arema Cronus, 15.30 WIB Perseru Serui vs Sriwijaya FC, 19.30 WIB Selasa, 21 Januari 2014:
Barito Putera vs Perseru Serui, 15.30 WIB Sriwijaya FC vs Arema Cronus, 19.00 WIB

GRUP B: (Lokasi Stadion Manahan Solo)
1. Juara Grup Jawa-1 ( Persib Bandung)
2. Juara Grup Jawa-3 ( Persik Kediri)
3. Juara Grup Papua-Sulawesi (Persiram Raja Ampat) 4. Runner-up Grup Kalimantan (Mitra Kukar)

Minggu,19 Januari 2014
Persib vs Persiram, 15.30 WIB
Persik vs Mitra Kukar, 19.00 WIB
Senin, 20 Januari 2014
Persiram vs Persik, 15.30 WIB
Mitra Kukar vs Persib, 19.00 WIB
Rabu, 22 Januari 2014
Persiram vs Mitra Kukar, 15.30 WIB
Persib vs Persik, 19.00 WIB

Final
Lokasi: Stadion Gelora Delta Sidoarjo
Sabtu, 25 Januari 2014
Juara Grup A vs Juara Grup B