Home / Liga Indonesia / Permalukan Persebaya, Persik Lolos ke 8 Besar IIC

Permalukan Persebaya, Persik Lolos ke 8 Besar IIC

SoccerGo!Klub promosi ISL Persik Kediri secara mengejutkan berhasil menyingkirkan Persebaya Surabaya dalam perebutan satu tiket ke 8 besar Inter Island Cup (IIC) 2014. Hasil ini setelah Persik menang tipis 1-0 atas Persebaya pada laga grup Jawa-3 IIC di Stadion Brawijaya, pada hari Rabu (15/1/2014) sore.

Tim asal Kediri itu lolos dengan poin sempurna 9, berkat hasil tiga kali menang. Sementara Persebaya harus puas di posisi dua dengan poin 6. Sebagaimana diketahui, klub yang lolos ke 8 besar adalah pemuncak klasemen masing-masing grup plus runner up dari zona Kalimantan serta Papua-Sulawesi.

Untuk gol kemenangan Persik sendiri dicetak oleh Faris Aditama di menit ke-76. Yang dimana gol terjadi lewat sebuah skema serangan balik cepat yang membuat pertahanan Persebaya kocar-kacir. Faris Aditama mengeksekusi gol dengan ciamik karena sempat mengecoh kiper Jendri Pitoy terlebih dahulu.

Dalam laga ini, juru latih Persebaya Rahmad Darmawan kembali memilih untuk membangkucadangkan Emmanuel Kenmogne. Arsitek yang akrab disapa RD ini lebih mempercayakan lini depan dihuni oleh Greg Nwokolo dan Agu Casmir. Sementara untuk posisi kiper, Rahmad Darmawan kali ini memberikan kepercayaan kepada Jendry Pitoy.

Disisi lain Persik mengandalkan Rendi Irawan dan Dicky Firasat di lini depan untuk menggedor pertahanan Persebaya. Yang dimana jalannya pertandingan sendiri berjalan cukup ketat. Kendati bermain di kandang sendiri, kubu Persik lebih banyak ditekan oleh Persebaya. Berulang kali pergerakan Greg Nwokolo, kemudian Agu Casmir dan Muhammad Ilham selalu merepotkan barisan pertahanan tim Macan Putih.

Seperti dimenit ke-7, sepakan keras Greg dari dalam kotak penalti nyaris menjebol gawang Persik yang dikawal oleh kiper Tedi Heri. Untungnya bola masih membentur mistar gawang.Selanjutnya Greg kembali memberikan ancaman pada menit ke-27. Tetapi tendangan kaki kirinya di depan gawang Persik mampu ditepis oleh Tedi.

Walaupun begitu, tuan rumah Persik juga sesekali memberikan tekanan melalui Rendi Irawan. Namun beberapa peluang yang dihasilkan masih belum menemui sasaran. Kedudukan imbang tanpa gol tetap bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda babak pertama usai.

Setelah turun minum, tuan rumah mulai tampil lebih menyerang. Kesempatanpun dihasilkan kembali oleh Khusnul Yuli dan kawan-kawan. Seperti di antaranya melalui tendangan bebas Fatchul Ichya pada menit ke-63. Tetapi tendangannya masih melambung tipis di atas mistar gawang Persebaya yang dikawal Jendry Pitoy.

Sampai akhirnya, kubu Persik berhasil mencuri gol melalui skema serangan balik pada menit ke-76. Pemain itu adalah pemain pengganti Faris Aditama yang menjadi aktor dalam gol tersebut. Memang Faris mampu melewati Hasim Kipuw lebih dulu sebelum akhirnya mengecoh Jendry untuk kemudian menceploskan bola ke gawang Persebaya. Kedudukan akhir 1-0 untuk Persik tetap bertahan hingga wasit Oki Dwi Putra Senjaya meniup peluit akhir pertandingan.

Sehingga dengan demikian, dalam babak delapan besar nanti Persik akan tergabung di grup B bersama Persiram Raja Ampat dan Mitra Kukar. Sekarang grup yang akan dimainkan di Solo tersebut tinggal menunggu wakil dari zona Jawa-1.